Daftar Program Dan Beasiswa Ruangguru

Daftar Program Dan Beasiswa Ruangguru

Ruangguru memberikan akses pendidikan yang luas bagi siswa di Indonesia melalui beberapa program. Salah satu program yang dilaksanakan adalah Beasiswa Ruangguru untuk puluhan ribu siswa di Indonesia yang saat ini tinggal di panti asuhan. Berikut ini daftar program dan beasiswa dari Ruangguru.

Daftar Program dan Beasiswa Ruangguru

Ruangguru Digitalbootcamp

Program ini diselenggarakan dalam kemitraan dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT), Australian Aid, dan Atlassian Foundation. Ruangguru Digitalbootcamp memberikan Beasiswa Ruangguru kepada siswa putus sekolah untuk mendapatkan ijazah SMA melalui ujian Paket C dan pekerjaan yang layak.

Pemilihan peserta dilihat dari motivasinya dalam mengikuti program dan memiliki rencana karir dan kuliah dalam jangka pendek dan panjang. Selama enam bulan, penerima mendapatkan akses gratis ke puluhan ribu video pembelajaran, ratusan ribu soal latihan, dan kelompok bimbingan belajar virtual di aplikasi Ruangguru.

Beasiswa Anak Cemerlang

Ruangguru menyelenggarakan Beasiswa Gemilang Anak (BAG) yang merupakan program pendampingan bagi siswa kelas 11 dan 12 di 21 provinsi di Indonesia. Selama 1 tahun, siswa dibimbing untuk mempersiapkan diri menghadapi UN, masuk perguruan tinggi, dan memberikan beasiswa perguruan tinggi gratis kepada 10 peserta terbaik.

Untuk mendapatkannya, peserta harus melalui proses seleksi yang terdiri dari 5 tahapan yaitu seleksi prestasi, seleksi motivasi, pembuatan rencana studi, seleksi wawancara dan penilaian akhir.

Penerima program ini akan mendapatkan akses pembelajaran gratis berupa puluhan ribu video pembelajaran animasi, layanan konseling, webinar, dan kelompok bimbingan belajar virtual di aplikasi Ruangguru.

Beasiswa Bergengsi  Persyaratan Umum Beasiswa Erasmus S2

Banyuwangi Smart Student

Yayasan Ruangguru menyelenggarakan program ini dengan pemerintah Banyuwangi. Beasiswa Ruangguru ini berupa beasiswa penuh berupa akses gratis puluhan ribu video kajian, ratusan ribu soal latihan, dan kelompok les virtual dalam aplikasi. Fasilitas pembelajaran Ruangguru, serta fasilitas konseling online setiap hari pada pukul 12.00-19.00 WIB.

Program ini untuk mempersiapkan siswa kelas 4, 5, dan 6 SD serta kelas 7, 8, dan 9 SMP dalam menghadapi UAS dan UN. Program beasiswa ini diberikan secara terbatas kepada mahasiswa berprestasi yang lolos seleksi.

Indonesia Learning Fellowship

Ruangguru juga menyelenggarakan Indonesia Learning Fellowship (ILF), yakni program pembinaan selama satu tahun untuk siswa kelas 12 dalam menghadapi ujian dan proses masuk universitas. Program ini memberikan bimbingan kepada siswa oleh perwakilan Yayasan Ruangguru regional yang membantu semua kegiatan dan memantau program.

Selama program 1 tahun ini, terdapat empat pertemuan tatap muka yaitu pembukaan program, pertemuan regional 3 bulan sekali, dan penutupan program. Tidak hanya pembelajaran akademik, program ini juga berfokus pada pengembangan diri dan motivasi siswa.

Siswa penerima program ILF mendapatkan akses pembelajaran gratis berupa puluhan ribu video pembelajaran animasi, layanan konseling, webinar, tryout, dan kelompok les virtual di aplikasi Ruangguru.

Selain itu, ada kegiatan pendukung lainnya seperti challenge, webinar dengan mentor, dan pendampingan informasi untuk tingkat perguruan tinggi yang dilakukan secara besar-besaran dalam pelaksanaan program. Lokasi program ini adalah Kota Kupang, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Balangan, dan Kota Banjarbaru.

