Daftar Beasiswa Lpdp 2022

Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP kini kembali membuka program beasiswa terbarunya yang secara resmi telah dibuka sejak 25 februari 2022 yang lalu, ini merupakan program beasiswa lpdp yang juga sempat diadakan sebelum – sebelumnya.

Secara garis besar, beasiswa lpdp merupakan program beasiswa dari pemerintah yang diperuntukkan khusus bagi semua warga Negara Indonesia terutama yang telah selesai menempuh pendidikan jenjang Diploma 4 atau S1, di mana program ini akan memberikan beasiswa pada jenjang magister atau S2.

Daftar beasiswa lpdp 2022 juga sangat lah menguntungkan apalagi program beasiswa ini nantinya akan focus pada pemberian bantuan biaya studi selama kurun waktu 24 bulan pada program magister atau S2, sedangkan untuk program doctor atau S3 akan berlangsung selama masa studi 48 bulan baik di universitas dalam maupun luar negeri.

Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022

Bagi anda yang tertarik untuk daftar beasiswa lpdp 2022, pastikan anda mengetahui beberapa syarat pendaftaran program tersebut dan berikut di antaranya.

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan eKTP dan KK
  • Sudah selesai menempuh studi program D4 maupun Sarjana S1 bagi calon peserta program beasiswa magister, selesai program S2 bagi calon peserta beasiswa doctor, atau bisa juga bagi lulusan Diploma 4 atau S1 yang ingin langsung masuk doctor asalkan lulus dari perguruan tinggi yang telah terakreditasi oleh BAN-PT maupun perguruan tinggi yang diakui oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia maupun Kedutaan Besar Republik Indonesia di Negara asal universitas tersebut
  • Sedang tidak menempuh pendidikan program magister maupun doctoral baik di dalam maupun luar negeri
  • Tidak sedang atau telah menyelesaikan pendidikan magister S2 bagi yang ingin mendapatkan program beasiswa magister, dan atau telah menyelesaikan studi kedokteran yang ingin mengikuti program beasiswa doctor
  • Menyertakan surat rekomendasi akademis dari institusi pendidikan tempat sebelumnya atau dari atasannya di kantor bagi yang sudah bekerja
  • Menentukan perguruan tinggi yang akan dituju dengan program studi yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh LPDP
  • Beasiswa hanya berlaku untuk studi di kelas regular saja dan tidak bagi kelas eksekutif atau pun sejenisnya yang diselenggarakan di perguruan tinggi induk, serta kelas khusus internasional dalam negeri yang tidak memenuhi ketentuan dari LPDP
Beasiswa Bergengsi  United Tractors Buka Pendaftaran Beasiswa Semester 3 - 5

Cara Mendaftar Beasiswa LPDP 2022

Syarat dalam pendaftaran yang tercantum seperti di atas jelas sangat mudah dan mungkin anda pun telah memenuhi semua syarat tersebut, lantas bagaimana dengan cara mendaftarnya? Berikut adalah cara daftar beasiswa lpdp 2022 yang wajib anda coba.

Mengisi form registrasi mengenai profil diri anda secara online di situs resmi lpdp

Pada pengisian formulir pendaftaran ini semua calon peserta harus mengisinya sesuai dengan data dan identitas diri masing – masing, pastikan harus sesuai dengan data yang benar.

Membuat personal statement

Tidak ada format khusus pada pembuatan personal statemen yang satu ini, namun intinya calon peserta tetap harus membuat sendiri personal statemen semenarik mungkin dan pastikan itu merupakan ide sendiri tanpa mengutip atau mencontoh dari personal statement lainnya.

Menulis komitmen pada diri sendiri

Sama seperti membuat summary atau janji, calon peserta juga diharuskan untuk menulis komitmennya untuk kembali ke Indonesia dan berkontribusi pada Negara setelah menyelesaikan studinya dalam program beasiswa lpdp di universitas yang dituju.

Membuat proposal penelitian

Seperti halnya pada program beasiswa kedokteran lainnya, pada beasiswa lpdp 2022 ini calon peserta juga diwajibkan untuk menulis proposal penelitiannya agar bisa memenuhi syarat penerimaan program beasiswa pendidikan doctor.

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa LPDP 2022

Jika anda sudah melakukan pendaftaran maka pastikan anda juga mencatat jadwal seleksi Beasiswa LPDP 2022 seperti berikut ini.

Seleksi Tahap 1

Pada seleksi tahap pertama ini calon peserta bisa mulai mendaftarkan dirinya sejak 25 februari hingga 27 maret 2022 mendatang, adapun seleksi administrasi akan mulai dilakukan pada 28 maret hingga 11 april 2022. Kemudian dilanjut dengan seleksi bakat skolastik yang dilakukan pada 18 hingga 22 april 2022, serta seleksi substansi yang berlangsung dari 16 mei sampai dengan 25 juni 2022.

Beasiswa Bergengsi  Cara Mendapatkan Beasiswa Pertamina Untuk SMP

Seleksi Tahap 2

Bagi calon peserta yang belum sempat mendaftarkan diri pada tahap 1 maka bisa mengikuti pendaftaran dan proses seleksinya di tahap 2 dengan masa pendaftaran mulai dari 4 juli hingga 5 agustus 2022, dengan seleksi administrasi yang berlangsung antara 8 sampai 19 agustus 2022. Dilanjutkan dengan seleksi bakat skolastik yang berlangsung mulai dari 29 agustus sampai 10 september 2022, dan seleksi substansi mulai dari 26 september hingga 4 november 2022.

Tips Lolos Beasiswa LPDP

Dengan mengikuti semua prosedur pendaftaran seperti yang telah dijabarkan di atas bukan berarti anda yang mendaftarnya bisa langsung diterima begitu saja, ingatlah bahwa untuk diterima dalam beasiswa lpdp terbilang cukup sulit dan sangat kompetitif. Maka dari itu simaklah beberapa tips lolos beasiswa lpdp 2022 berikut ini.

Teliti

Salah satu hal yang paling sering diabaikan oleh para calon peserta adalah pada saat proses seleksi administrasi, biasanya para pendaftar seringkali terlewat atau kekurangan berkas maupun dokumen yang dibutuhkan, ada juga yang salah dalam membaca tanggal seleksi dan itu jelas sangat berpengaruh terhadap kesuksesan anda untuk bisa lolos dalam seleksi program beasiswa lpdp tahun 2022 ini.

Merancang Essay

Sudah menjadi hal umum bahwa dalam proses seleksi beasiswa akan selalu ada pembuatan essay, sama halnya dengan beasiswa lpdp di mana seluruh calon peserta wajib untuk membuat essay yang bagus dan semenarik mungkin. Kuncinya adalah dengan membuat rencana studi atau Study Plan yang jelas dan benar – benar terencana, mulai dari niatan awal anda hingga penentuan program studi maupun jurusan di universitas yang anda inginkan.

Perbaiki Skor TOEFL dan IELTS

Kecakapan dalam berbahasa inggris juga menjadi salah satu syarat yang tak bisa diremehkan apalagi jika calon peserta menginginkan beasiswa dengan universitas maupun jurusan studi di luar negeri maka sudah pasti skor TOEFL dan IELTS harus benar – benar tinggi, sebagai acuan di tahun lalu saja beasiswa LPDP telah menetapkan skor TOEFL 80, IELTS 6.5, TOAFL 550, dan TOEIC 800 untuk program studi magister. Sedangkan untuk beasiswa doctoral tahun lalu ditetapkan skor TOEFL 94, IELTS 70., TOAFL 550, dan TOEIC 850.

Beasiswa Bergengsi  Apa Itu Beasiswa Lpdp

Letter of Acceptance

LoA menjadi tambahan nilai yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan anda untuk lolos dalam program beasiswa LPDP, itu artinya calon peserta yang telah mengantongi Letter of Acceptance atau surat penerimaan dari Universitas yang dituju maka akan semakin besar peluang untuk lolos dalam beasiswa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *