Program Dan Persyaratan Beasiswa YTB Turki 2022

Sudah menjadi hal umum bagi semua mahasiswa untuk bisa melalui masa perkuliahan dengan biaya yang lebih terjangkau atau bila memungkinkan maka beasiswa menjadi hal yang dituju untuk bisa memenuhi harapan tersebut, tak mengherankan, jika beasiswa pun kemudian mulai menjadi impian bagi banyak mahasiswa.

Menariknya, program beasiswa yang dulu jumlahnya bisa dihitung jari dengan kapasitas yang sedikit kini sudah mulai banyak bahkan beberapa di antaranya bisa cukup mudah untuk didapatkan, namun sayangnya banyaknya program beasiswa yang ada saat ini justru masih jarang diketahui oleh banyak orang apalagi di kalangan mahasiswa, salah satunya adalah Beasiswa YTB atau Türkiye Burslari (Türkiye Scholarships) yang dihadirkan khusus oleh pemerintah Turki pada semua mahasiswa di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Menariknya, hampir semua jenjang pendidikan ternyata juga terdapat dalam beasiswa ini, mulai dari S1, S2, hingga S3. Nah bagi anda yang tertarik dan ingin mencobanya, berikut penjelasan singkat mengenai beasiswa ytb turki 2022 yang wajib anda tahu.

Persyaratan Beasiswa YTB Turki

Seperti halnya beasiswa lainnya, beasiswa Türkiye Burslari (Türkiye Scholarships) juga menetapkan beberapa syarat bagi calon peserta yang ingin mengikutinya, berikut di antaranya.

  • Warga Negara Indonesia atau luar negeri yang tidak pernah memiliki status kewarganegaraan Turki
  • Belum pernah atau tidak sedang menjadi mahasiswa di universitas / perguruan tinggi manapun yang berlokasi di Turki
  • Belum pernah menikmati atau mendapatkan satu pun beasiswa dari pemerintahan Turki sebelumnya
  • Sudah menyelesaikan jenjang pendidikan SMA / SMK sederajat sebelum bulan September atau akhir tahun bagi calon peserta S1, sedangkan bagi calon peserta S2 maupun S3 maka wajib telah menyelesaikan studi jenjang sebelumnya dan telah dinyatakan lulus sebelum memasuki bulan April
  • Berusia tidak lebih dari 21 tahun pada bulan April bagi calon peserta program beasiswa S1, sementara untuk program beasiswa S2 maka maksimal harus berusia kurang dari 30 tahun pada bulan April, dan berusia maksimal 35 tahun untuk calon peserta program beasiswa S3
  • Mengantongi nilai rata-rata 75 pada ijazah pendidikan sebelumnya bagi seluruh calon peserta baik pada program beasiswa S1, S2, maupun S3. Sementara khusus untuk program beasiswa jurusan kedokteran dan farmasi maka nilai rata-ratanya harus 90 pada transkrip nilai di ijazah jenjang pendidikan sebelumnya
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Beri Jaminan Untuk Siswa Berprestasi

Terlepas dari syarat di atas, khusus bagi anda yang baru saja dinyatakan lulus dari jenjang Sekolah Menengah Atas maupun Sekolah Menengah Kejuruan atau yang sederajat namun belum melakukan kelulusan di bulan april, atau belum memiliki ijazah secara resmi dari jenjang pendidikan tersebut maka anda bisa menggunakan surat keterangan lulus dari instansi terkait dan baru menyerahkan ijazah asli apabila telah diberikan oleh instansi tersebut.

Durasi Program Pendidikan Beasiswa

Setelah mengetahui syarat yang terbilang cukup standar dan pastinya bisa anda penuhi dengan mudah, berikut ini adalah durasi lamanya program beasiswa YTB turki akan berlangsung dengan masing-masing program yang ingin anda pilih.

  • Program S1

Pada program beasiswa Undergraduate Program ini anda akan melalui masa durasi pendidikan selama 4 hingga 6 tahun lamanya sesuai dengan program studi yang anda pilih nantinya, termasuk dengan masa belajar bahas turki selama 1 tahun.

  • Program S2

Berbeda dengan program S1 yang memakan durasi lebih lama, pada postgraduate program ini anda akan diberikan batas waktu mulai dari 2 sampai 3 tahun sesuai dengan program studi yang anda tentukan, pastinya juga dengan tambahan 1 tahun kursus bahasa turki.

  • Program S3

Pada PhD Program ini anda hanya akan melalui 4 tahun masa beasiswa dengan tambahan 1 tahun kursus bahasa Turki selama perkuliahan berlangsung, nantinya kemungkinan anda akan lebih sering menggunakan bahasa turki ketimbang inggris sesuai dengan program studi yang anda pilih atau berdasarkan ketentuan dari regulasi universitas tujuan anda.

Dokumen yang dibutuhkan

Tidak cukup hanya dengan syarat di atas, anda juga tetap harus menyertakan beberapa dokumen pendukung lainnya dan berikut di antaranya.

  • Paspor atau Identitas kependudukan seperti eKTP dan KK
  • Pas foto terbaru
  • Ijazah bagi yang sudah dinyatakan lulus maupun surat keterangan lulus bagi calon peserta yang baru saja lulus dari jenjang pendidikan SMA / SMK / Sederajat
  • Transkrip nilai sesuai dengan passing grade yang telah ditentukan
  • Bukti kelulusan ujian internasional seperti GMAT, YDS, YOS, DELF, GRE atau yang lainnya sesuai dengan jujuran dan universitas yang dituju
  • Lulus dari ujian kebahasaan baik IELTS maupun TOEFL sesuai dengan universitas maupun jurusan yang dituju
  • Proposal penelitian maupun karya tulis jurnal bagi calon peserta program beasiswa S3
  • Essay atau Motivation Letter dalam bahasa inggris
  • Surat rekomendasi dari instansi pendidikan sebelumnya atau tempatnya bekerja
  • Sertifikat lain atau piagam pendukung lainnya yang sesuai dengan jurusan yang akan diambil
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Fair And Lovely 2022

Perlu di ingat juga bahwa beberapa dokumen lainnya mungkin akan dibutuhkan, semua bergantung pada klasifikasi yang diinginkan oleh universitas atau pun jurusan studi yang ingin anda ambil.

Biaya Kuliah

Berbeda dengan program beasiswa internasional yang lainnya, Türkiye Burslari (Türkiye Scholarships) yang merupakan jenis beasiswa full scholarship maka sudah pasti akan ada banyak biaya yang bisa di cover dari program ini. Penasaran? Berikut di antaranya.

  • Biaya Kuliah penuh mulai dari awal hingga akhir masa kuliah
  • Uang saku yang diberikan rutin tiap bulannya senilai 800 Turkish Lira atau sekitar 1.5 juta rupiah bagi peserta program beasiswa S1, 1100 Turkish Lira atau sekitar 2 juta rupiah bagi peserta di program beasiswa studi S2, serta 1600 Turkish Lira atau sekitar 3 juta rupiah bagi peserta pada program beasiswa studi S3
  • Biaya untuk tempat tinggal atau disediakan asrama gratis lengkap dengan semua akomodasinya
  • Jaminan kesehatan
  • Ongkos perjalanan pesawat pulang pergi saat di awal dan akhir masa perkuliahan
  • Biaya Kursus bahasa Turki gratis selama setahun

Itulah beberapa informasi penting mengenai beasiswa ytb turki 2022 yang bisa anda coba, pastikan anda telah memenuhi semua syarat termasuk dokumen yang dibutuhkan agar bisa segera melakukan pendaftaran dalam seleksi administrasi yang diadakan pada program Türkiye Burslari Full Scholarships.

Untuk melakukan pendaftarannya, anda bisa langsung memulai proses registrasi di situs resminya melalui link https://tbbs.turkiyeburslari.gov.tr/ atau sekedar melihat-lihat lebih dulu detail informasi yang tersedia di dalamnya.

Jadi tunggu apa lagi? Pendaftaran sudah dibuka sejak awal tahun 2022 ini, segera daftarkan diri anda dan dapatkan beasiswa full scholarship dari pemerintah Turki di tahun ini. Tetap semangat, semoga beruntung dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.