Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Kedokteran

Biaya memang selalu menjadi perhatian yang utama ketika seseorang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi, hal ini cukup beralasan karna pada jenjang pendidikan tertentu biaya yang dibutuhkan selama menempuh pendidikan tersebut tidak lah murah, sebut saja seperti salah satunya adalah pendidikan untuk jurusan kedokteran.

Sebagaimana diketahui, kedokteran merupakan salah satu jenis program studi yang masih banyak sekali diminati masyarakat meski biaya yang harus dikeluarkan bisa sangat banyak, bahkan biaya untuk per semesternya saja bisa sangat mahal belum lagi dengan adanya tugas – tugas ilmiah yang menuntut lebih banyak lagi biaya yang dibutuhkan.

Maka dari itu sudah menjadi rahasia umum bila jurusan kedokteran pun hanya bisa diisi oleh para mahasiswa dari kalangan berduit saja, sedangkan sedikit yang lainnya baru lah diisi oleh mahasiswa dari kalangan biasa yang bisa dipastikan merupakan mahasiswa dengan beasiswa sebagai penopang biaya perkuliahannya.

Mendapatkan Beasiswa Kedokteran

Tak bisa dipungkiri bahwa beasiswa kuliah kedokteran merupakan harapan satu-satunya bagi banyak sekali orang yang ingin kuliah di kedokteran, namun hal itu juga yang membuat persaingan untuk mendapatkan beasiswa tersebut menjadi sangat sulit apalagi jika tidak memiliki prestasi yang sangat menonjol maka beasiswa seperti ini hanya akan menjadi isapan jempol belaka dan anda mungkin adalah di antaranya.

Beasiswa semacam ini tentunya tidak akan bisa didapatkan begitu saja, ada banyak usaha yang harus dilakukan agar bisa lolos dalam seleksi program beasiswa tersebut. Untuk mengantisipasinya maka perlu adanya trik khusus agar beasiswa kedokteran bisa didapat, nah berikut ini adalah beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah kedokteran yang wajib anda tahu.

Mencari Informasi

Beasiswa Bergengsi  Galau Pilih Prodi Kuliah di Luar Negeri? Ini Daftar Beasiswa Dengan Banyak Pilihan Prodi

Untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah kedokteran maka sudah pasti anda pun harus rajin-rajin dalam mencari informasi terkait program beasiswa tersebut, anda bisa mencari informasinya melalui berbagai sumber misalnya saja seperti dari laman resmi universitas itu sendiri atau bisa juga dari pihak penyelenggara program beasiswa tersebut. Anda bisa mengumpulkan semua info yang telah didapat dan mulai memahami serta mengetahui secara pasti segala hal penting di dalamnya yang pastinya akan anda butuhkan nantinya.

Mengetahui Persyaratannya

Apabila anda sudah berhasil menemukan semua informasi yang anda butuhkan terkait beasiswa kuliah kedokteran yang anda inginkan, maka kali ini anda harus mulai membaca semua persyaratan yang dibutuhkan dalam seleksi penerimaan beasiswa tersebut. Perhatikan dengan seksama tentang semua poin yang disebutkan dalam info tersebut dan mulai lah untuk mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan secara lengkap.

Lakukan Pendaftaran

Khusus bagi anda yang merasa telah memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan dalam program beasiswa kedokteran yang anda inginkan maka bisa langsung melakukan pendaftaran pada program beasiswa tersebut, biasanya ini dilakukan secara online baik melalui laman resmi pihak penyelenggara beasiswa atau pun di laman resmi universitas yang ditunjuk dalam program beasiswa tersebut.

Namun untuk memastikannya lebih lanjut anda bisa memperhatikan kembali semua syarat dan kriteria yang dibutuhkan, jangan sampai anda terlewat satu pun syarat yang diminta karna hal itu bisa berakibat pada gugurnya anda dalam proses seleksi nantinya.

Mengetahui Pelaksaan Seleksi

Perlu diketahui bahwa beasiswa kuliah kedokteran seperti ini hanya akan diberikan pada semua mahasiswa yang berhasil lolos dalam seleksi yang telah ditetapkan, namun jika anda saat ini sedang bersiap untuk memulai proses seleksi tersebut maka anda perlu benar – benar mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan.

