Motivasi Mengikuti Beasiswa

Motivasi Mengikuti Beasiswa

Beasiswa faktanya memang tidak selalu berkaitan dengan kondisi kekurangan secara finansial saja, akan tetapi melalui program beasiswa juga lah setiap peserta atau penerima beasiswa tersebut akan bisa mengembangkan diri dengan bakat dan skill yang bermanfaat bagi kehidupan di masa depan.

Selain itu anda sebagai penerima beasiswa juga bisa memperoleh benefit lainnya, namun tentunya semua peserta beasiswa pasti memiliki alasannya masing – masing yang mendorongnya untuk mengikuti proses seleksi penerimaan beasiswa itu sendiri. Nah, berikut ini adalah beberapa motivasi mengikuti beasiswa yang umumnya ada dalam diri setiap pesertanya.

Motivasi Mengikuti Beasiswa

Ringannya Biaya Kuliah

Bagaimana pun juga, tujuan awal dari diadakannya program beasiswa tentu adalah untuk memberikan bantuan berupa pendanaan terhadap biaya pendidikan, salah satunya yakni dengan meringankan biaya kuliah dari setiap peserta didiknya. Menariknya lagi, sejumlah program beasiswa bahkan ada yang menawarkan pembiayaan secara penu sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk menempuh pendidikan di jenjang kuliah.

Motivasi belajar tinggi

Tanpa disadari, dengan mendapatkan beasiswa atau bahkan saat ingin mendapatkan beasiswa pun anda akan memiliki motivasi belajar yang sangat besar dibandingkan biasanya. Dengan kondisi anda yang seperti ini maka secara otomatis anda akan merasa terpanggil dan makin termotivasi untuk belajar lebih banyak, tujuan awalnya memang untuk bisa lolos dalam proses seleksi penerimaan beasiswa namun secara tak disadari anda akan meningkatkan potensi dalam diri anda sendiri.

Mendapatkan pengalaman baru

Seperti yang sudah disebutkan sekilas di atas, salah satu manfaat yang didapatkan ketika memperoleh beasiswa adalah dari bertambahnya pengalaman baru dalam hidup anda. Jadi, tidak hanya mendapat bantuan dalam pembiayaan kuliah saja tetapi anda juga akan mendapatkan pengalaman baru dalam perjalanan kuliah anda sebagai penerima beasiswa, salah satunya yakni akan meningkatkan skill yang anda miliki dengan lebih baik.

Beasiswa Bergengsi  Kerjasama dengan Universitas Lampung, Badiklat Kejaksaan Hadirkan Beasiswa Jaksa

Meningkatkan prospek karir

Tahukah anda bahwa pengalaman anda yang sudah pernah mendapatkan beasiswa akan memberi peluang lebih besar pada prospek karir yang lebih baik? Ya, dengan adanya portofolio berupa perolehan beasiswa maka secara tak langsung anda akan lebih mudah dalam memetakan karir anda nantinya, tentunya dengan seluruh pengalaman yang anda peroleh selama pelatihan dalam program beasiswa.

Memperluas relasi

Tak sedikit memang yang ingin mendapatkan beasiswa agar dapat meringankan beban biaya perkuliahan, namun banyak juga dari kalangan mahasiswa yang justru termotivasi untuk memperluas relasi saat mendapatkan beasiswa itu sendiri. Pengalaman yang bertambah akan berjalan seiring dengan semakin luasnya jaringan relasi anda yang pada akhirnya akan memudahkan anda dalam meraih karir sesuai dengan harapan anda.

Apa Itu Motivasi Beasiswa?

Jika yang diatas tadi merupakan motivasi yang dimiliki atau akan didapatkan oleh para penerima beasiswa itu sendiri, maka yang berikut ini merupakan motivasi dalam beasiswa tersebut di mana harus dinyatakan dalam sebuah tulisan yang bertajuk surat motivasi sebagai syarat mendapatkan beasiswa yang isinya mencakup tentang prestasi akademik yang pernah anda dapatkan.

Surat motivasi ini harus mencakup semua tentang kriteria diri anda sebagai kandidat yang ideal untuk menerima beasiswa itu sendiri, keterampilan dan kemampuan anda yang nantinya dapat memberi kontribusi bagi universitas maupun Negara. Anda harus bisa menunjukkan keinginan besar anda yang ingin belajar dan menyumbangkan pengetahuan baru bagi masyarakat lebih luas.

