Inilah Beberapa Beasiswa Hafal Qur’an Yang Ada Dikampus Luar Negeri

Inilah Beberapa Beasiswa Hafal Qur’an Yang Ada Dikampus Luar Negeri

Sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada warga negara indonesia yang berprestasi, melalui kementrian agama republik indonesia pemerintah memberikan beasiswa kepada seluruh pelajar yang berprestasi dalam bidang apa saja termasuk salah satunya bidang kecakapan menghafal Al-Qur’an.

Kementrian agama republik indonesia bekerja sama dengan beberapa universitas di tanah air dan bahkan kemenag juga menggandeng beberapa universitas-universitas terkenal yang ada di luar negeri untuk memberikan beasiswa kepada para penghafal Al-Quran di tanah air.

Inilah Beberapa Beasiswa Hafal Qur’an Yang Ada Dikampus luar negeri

Beasiswa kementrian agama republik indonesia

Dengan meningkatnya minat generasi muda untuk dapat melanjutkan belajar di luar negeri kemenag bekerja sama dengan kedutaan RI menyediakan beasiswa S1 luar negeri ke negara-negara timur tengah seperti maroko, mesir, libanon serta sudan.

Kuota beasiswa ini dialokasikan untuk 50 orang dari siswa siswi yang telah lulus SMA, madrasah, atau yang sederajat dengan tingkat pendidikannya. Dan dari kuota 50 orang tersebut dibagi menjadi 2 bagian, dengan sebagian mendapatkan tempat belajar di universitas Al-Azhar mesir dan yang sebagian lagi belajar di universitas di maroko.

Namun untuk dapat mendaftar dan mendapatkan beasiswa tersebut tentunya siswa siswi harus memenuhi persyaratan dan mengikuti seleksi terlebih dahulu .seleksinya sendiri antara lain terdiri dari hafalan Qur’an minimal 2 juz, tes agama, tes bahasa arab, serta tes kebangsaan.

Pemerintah melalui kemenag mengadakan beasiswa ini setiap tahun, kabar baiknya tahun 2022 ini juga akan dilaksanakan program beasiswa seperti tahun-tahun sebelumnya, dan biasanya diadakan di pertengahan tahun.

Beasiswa al-azhar mesir

Selain beasiswa dari kemenag, kedutaan besar negara mesir yang ada di indonesia juga sering menyediakan beasiswa bagi penghafal Qur’an tanah air untuk melanjutkan studi ke universitas al-azhar mesir. Sama seperti beasiswa dari kementrian agama, program beasiswa ini juga telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir, namun sempat terhenti karena pandemi covid19 yang melanda di seluruh dunia.

Beasiswa Bergengsi  Kriteria Penerima Beasiswa JFL ( Jabar Future Leaders ) Schoolarships

kuota yang disediakan pun hanya berkisar 20 sampai 30 orang, dan pesertanya juga hanya dari santri pondok pesantren yang bekerjasama dengan kedutaan besar mesir yang ada di indonesia, untuk seleksinya hanya berupa menulis essay berbahasa arab dengan tema atau topik yang telah ditentukan.

Beasiswa universitas islam madinah

Nah untuk yang satu ini sangat cocok bagi anda yang ingin memperdalam ilmu agama, universitas islam madinah salah satu pilihan yang tepat. Universitas ini menyediakan beasiswa bagi hafidz Qur’an diseluruh dunia termasuk hafidz Qur’an yang berasal dari indonesia, syarat utama untuk bisa mendapatkan beasiswa dari kampus ini anda harus fasih berbahasa arab.

Itulah beberapa contoh beasiswa untuk penghafal Qur’an luar negeri yang bisa anda coba, namun selain beasiswa hafidz Qur’an luar negeri, tidak kalah menarik juga yang perlu anda ketahui banyak beasiswa hafidz Qur’an dalam negeri. Beberapa universitas di tanah air juga menyediakan beasiswa bagi para penghafal Qur’an di tanah air. Berikut beberapa contoh beasiswa hafidz Qur’an dalam negeri.

Beasiswa UII

Program beasiswa ini diadakan untuk lulusan pondok pesantren tahun akademik 2021/2022 atau mahasiswa baru universita islam indonesia tahun akademik 2021/2022 tentunya yang memiliki kemampuan atau bakat menghafal Al Qur’an dengan minimal 15 juz serta mempunyai kemampuan akademik yang mumpuni.

