Inilah Daftar Beasiswa Dosen Yang Bisa Anda Pilih

Beasiswa dosen merupakan komitmen pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia melalui pemberian beasiswa bagi dosen untuk melanjutkan pendidikan Magister dan Doktor di berbagai perguruan tinggi terkemuka di dunia. Berikut ini daftar beasiswa bagi dosen yang bisa anda ketahui.

Daftar Beasiswa Dosen Terbaik

Beasiswa Kementerian Agama

Bantuan beasiswa ini merupakan program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk mewujudkan perguruan tinggi yang memiliki dosen yang berkualitas. Dengan beasiswa ini, dosen yang masih duduk di bangku magister dapat melanjutkan studi ke jenjang doktoral tanpa memikirkan biaya kuliah.

Tujuan, Persyaratan dan Cakupan Beasiswa Kemenag

Tujuan pemberian dana beasiswa Kemenag kepada dosen di perguruan tinggi Islam adalah untuk meningkatkan profesionalisme, mutu dan kualitas dosen melalui sekolah doktor yang dibiayai oleh dana beasiswa ini. Nantinya, para penerima dana beasiswa ini akan diberikan waktu untuk menempuh studi S3 selama 3 tahun.

Namun, dosen yang sedang menempuh studi harus telah menyelesaikan masa pemberian beasiswanya dan tidak sedang menerima dana beasiswa lainnya. Jika persyaratan tersebut terpenuhi, maka dosen yang telah mengambil mata kuliah tersebut dapat dan berkesempatan untuk menerima dana beasiswa ini.

Ada beberapa keuntungan bagi dosen penerima dana beasiswa Kemenag. Untuk bantuan dana beasiswa ini memang akan diberikan kepada para penerima dana beasiswa selama 3 tahun atau 6 semester secara penuh.

Rincian dana beasiswa yang akan diberikan kepada para penerima dana beasiswa ini antara lain biaya kuliah, biaya hidup, buku dan bahan referensi. Serta biaya penelitian yang akan dilakukan oleh penerima beasiswa.

Beasiswa Bergengsi  Buka 3 Seleksi Jalur Mandiri, Simak Cara Daftar Beasiswa KIP Kuliah di UIN Malang

Bantuan beasiswa dosen ini hanya satu kali saja, sehingga tidak ada perpanjangan atau pemberian dana beasiswa untuk kedua kalinya. Sebelum anda mendaftar sebagai calon penerima dana beasiswa Kementerian Agama, ada baiknya melihat terlebih dahulu persyaratan yang harus dipenuhi.

Hal terpenting dan harus dipenuhi oleh calon penerima dana beasiswa ini adalah memiliki NIDN. Sebagai bukti bahwa penerima dana beasiswa tersebut adalah dosen di salah satu perguruan tinggi Islam di Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Agama.

Persyaratan Umum

  • Gelar S2 dari program studi yang diakreditasi oleh BAN-PT atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau yang sederajat
  • Bidang studi yang dipilih sesuai dengan perkembangan program studi di institusi yang bersangkutan
  • Bersedia menandatangani kontrak beasiswa
  • Usia maksimal 47 tahun
  • Terdaftar secara online di situs resminya

Tata Cara Pendaftaran Online:

Permohonan beasiswa dosen dari Kemenag dapat didaftarkan secara online di situs resmi Kemenag, beasiswa.kemenag.go.id, berikut ini caranya:

  • Kunjungi situs kemenag dan baca panduan lebih lanjut terkait pendaftaran Beasiswa Doktor Dalam Negeri Kemenag sebelum mendaftar
  • Klik salah satu ikon Dalam Negeri pada halaman beranda di situs resminya
  • Buat akun terlebih dahulu dan verifikasi email anda
  • Setelah akun terdaftar, unduh format dan contoh formulir dan isi, lalu unggah dokumen pendaftarannya.

Beasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Program beasiswa dosen telah dibuka kembali oleh Kemendikbud dan bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi dosen di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melanjutkan studinya, baik ke jenjang magister (S2) maupun doktoral.

