Ketentuan Dan Syarat Beasiswa Afirmasi 2022

Ketentuan Dan Syarat Beasiswa Afirmasi 2022

Pemerintah Indonesia menyadari bahwa pemerataan akses pendidikan tinggi sangat penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan menyiapkan masyarakat yang berdaya saing tinggi. Oleh karena itulah, maka pemerintah memberi kesempatan belajar di perguruan tinggi melalui program Beasiswa Afirmasi 2022.

Apa Itu Beasiswa Afirmasi 2022?

Program Beasiswa Afirmasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi. Terutama bagi lulusan SMA atau sederajat yang memiliki potensi akademik yang baik, namun memiliki keterbatasan akses ke pendidikan tinggi.

Beasiswa ini menyediakan program beasiswa tingkat magister dan doktor yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi. Beasiswa diberikan untuk pendidikan di dalam dan luar negeri. Program ini termasuk salah satu beasiswa LPDP yang mendapat perlakuan khusus.

Program ini memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik tanah air yang berasal dari daerah 3T. Pelamar yang terpilih berkesempatan untuk melanjutkan studi S2 dan S3 baik di dalam maupun di luar negeri dengan beasiswa afirmasi.

Beasiswa afirmasi ditujukan bagi penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus, kurang mampu, dan yang berasal dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal atau 3T. Sedangkan sasaran program ditujukan untuk PNS, TNI / Polri, dokter spesialis, wirausaha, pendidik, dan kerjasama khusus.

Program beasiswa umum meliputi beasiswa reguler pascasarjana dan doktoral di kampus-kampus dalam atau luar negeri serta universitas-universitas besar dunia yang syaratnya telah memperoleh Letter of Acceptance (LoA) tanpa syarat dari universitas-universitas top dunia.

Beasiswa Bergengsi  Kuliah Gratis Dengan Beasiswa AK-Tekstil Solo 2022, Lulusan Dijamin Langsung Kerja

Jika anda memenuhi salah satu dari kriteria ini, beasiswa afirmasi ini sangat cocok. Selain menutupi biaya pendidikan, juga disediakan biaya penunjang seperti transportasi keberangkatan dan kepulangan, asuransi kesehatan, visa, tunjangan hidup bulanan, tunjangan tesis/disertasi, seminar, dan beberapa biaya lainnya.

Ketentuan dan Syarat Pendaftaran Beasiswa Afirmasi 2022

Beasiswa afirmasi merupakan salah satu beasiswa penuh yang diberikan oleh LPDP. Menariknya, Beasiswa Afirmasi ini memberikan biaya program pengayaan bahasa yaitu kursus dan ujian kemampuan bahasa asing dengan durasi 3 bulan hingga maksimal 6 bulan.

Persyaratan administrasi berupa dokumen pendukung dikumpulkan secara terpusat di masing-masing kantor Badan Kepegawaian Daerah dan/atau Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi / Kota / Kabupaten paling lambat tanggal 11 Maret 2022. Dokumen yang perlu dilengkapi, sebagai berikut:

  • Surat lamaran dari Kepala BKD / BPSDM setempat dengan tembusan eselon 2 atasan langsung yang menyebutkan nama calon peserta dan telah memenuhi semua kriteria yang dipersyaratkan, belum pernah menempuh / memiliki gelar magister bagi yang melamar untuk beasiswa gelar master.
  • Dicetak dari formulir pendaftaran online yang telah diisi lengkap, bermaterai Rp. 10.000, ditandatangani peserta asli, Kepala BKD / BPSDM dan stempel basah di tanda tangan Kepala BKD.
  • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir
  • fotokopi SK pangkat III/a dan SK terakhir yang dilegalisir
  • Formulir pernyataan pengembangan SDM ditandatangani Kepala BKD/BPSDM dan disesuaikan dengan Rencana Pengembangan SDM di setiap instansi.

Proses seleksi Beasiswa Afirmasi 2022 tahap seleksi administrasi, Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing (TOEFL). Selain itu, dapat dikatakan pelaksana Program Studi Magister Afirmasi Dalam Negeri tahun 2022 adalah program studi Magister Administrasi Publik (MAP) Universitas Gadjah Mada, MAP Universitas Brawijaya dan MAP Universitas Sriwijaya.

Beasiswa Bergengsi  Apa Itu Beasiswa Lpdp

Afirmasi Khusus BPI untuk Perorangan dari Daerah Tertinggal

Bagi anda yang berasal dari daerah tertinggal dan ingin mendaftar program Beasiswa Afirmasi wajib memiliki surat keterangan menyelesaikan pendidikan dasar dan/atau menengah dari institusi setempat yang dibuktikan dengan ijazah dan KTP.