Jenis beasiswanya pun dibagi menjadi 2 macam yakni beasiswa hafizd Al-Qur’an 15 juz dan beasiswa hafidz Al-Qur’an 30 juz. Dan untuk dapat mendaftarkan diri mengikuti program beasiswa ini para peserta tentunya harus memenui persyaratannya terlebih dahulu.

Persyaratan pendaftaran untuk hafidz Al-Qur’an 30 juz diantaranya Telah dinyatakan lulus seleksi sebagai calon mahasiswa baru universitas islam indonesia tahun akademik 2022/2023 melalui jalur seleksi penelusuran hafidz AL – Qur’an( PHA ), Menyerahkan surat resmi rekomendasi dari mursyid/ pengasuh, serta persyaratan lainnya yang sudah ditentukan oleh UII.

Beasiswa Bergengsi  Cara Mendaftar Beasiswa Yonsei University

Apabila mahasiswa telah memenuhi persyaratan tersebut diatas dan dinyatakan lolos seleksi, maka mahasiswa tersebut berhak mendapatkan beasiswa hafidz Qur’an yang terdiri dari

  • Mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan di universitas islam indonesia dengan jangka waktu yang telah ditentukan
  • Bebas dari dana catur darma
  • Bantuan biaya hidup sebesar empat ratus lima puluh ribu rupiah setiap bulan

Kemudian persyaratan pendaftaran untuk hafidz Qur’an 15 juz diantaranya Mahasiswa telah dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa baru universitas islam indonesia tahun akademik 2022/2023 melalui seleksi penelusuran hafidz Al-Qur’an ( PHA ).

Calon Mahasiswa yang dapat menghafal Al Qur’an minimal 15 juz atau lebih dan harus bisa dibuktikan dengan syahadah dari mursyid/ pengasuh, Menyerahkan surat resmi rekomendasi dari mursyid/ pengasuh serta persyaratan lainnya yang juga sudah ditentukan oleh UII.

Namun sayangnya untuk kuota program ini hanya berlaku untuk satu orang per program studi di UII. Untuk lebih detail mengenai informasi beasiswa ini bisa dilihat di laman resminya UII di admisi.uii.ac.id .

Beasiswa hafidz Al Qur’an universitas muhammadiyah surabaya ( UM surabaya )

Selanjutnya beasiswa hafal Qur’an yang disediakan oleh UM surabaya, program ini membuka kesempatan bagi siswa penghafal Qur’an yang ingin melanjutkan pendidikan melalui jalur beasiswa tahfidz tahun 2021/2022. Program ini juga diadakan oleh UM surabaya dari tahun ke tahun.

Beasiswa ini juga sebagai wujud apresiasi universitas kepada mahasiswa seluruh indonesia yang memiliki kemampuan menghafal Qur’an, beasiswa ini selain bertujuan sebagai motivasi mahasiswa juga untuk menjaga nilai- nilai keislaman dan meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam tahfidzul Qur’an, Serta mahasiswa bisa terus menjaga nilai keislaman sehingga mahasiswa mampu berpartisipasi dalam program pembangunan baik itu keagamaan, kebangsaan dan sosial kemasyarakatan.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa XL Future Leader 2022

Mahasiswa yang lolos dalam seleksi akan diberikan beasiswa penuh seperti bebas uang gedung, dana pendidikan kecuali formulir her registrasi per semester, UTS dan UAS, serta bebas biaya praktikum kecuali fakultas kedokteran.

Syarat untuk mendapatkan beasiswa di universitas ini pun cukup mudah hanya dengan minimal menghafal 3 juz dan mahasiswa wajib menandatangani kontrak dengan biro administrasi kemahasiswaan alumni dan inovasi ( BAKAI ).

Dan untuk informasi pendaftaran program beasiswa ini dibagi menjadi 3 gelombang diantaranya:

Gelombang 1

Pendaftaran: 6 Desember 2021-31 Maret 2022 dan tes wawancara tanggal 5 april 2020 dengan waktu pengumuman tanggal 8 april 2022

Gelombang 2

Pendaftaran: 1 April 2022-26 Juni 2022 dan Tes wawancara tanggal 28 Juni 2022 dengan waktu Pengumuman tanggal 4 Juli 2022

Gelombang 3

Pendaftaran: 1 Juli-31 Agustus 2022 dan Tes wawancara tanggal 25 Agustus 2022 dengan waktu Pengumuman tanggal 31 Agustus 2022

Demikian artikel mengenai beasiswa hafal Qur’an baik yang berada di dalam negeri maupun luar negeri yang bisa anda coba.