Beasiswa Akademi Ruangguru

Beasiswa Akademi Ruangguru merupakan program pembelajaran intensif berbasis online untuk mempersiapkan lulusan perguruan tinggi agar siap memasuki dunia kerja. Layanan yang diberikan berupa akses gratis aplikasi Skill Academy dan diskusi group chat dengan tutor online selama 3 bulan.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Universitas Korea Yang Menyediakan Beasiswa

Beasiswa Ruangguru berfokus pada peningkatan kapasitas diri dalam mempersiapkan diri menghadapi persaingan yang ketat di dunia kerja. Program ini akan menyasar seluruh wilayah di Indonesia. Selama program berlangsung, peserta akan mendapatkan akses video pembelajaran di Ruang Belajar di aplikasi belajar Ruangguru, serta kelas pelatihan online di Skill Academy.

Kelas Intensif Seru (KIS)

Program ini merupakan kerjasama Ruangguru dengan PT Mayora Group yang memberikan pendampingan kepada para siswa kelas 9 SMP sederajat selama 1 tahun untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi akademik dalam menghadapi ujian nasional.

Siswa penerima program KIS mendapatkan akses pembelajaran gratis berupa puluhan ribu video pembelajaran animasi, layanan konseling, webinar, try out, dan kelompok bimbingan belajar virtual di aplikasi Ruangguru.

Program Kelas Intensif Seru memberikan pendampingan kepada siswa yang tersebar di 30 provinsi di Indonesia. Selain itu, terdapat kegiatan pendukung lainnya seperti challenge, webinar dengan mentor yang luar biasa dan berbagai inisiatif yang dilakukan yang diharapkan dapat membantu adik-adik terpilih untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal.

Program Beasiswa untuk Siswa

Kerjasama ini tertuang dalam sebuah program yaitu Beasiswa Persada, Beasiswa Ruangguru ini telah dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia. Program ini berhasil mengundang 1.805 mahasiswa untuk mengikuti program Beasiswa Persada.

Beasiswa Persada terdiri dari dua program beasiswa, yang pertama untuk persiapan Ujian Nasional (UN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ruangguru menargetkan siswa SMP dan SMA berprestasi rendah sebagai kriteria untuk mengikuti program ini.

 

Indonesia Teaching Fellowship (ITP)

Program selanjutnya untuk guru adalah Indonesia Teaching Fellowship (ITP). Dalam program ini, guru peserta mendapatkan akses ruang belajar bagi guru di aplikasi Ruangguru selama satu tahun. Guru juga mendapatkan pelatihan perencanaan kurikulum, strategi pembelajaran, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, manajemen pendidikan berbasis sekolah, keterampilan sosial guru, dan pendidikan inklusif.

Beasiswa Bergengsi  Contoh Essay Beasiswa

Persero Bekerja Sama dengan Ruangguru

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Ruangguru untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Papua dengan memberikan 305 beasiswa pendidikan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Beasiswa Ruangguru ini diberikan dalam rangka pembinaan dan peningkatan kualitas pendidikan bagi siswa SMA di Jayapura dan Biak, Papua. Pelni memberikan beasiswa kepada 102 siswa SMA Negeri 4 Jayapura, 102 siswa SMA Negeri 2 Jayapura, dan 101 siswa SMA Negeri 1 Biak.

Program pendidikan yang dilaksanakan di Papua merupakan salah satu program CSR non PUMK (Pembiayaan UMK) dalam pilar CSR pembangunan sosial. Program beasiswa ini memberikan akses belajar di Ruangguru bagi siswa kelas 12 guna mempersiapkan diri secara matang untuk lulus dan melanjutkan ke jenjang selanjutnya.

Fasilitas Konseling di Ruangguru

Ruangguru adalah aplikasi layanan pembelajaran berbasis teknologi seperti layanan kelas virtual, platform ujian online, video pembelajaran berlangganan, marketplace les privat, dan konten pendidikan lainnya. Selain dapat mengakses fasilitas seperti video pembelajaran dan soal latihan yang disediakan oleh Ruangguru untuk siswa peserta, ada satu fasilitas lainnya yaitu fasilitas konseling.

Itulah beberapa program dan Beasiswa Ruangguru yang dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam belajar secara online tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu, terutama di masa pembatasan kegiatan belajar mengajar di Indonesia seperti yang sedang berlangsung saat ini. Semoga para mahasiswa dapat mencapai cita – citanya dengan dapat melanjutkan kegiatan belajarnya di perguruan tinggi favorit sesuai impiannya.