Hal ini dimaksudkan untuk mencegah calon pendaftar nakal yang mengaku berasal dari daerah tertinggal. Faktanya, itu tidak dan pada kenyataannya merugikan banyak orang lain di kemudian hari.

Selain itu, anda juga diharuskan untuk kembali ke daerah asal atau tempat pelayanan di daerah tertinggal untuk melaksanakan pembangunan sesuai dengan tujuan program ini seperti yang telah disebutkan di atas.

Afirmasi Khusus BPI untuk Alumni Bidikmisi dan/atau Berprestasi dari Keluarga Miskin

Berbeda dengan beasiswa afirmasi lainnya, program ini hanya untuk program magister. Dan ada juga beberapa dokumen yang harus disertakan dalam rangka verifikasi data orang yang bersangkutan, antara lain:

  • Tidak mampu secara ekonomi, lansia dan/atau suami/istri memiliki penghasilan bruto keluarga paling banyak Rp. 3.000.000,00 dan bila dibagi dengan jumlah anggota keluarga paling banyak Rp. 750.000,00 per bulan, dibuktikan dengan; Kartu Keluarga Terbaru; Surat Keterangan Tidak Mampu dari kelurahan
  • Slip gaji orang tua dan suami / istri bagi yang menikah
  • Rekening listrik 3 bulan terakhir, bagi yang menggunakan listrik prabayar dibuktikan dengan membuat surat pernyataan rata-rata biaya pemakaian listrik selama 3 bulan terakhir yang ditandatangani di atas meterai 6000.

Bagi anda yang ingin mendaftar program beasiswa afirmasi jenis ini, paling lambat maksimal dua tahun setelah dinyatakan lulus kuliah.

Afirmasi Khusus BPI untuk Penyandang Disabilitas

Memang banyak pendapat orang yang mengatakan bahwa penyandang disabilitas akan sulit mendapatkan pendidikan tapi anda harus percaya bahwa anda bisa dan buktikan dengan sekolah.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Segera Beasiswa Chevening S2 Luar Negeri

Pemerintah melalui Beasiswa Afirmasi 2022 ini berharap agar anda menjadi putra/I terbaik Indonesia. Untuk mengajukan beasiswa ini, anda harus melampirkan sertifikat kebutuhan khusus dari rumah sakit atau klinik pertumbuhan.

Afirmasi Khusus BPI untuk Individu Berprestasi

Bagi anda yang memiliki segudang prestasi, baik nasional maupun internasional, anda bisa melamar beasiswa khusus ini.

Beberapa persyaratan yang harus dimiliki antara lain memiliki sertifikat prestasi juara 1 tingkat nasional di bidang olahraga, seni / budaya, atau agama. Sedangkan juara Olimpiade Internasional meraih 1, 2, atau 3 tempat di bidang olahraga, seni/budaya atau agama.

Afirmasi Khusus BPI untuk PNS, TNI, dan POLRI

Sama seperti beasiswa LPDP pada umumnya, anda yang berprofesi sebagai PNI, TNI, atau POLRI harus memiliki kemampuan bahasa asing yang baik dan IPK 3,0 (S2) dan 3,25 (S3). Namun yang perlu diperhatikan adalah wajib kembali bekerja setelah menyelesaikan studi. Program studi atau bidang disiplin yang diambil juga harus benar-benar dibutuhkan oleh instansi tempat anda bekerja.

Tips Lolos Beasiswa Afirmasi 2022

Pendaftaran akan ditutup pada 25 Maret 2022. Sementara, seleksi administrasi dimulai pada 28 Maret 2022 dan diumumkan pada 12 April 2022. Bagi calon pelamar bisa melakukan registrasi melalui laman lpdp.kemenkeu.go.id. Berikut ini tips lolos seleksi beasiswa afirmasi ini:

Cari Informasi

Informasi dapat diperoleh secara langsung melalui website resminya https://lpdp.kemenkeu.go.id/ atau akun sosial media resminya.

Punya Motivasi

Motivasi diri perlu ditanamkan sebelum mendaftar beasiswa afirmasi.

Siapkan Berkas Pendaftaran

Menyiapkan persyaratan-persyaratan untuk mendaftar beasiswa jauh-jauh hari.

Memilih Tempat Kuliah

Tentukan mau berkuliah di kampus mana sebelum mendaftar beasiswa.

Itulah beberapa ketentuan dan syarat Beasiswa Afirmasi 2022 yang harus dipenuhi, selamat mencoba dan semoga berhasil.