Beasiswa Bergengsi  AMIK AKPAR Citra Buana Indonesia Gelar Sosialisasi Program Beasiswa Bupati 2022, Animo Sangat Tinggi

Tidak hanya belajar tentang materinya saja tetapi anda juga perlu mengetahui segala informasi terkait seperti misalnya proses pelaksanaan seleksi itu sendiri, dengan begitu maka diharapkan nantinya anda akan lebih siap dalam menghadapi tahapan seleksinya dan berpeluang lebih besar untuk bisa lolos dalam seleksi tersebut.

Pilihan Perguruan Tinggi

Jika anda sudah memahami semua poin di atas, maka saat ini anda juga harus mulai mencari tahu lebih lanjut mengenai perguruan tinggi mana saja yang tersedia dan bisa menjadi pilihan bagi anda dalam mengikuti program beasiswa kedokteran tersebut. Berikut ini adalah beberapa perguruan tinggi dengan jurusan kedokteran yang bisa anda pilih.

Universitas Indonesia

Sebagaimana diketahui, Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi yang paling populer dan dikenal luas oleh semua masyarakat Indonesia terlebih dengan lokasinya yang terletak di Jakarta sebagai ibukota Negara ini.

Universitas Indonesia sendiri memang selalu memberikan beasiswa bagi mahasiswanya yang terdaftar di fakultas kedokteran, namun biasanya hanya ada 3 sampai 5 mahasiswa saja yang terpilih untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut setiap angkatannya. Adapun beberapa hal akan diterima oleh mahasiswa terpilih seperti biaya BOP, biaya hidup setiap semesternya, dana pengembangan daerah asal, hingga mentorship.

Universitas Airlangga

Tidak kalah dengan Universitas Indonesia, Universitas Airlangga juga turut memberikan kesempatan bagi semua mahasiswanya untuk bisa mendapatkan beasiswa di fakultas kedokteran, namun perlu diketahui bahwa yang berhak mendapatkan beasiswa tersebut hanyalah mahasiswa yang aktif di Unair saja dan memiliki prestasi akademik yang menonjol.

Jadi, bagi anda yang ingin mendapatkan beasiswa kedokteran di universitas airlangga maka pastikan anda juga siap untuk menghadapi serangkaian seleksinya mulai dari pemberkasan, psikotes, hingga tes wawancara dari pihak perguruan tinggi tersebut.

Beasiswa Bergengsi  Perbanas Institute Jakarta Siapkan Beasiswa Rp 2.5 Miliar Bagi Mahasiswa Baru

UNIKA Atma Jaya

UNIKA yang merupakan kependekan dari Universitas Katolik Atma Jaya ini juga selalu menyelenggarakan seleksi program beasiswa kedokteran pada semua mahasiswanya, itu artinya setiap mahasiswa yang mengambil kuliah di kampus ini sama – sama berkesempatan untuk bisa mendapatkan beasiswa di sana.

Meski begitu, UNIKA yang memiliki program studi kedokteran terbaik di Indonesia itu juga selalu menerapkan proses seleksi yang ketat pada semua pendaftar program beasiswa kedokterannya, mengingat banyak manfaat pula yang bisa didapatkan oleh mahasiswa tersebut seperti biaya SKS, potongan SPP, hingga biaya kuliah pokok.

Universitas Pelita Harapan

Beasiswa Kedokteran juga ternyata bisa juga didapatkan bagi anda yang kini sedang menjalani kuliah di Universitas Pelita Harapan atau UPH, bahkan tersedia juga beberapa macam beasiswa kedokteran yang ada  di sana seperti beasiswa platinum, beasiswa gold, beasiswa silver, hingga beasiswa bronze. Yang pasti mahasiswa yang berhasil memperoleh beasiswa tersebut akan mendapat keringanan dalam hal biaya registrasinya, biaya SKS, hingga biaya term yang ditetapkan.

Itulah beberapa informasi terkait nama perguruan tinggi dengan jurusan kedokteran dan cara mendapatkan beasiswa kuliah kedokteran yang perlu anda ketahui, yang jelas proses seleksi dalam setiap tahapannya mungkin tidak akan mudah apalagi dengan banyak pesaing juga yang tentunya tak ingin ketinggalan beasiswa yang satu ini.

Jadi, sudah siap kah anda untuk mengikuti proses seleksi program beasiswa kedokteran? Universitas mana yang akan menjadi tujuan anda dalam menuntut ilmu di jurusan kedokteran seperti yang anda inginkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.