Cara menulis surat motivasi beasiswa

Bagi anda yang baru akan mendaftar suatu program beasiswa mungkin akan cukup sulit bagi anda untuk menulis surat motivasi, namun perlu diketahui bahwa dalam menyusun isi surat motivasi terdapat beberapa cara dan berikut di antaranya.

  • Menulis dalam tiga paragraf (pengantar, badan, dan kesimpulan)
  • Menulis hingga tujuh paragraph yang masing – masing terdiri dari tiga kalimat dan berisi tentang informasi yang jelas namun ringkas mengenai beasiswa yang anda inginkan
Beasiswa Bergengsi  Contoh Minat Dan Bakat Untuk Beasiswa

Dengan menggunakan cara tersebut maka anda dapat meningkatkan peluang untuk lolos hingga tes wawancara, namun tentunya itu saja tidak cukup karna anda perlu memahami lebih lanjut mengenai beberapa hal seperti berikut ini.

Identifikasi masalah

Perlu diketahui bahwa pihak perekrut, perusahaan, atau pihak penyelenggara harus bisa mengidentifikasi diri anda terutama pada surat motivasi anda nantinya, maka dari itu penting bagi anda untuk dapat menemukan masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan atau pihak penyelenggara atau yang lainnya? Apa tujuan dari masalah tersebut dan barulah cari bagaimana cara untuk mengidentifikasi masalah tersebut.

Dengan mengetahui informasi seperti ini maka akan memungkinkan anda untuk mengekspresikan kesadaran bahwa anda memang peka dan paham akan masalah yang sedang terjadi yang kemudian bisa menarik perhatian dari tim penyeleksi saat membaca surat motivasi anda.

Usulkan solusinya

Tidak cukup hanya dengan mengidentifikasi masalah saja, anda juga wajib mengetahui solusi untuk mengatasi masalah tersebut, ini merupakan cara yang paling efektif untuk anda pilih. Pastikan anda bisa menunjukkan semua informasi yang relevan terhadap gagasan pikiran anda, keterampilan, prestasi, dan semua latar belakang pendidikan yang anda miliki.

Dengan demikian maka tim penyeleksi akan tahu bahwa anda merupakan calon peserta yang tepat untuk dipilih, jangan lupa juga untuk memberitahu apa yang akan anda capai jika berhasil mendapatkan beasiswa nantinya.

Tips Cara Menulis Surat Motivasi Untuk Beasiswa

Setelah mengetahui tentang berbagai hal di atas, berikutnya anda juga perlu memahami bagaimana membuat surat motivasi yang baik untuk beasiswa. Berikut ini adalah beberapa tips cara menulis surat motivasi beasiswa yang wajib anda tahu.

Profesionalisme

Selalu ingat lah bahwa yang anda buat merupakan karya tulis profesional yang akan menentukan bagaimana masa depan anda nantinya, maka itu artinya surat motivias seperti ini akan membutuhkan format komersial yang sesuai dengan tujuan dari beasiswa Anda. Jadi selalu pastikan anda akan menulisnya dengan sangat baik, tidak ada singkatan, paragraph yang tersusun rapi, tanda baca yang jelas, serta penggunaan kalimat yang baik.

Beasiswa Bergengsi  Cara Mendaftar Dan Mendapatkan Beasiswa XL Future Leader

Penelitian

Sangat disarankan bagi anda untuk dapat menentukan universitas yang sesuai dengan minat dan bakat anda, dengan begitu maka anda juga akan menulis surat pengantar untuk masuk ke program studi tersebut. Sertakan juga beberapa informasi penting dalam surat motivasi anda yang mengesankan sehingga dapat menunjukkan bahwa anda telah meluangkan waktu khusus untuk melakukan penelitian dalam menulisnya.

Iklankan diri Anda

Sangat penting bagi anda untuk bisa menyebutkan bahwa diri anda merupakan seorang pelajar yang bekerja keras, beri tahu tim penyeleksi mengenai etos kerja anda yang luar biasa dan sebagai orang yang positif serta selalu optimis.

Itulah beberapa informasi mengenai motivasi mengikuti beasiswa beserta dengan pembuatan surat motivasi anda, pastikan anda memahaminya dengan baik agar bisa menulis surat motivasi sesuai dengan harapan dari pihak penyelenggara program beasiswa yang ingin anda ikuti. Selamat mencoba.