Apakah SNMPTN Itu Beasiswa

Apakah SNMPTN Itu Beasiswa

Siapa sih yang tidak mau mendapatkan beasiswa untuk kuliah? Pastinya hampir semua mahasiswa tentu menginginkannya, bukan karna biaya yang digratiskan atau menjadi lebih terjangkau saja tetapi juga karna kuliah dengan beasiswa akan selalu memiliki gengsinya tersendiri dibandingkan dengan kuliah biasa.

Apakah SNMPTN Itu Beasiswa

Nah bagi anda yang lulus dari jalur SNMPTN, maka pastinya anda perlu menggali informasi lebih jauh lagi mengenai beasiswa SNMPTN 2022. Tapi bagi anda yang masih awam mungkin akan bertanya apakah SNMPTN itu beasiswa? Maka dari itu, untuk menjawab rasa penasaran anda maka simak baik-baik artikel dari kami kali ini.

Sebaimana diketahui, saat ini ada banyak sekali ragam beasiswa yang bisa anda ikuti, salah satunya tentu adalah beasiswa SNMPTN 2022 dan program yang bisa anda ikuti adalah KIP kuliah. Beasiswa KIP kuliah ini sendiri sering disebut sebagai beasiswa sejuta umat, mengapa?

Ya karna program beasiswa dari pemerintah yang satu ini selalu dibanjiri oleh pendaftar dari kalangan mahasiswa yang berpartisipasi untuk mendaftar dengan jumlah yang sangat fantastis, bahkan bisa mencapai hingga ratusan ribu pendaftar tiap tahunnya.

Dengan melihat besarnya antuasiasme dari para pendaftar maka bisa disimpulkan bukan bagaimana menariknya program beasiswa dari pemerintah yang satu ini? jadi, jangan sampai tinggalkan informasi dari kami dalam artikel kali ini, simak baik-baik.

KIP kuliah merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi pelajar yang berprestasi namun berasal dari keluarga yang kurang mampu, artinya ini hanya diperuntukkan bagi anda yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, namun juga memiliki prestasi yang bagus.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Beasiswa S2 Dalam Negeri Yang Bisa Kalian Dapatkan

Dengan begitu maka beberapa bukti pun akan sangat dibutuhkan dan harus anda siapkan untuk bisa mendaftar KIP kuliah, di antaranya adalah gaji / penghasilan orang tua, tagihan listrik bulanan, serta ada juga survei calon kandidat oleh pihak Kemenristekdikti.

KIP kuliah sendiri tidak hanya diperuntukkan untuk beasiswa SNMPTN 2022 saja, akan tetapi ada banyak jalur lainnya seperti KIP kuliah jalur UTBK SBMPTN, KIP kuliah jalur SNMPN Politkenik, KIP kuliah jalur SBMPN Politeknik, KIP kuliah Kemenag khusus untuk kampus Islam, dan masih banyak yang lainnya.

Namun untuk pembahasan kali ini kita hanya akan berfokus pada KIP kuliah untuk beasiswa SNMPTN 2022 saja, maka dari itu anda pun wajib memenuhi persyaratan pendaftaran SNMPTN terlebih dahulu termasuk dengan persyaratan pendaftaran KIP kuliah.

Apabila anda sudah memenuhi kedua persyaratan tersebut, maka anda bisa mengajukan diri dalam mengikuti seleksi KIP kuliah di jalur SNMPTN yang pastinya juga harus disertai dengan rekomendasi dari pihak sekolah. Lantas apa saja sih yang dibutuhkan dalam persyaratan pendaftaran SNMPTN? Apa juga persyaratan pendaftaran KIP kuliah itu? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Persyaratan Beasiswa SNMPTN KIP Kuliah

Khusus untuk bagian persyaratan pendaftaran beasiswa SNMPTN KIP kuliah ini terdiri dari sejumlah informasi tentang persyaratan pendaftaran KIP Kuliah juga, persyaratan calon penerima KIP Kuliah, dan juga link pendaftaran KIP Kuliah SNMPTN.

Persyaratan Pendaftaran

Berikut adalah beberapa persyaratan untuk mendaftar KIP Kuliah.

  • Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau sederajat yang dinyatakan lulus di tahun yang berjalan atau maksimal lulus dalam 2 tahun sebelumnya
  • Memiliki potensi akademik yang baik namun juga mempunyai keterbatasan secara finansial, hal ini dibuktikan melalui dokumen yang sah sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  • Harus telah dinyatakan lulus seleksi dalam penerimaan mahasiswa baru baik SNMPTN, SBMPTN, atau yang lainnya, serta sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau pun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pada program studi yang telah terakreditasi.
Beasiswa Bergengsi  Program Seleksi Beasiswa Lutim Yang Wajib Kalian Tau

Persyaratan Penerima Beasiswa

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam poin sebelumnya, siswa yang mendaftar KIP Kuliah harus lah memiliki potensi akademik yang bagus namun juga berasal dari lingkungan keluarga dengan kondisi finansial yang terbatas. Adapun keterbatasan ekonomi tersebut harus bisa dibuktikan melalui beberapa dokumen pendukung dan berikut di antaranya.

  • Memiliki program bantuan pendidikan nasional, seperti salah satunya adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  • Apabila belum memiliki KIP, maka bisa menggunakan Program Keluarga Harapan atau PKH
  • Apabila ternyata masih belum memiliki KIP maupun PKH, maka anda juga bisa menggunakan KKS atau Kartu Keluarga Sejahtera
  • Jika ternyata anda juga tidak memiliki ketiganya namun anda adalah mahasiswa yang berasal dari panti sosial atau pun panti asuhan, maka anda tetap berkesempatan untuk bisa mendaftar
  • Keempat poin di atas merupakan kriteria bagi calon penerima KIP kuliah, namun apabila anda tidak termasuk dalam salah satu dari empat kriteria tersebut maka anda tetap bisa mendaftar KIP kuliah jika memenuhi syarat yang dibutuhkan.

Perlu diketahui juga bahwa untuk masuk dalam kategori tidak mampu secara ekonomi adalah pendapatan kotor gabungan wali atau orang tua berjumlah tidak lebih dari Rp 4 juta per bulan, atau pendapatan kotor gabungan dari orang tua atau wali dibagi dengan jumlah anggota keluarga yang masing – masing maksimal mendapat Rp 750 ribu.

Pendaftaran Beasiswa KIP SNMPTN

Untuk pendaftaran Beasiswa KIP SNMPTN hanya bisa dilakukan secara online saja melalui aplikasi KIP Kuliah Mobile Apps berbasis android, yang bisa anda unduh di Play Store atau melalui laman resmi KIP Kuliah.

Anda juga tidak perlu lagi menginput nomor KIP Kuliah pada halaman pendaftaran SNMPTN – LTMPT, hal ini dihadirkan sebagai kemudahan bagi semua peserta KIP Kuliah yang mengikuti seleksi SNMPTN.

Beasiswa Bergengsi  Pendaftaran Dan Syarat Beasiswa Myskill.id 2022

Bagi anda yang mendaftar KIP kuliah jalur SNMPTN maka anda cukup melengkapi berkas pada form pendaftaran KIP kuliah, barulah setelah itu anda dapat memilih seleksi SNMPTN pada menu Seleksi SIM KIP-Kuliah.

Pada bagian SIM KIP-Kuliah dan SNMPTN – LTMPT akan dilakukan sinkronisasi secara otomatis yang terjadi berkala melalui mekanisme yang disebut sebagai host-to-host, hal ini juga berlaku bagi semua pendaftar baik yang sudah finalisasi maupun yang belum.

Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa mengakses langsung ke laman resmi KIP Kuliah, hal ini juga ditujukan agar anda bisa mengetahui secara pasti perkembangan informasi terbaru di sana. Jadi sangat disarankan bagi anda untuk mengeceknya secara berkala agar tidak tertinggal berbagai informasi update dari Kemendikbud.

Dengan semua penjelasan di atas, maka sudah terjawab bukan apakah SNMPTN itu beasiswa atau bukan. Yang pasti ini merupakan program bantuan dari pemerintah melalui KIP, atau dengan kata lain bagi anda yang mendaftar kuliah melalui jalur SNMPTN berhak untuk mengikuti program seleksi beasiswa KIP dari pemerintah asalkan anda bisa memenuhi seluruh persyaratan yang sudah ditetapkan oleh Kemendikbud sebagai pihak penyelenggaranya.

Demikian informasi dari kami tentang beasiswa SNMPTN KIP kuliah, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari info mengenai beasiswa kuliah dalam negeri, selamat mencoba.