Program beasiswa dosen Kemendikbud ini tersedia melalui skema Beasiswa Pendidikan Dosen Perguruan Tinggi Akademik atau skema Beasiswa Pendidikan Dosen PTA. Menariknya, beasiswa ini memberikan kesempatan tidak hanya bagi dosen tetap PTA.

Beasiswa Bergengsi  Cara Pendaftaran Beasiswa Vokasi

Tetapi juga warga negara Indonesia pada umumnya yang merupakan lulusan sarjana atau empat diploma yang memiliki komitmen tinggi untuk menjadi dosen di perguruan tinggi akademik di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Berikut ini persyaratan administrasinya:

  • Biodata Pribadi (Diisi secara online)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Izin pengajuan beasiswa dari pimpinan perguruan tinggi asal (bagi dosen PTN) dan/atau Kepala LLDikti Daerah yang bersangkutan (bagi dosen PTS)
  • Ijazah S1/S2 atau SKL yang asli atau legalisir
  • Transkrip Nilai S1/S2 yang asli atau legalisir
  • Letter of Acceptance (LoA) yang masih berlaku dan sesuai dengan Perguruan Tinggi dan Program Studi yang dipilih
  • Sertifikat kemahiran bahasa Inggris yang valid
  • Surat Pernyataan sesuai format dan bermaterai
  • Surat Rekomendasi dari Akademi
  • Pernyataan Komitmen Tinggi sebagai Calon Dosen
  • Personal Statement (Diisi secara online)
  • Rencana studi/proposal penelitian

Beasiswa LPDP

LPDP Kementerian Keuangan tahun ini juga menggandeng Kementerian Agama (Kemenag) untuk memfasilitasi program studi gelar dan nongelar. Salah satunya ditujukan bagi para pendidik di pondok pesantren.

Nantinya, program beasiswa dosen dan guru pondok pesantren ini tidak lah hanya fokus dalam memfasilitasi program pendidikan sarjana saja, akan tetapi program beasiswa tersebut juga akan ditujukan untuk program non gelar seperti peningkatan kewirausahaan di pondok pesantren.

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengunjungi situs resminya dengan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan. Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa mahasiswa LPDP adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Telah menyelesaikan studi D4 atau S1 untuk beasiswa master dan S2 untuk beasiswa doktor
  • Tidak sedang menempuh pendidikan program magister untuk program magister atau doktor untuk tujuan program doktor baik di universitas dalam negeri maupun universitas di luar negeri
  • Pelamar yang telah menyelesaikan studi S2 tidak diperbolehkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pelamar yang telah menyelesaikan studi S3 tidak diperbolehkan melamar beasiswa doktoral
  • Memilih Perguruan Tinggi dan Program Studi Tujuan sesuai dengan ketentuan LPDP
  • Beasiswa hanya untuk kelas reguler
  • Isi formulir pendaftaran online
  • Menulis Personal Statement, namun tidak ada format khusus
  • Menulis komitmen kembali ke Indonesia dan kontribusi di Indonesia setelah selesai studi
  • Penulisan proposal penelitian bagi pelamar program doktor.
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Universitas Trisakti

Beasiswa BUDI (Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia)

Program beasiswa dosen ini merupakan sinergi antara Kemenristekdikti dengan LPDP. Beasiswa ini diberikan dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kualitas dosen sesuai dengan kebutuhan strategis perguruan tinggi di Indonesia.

Tujuannya untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi dosen di Indonesia agar mampu memberikan kontribusi lebih bagi pembangunan nasional. Sebagai penerima beasiswa ini, anda diharapkan dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi pembangunan ekonomi, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Sehingga mampu menghasilkan solusi permasalahan bangsa, sekaligus mencetak generasi penerus bangsa yang berbudi luhur. BUDI hanya diperuntukkan bagi dosen dosen tetap, berstatus pendidik tetap pada perguruan tinggi tertentu, baik negeri atau swasta.

Juga sudah mendapatkan pengakuan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan memberikan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), dan Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK). Tentunya bagi anda yang ingin mendaftar minimal harus memiliki gelar magister yang dibuktikan dengan ijazah.

Lalu usia berapa yang bisa mendaftar beasiswa ini? LPDP membuat peraturan bahwa usia pelamar maksimal adalah 47 tahun. Itulah daftar beasiswa dosen yang bisa anda pilih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.