Beasiswa Pendidikan 2023

Pemkab Sidoarjo kembali selenggarakan program beasiswapendidikan tahun ini, adapun periode pendaftarannya telah dimulai sejak tanggal 31 Januari sampai dengan 31 Maret 2023. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, yang menargetkan 10.000 kuota beasiswa hingga akhir tahun 2026 mendatang, adapun setiap tahunnya ada sebanyak 2.000 penerima beasiswa.

Kuota tersebut mencakup sejumlah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, termasuk pada program beasiswa hafidz / hafidzah yang diikuti oleh siswa siswi dari jenjang pendidikan SD dan SMP sederajat.

Berbeda dengan program beasiswa untuk pendidikan tinggi (mahasiswa), terdapat empat jenis beasiswa di antaranya:

  • Beasiswa bidang keagamaan, dengan pendaftaran melalui Bagian Kesra Setda Sidoarjo atau kontak telpon di nomor 081234278662
  • Beasiswa prestasi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan olahraga dengan pendaftaran yang ditangani langsung oleh Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata atau menghubungi via telpon melalui nomor 081235949497 / 081858152
  • Beasiswa prestasi akademik, dengan pendaftaran yang dilakukan melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata atau bisa menghubungi nomor telpon 081235949497 / 081858152
  • Beasiswa mahasiswa kurang mampu dengan pendaftaran yang dilakukan di Dinas Sosial atau melalui kontak telpon di nomor 085234324803

Sedangkan untuk program beasiswa hafidz dan hafidzah dari jenjang SD / SMP sederajat akan langsung ditangani oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Sidoarjo yang bisa dihubungi melalui kontak telpon di nomor 082132125895.

Persyaratan Beasiswa

Berikut ini adalah beberapa persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa Pemkab Sidoarjo 2023, di antaranya:

  • Terdaftar sebagai warga Kabupaten Sidoarjo dengan dibuktikan melalui kepemilikan KTP dan KK (khusus bagi pendaftaran dari kalangan mahasiswa)
  • Siswa siswi aktif di jenjang SD / SMP sederajat yang dibutikan melalui kartu siswa dan KK Sidoarjo
  • Mengisi form pendaftaran dan mengunggah seluruh dokumen yang dibutuhkan melalui laman http://beasiswa.sidoarjokab.go.id/
  • Menyerahkan seluruh berkas yang dibutuhkan secara langsung dan ditujukan untuk perangkat daerah selaku penyelenggara program beasiswa yang dituju.

Sebagai informasi, anggaran yang telah disiapkan oleh Pemkab Sidoarjo mencapai Rp 10 miliar dengan 2.000 kuota penerima beasiswa, adapun setiap penerima beasiswa nantinya akan mendapatkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 5 juta.

Ahmad menyampaikan, pemberian beasiswa untuk kategori pendidikan tinggi dan para hafidz / hafidzah menjadi wujud upaya dari pemkab Sidoarjo dalam meningatkan kualitas SDM yang unggul di bidangnya masing – masing.

Bupati yang sekaligus juga merupakan alumni Fisip Unair Surabaya itu mengharapkan agar melalui program beasiswa tersebut maka mahasiswa yang berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik bisa senantiasa terus menjaga dan meningkatkan prestasinya.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment