Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Cara Membuatnya

Mencari pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan minat dan kemampuan kita memang tidak mudah. Salah satu syarat yang harus kita penuhi adalah dengan membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan bagian yang sangat penting dalam melamar pekerjaan, karena ini akan menjadi awal bagi kita untuk memperkenalkan diri kepada suatu perusahaan.

Contoh surat lamaran kerja menjadi hal yang paling banyak dicari orang, terutama ketika memasuki masa – masa ke lulusan, baik di jenjang Sekolah Menengah Atas maupun lulusan kuliah. Para lulusan yang telah selesai menempuh jenjang pendidikan tersebut sudah seharusnya untuk mulai berkerja.

Namun mungkin saja melamar pekerjaan tidak semudah seperti yang pernah dibayangkan sebelumnya, jumlah yang tak sebanding antara lowongan pekerjaan yang tersedia dan para pelamar itu sendiri terkadang menimbulkan rivalitas yang cukup sengit.

Terlepas dari itu semua, surat lamaran kerja menjadi dokumen penting yang wajib disiapkan oleh para pencari kerja agar bisa mendapatkan pekerjaan impiannya. Akan tetapi biasanya para lulusan baru atau fresh graduate terkadang kesulitan atau bingung ketika hendak menulis surat lamaran kerja.

Sementara pihak HRD atau staf yang menyeleksi surat lamaran kerja tidak akan memiliki banyak waktunya untuk memilih satu demi satu  surat lamaran kerja yang masuk, oleh karena itu membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar menggunakan bahasa yang mudah dimengerti menjadi kunci utama agar surat lamaran kerja anda bisa menarik perhatian HRD dan memungkinkan anda untuk mendapat kesempatan wawancara.

Mengapa Surat Lamaran Kerja Sangat Penting?

Surat lamaran kerja adalah bagian terpenting dalam melamar pekerjaan, karena ini merupakan sarana bagi kita untuk memperkenalkan diri dan memberikan gambaran tentang kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimiliki. Surat lamaran kerja yang baik dan benar juga dapat memberikan kesan positif pada calon pemberi kerja, sehingga peluang kita untuk diterima bekerja akan semakin besar.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Penting sekali bagi kalian untuk mengetahui cara menulis surat lamaran kerja, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar surat lamaran dapat menarik perhatian pihak perusahaan dan memperbesar peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat surat lamaran kerja yang baik:

  1. Tujuan dan Isi Surat Lamaran Kerja

Sebelum mulai menulis surat lamaran, tentukan terlebih dahulu tujuan dan posisi yang ingin diambil. Kemudian, cari tahu tentang profil perusahaan dan posisi yang sedang dibuka, sehingga dapat disesuaikan dengan kualifikasi yang dimiliki. Tujuan surat lamaran harus jelas dan terperinci, sehingga pihak perusahaan dapat memahami alasan mengapa kamu mengajukan lamaran pekerjaan.

  1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Sopan

Gunakan bahasa yang jelas, sopan dan mudah dipahami dalam menulis surat lamaran kerja. Pastikan juga untuk menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta hindari penggunaan bahasa yang terlalu berlebihan atau berbelit-belit.

Dalam membuat surat lamaran kerja yang baik, pastikan untuk memperhatikan setiap detail dan mengoptimalkan penggunaan kata-kata yang tepat. Semua elemen yang ada dalam surat lamaran harus saling berkaitan dan menggambarkan diri sendiri dengan jelas. Jangan lupa untuk mengedit kembali surat lamaran sebelum dikirim, agar tidak terjadi kesalahan penulisan atau tata bahasa yang tidak tepat.

  1. Pahami Profil Perusahaan dan Posisi yang Dilamar

Sebelum membuat surat lamaran kerja, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu profil perusahaan dan posisi yang dilamar. Dengan memahami profil perusahaan, kita dapat menyesuaikan isi surat lamaran kerja yang akan dikirim. Selain itu, dengan memahami posisi yang dilamar, kita dapat menuliskan pengalaman dan kualifikasi yang sesuai dengan posisi tersebut.

  1. Berikan Alasan Mengapa Anda Layak Diterima

Berikan alasan mengapa kamu layak diterima di perusahaan tersebut. Jelaskan bagaimana kepribadian dan nilai-nilai yang dimiliki dapat berkontribusi pada kesuksesan perusahaan. Pastikan untuk menghubungkan antara pengalaman, keahlian, dan kualifikasi yang dimiliki dengan tugas dan tanggung jawab yang akan diemban.

  1. Akhiri dengan Kalimat Penutup yang Kuat

Akhiri surat lamaran dengan kalimat penutup yang kuat dan tegas. Berikan apresiasi atas kesempatan yang diberikan untuk mengajukan lamaran pekerjaan, serta ungkapkan harapan untuk dapat bertemu dan berdiskusi secara langsung mengenai posisi yang ditawarkan.

Beasiswa Bergengsi  Anggota Asean Hingga Saat ini Berjumlah

Format Surat Lamaran Kerja

Sebelum Anda mulai menulis surat lamaran pekerjaan, penting bagi Anda untuk memahami bagaimana cara menulis format surat lamaran kerja yang baik dan benar. Ada beberapa format yang harus diikutsertakan dalam surat lamaran kerja, di antaranya:

  • Tempat dan tanggal pembuatan

Hal pertama yang wajib disertakan dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan adalah tempat serta tanggal pembuatannya, umumnya bagian ini diletakkan di pojok kanan atas surat namun ada juga beberapa jenis surat yang menempatkannya di pojok kiri atas. Namun yang terpenting, jangan lupakan posisi penempatan tanda baca serta penggunaan huruf kapital dengan tepat.

  • Penerima dan alamat yang dituju

Setelah menempatkan tempat dan tanggal pembuatan, hal berikutnya yang harus ditulis dalam surat lamaran pekerjaan adalah nama penerima serta alamat perusahaan yang dituju. Memang akan lebih baik jika anda telah mengetahui siapa penerima surat lamaran kerja tersebut secara spesifik dan bisa menyebutkannya, namun bagi anda yang tidak mengetahuinya tetap bisa menyertakan nama perusahaannya saja beserta alamat dengan lengkap.

Hal lain yang perlu diperhatikan, penulisan nama penerima dengan ‘Yth’ hanya dituliskan apabila anda mengetahui siapa nama orang yang dituju atau yang akan menerima surat tersebut. Sedangkan jika surat lamaran kerja langsung ditujukan untuk perusahaan, maka awali lah dengan menulis ‘Kepada’ dan diikuti dengan nama perusahaan yang akan dituju.

  • Salam pembuka

Sebagai awalan surat, penulisan salam pembuka sangat lah penting untuk menunjukkan rasa hormat anda kepada penerima surat tersebut. Setelah itu barulah anda bisa melanjutkannya dengan menulis kata pengantar.

Umumnya, salam pembuka berisi mengenai tujuan dari pembuatan surat lamaran pekerjaan. Jangan lupa juga untuk menuliskan bagaimana anda bisa memperoleh informasi terkait iklan lowongan pekerjaan yang ingin anda lamar, baik dari kerabat, internet, atau media cetak dan elektronik lainnya.

  • Isi surat

Jika anda telah menuliskan salam pembuka, maka selanjutnya anda bisa mulai menuliskan isi surat tersebut. Di bagian ini ada banyak hal penting yang harus dicantumkan, di antaranya seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, alamat email atau kontak yang dapat dihubungi, dan sekilas pengalaman kerja atau organisasi yang pernah anda ikuti sebelumnya, termasuk juga pendidikan terakhir serta kemampuan yang anda miliki.

Pastikan juga anda menyertakan informasi lain jika dibutuhkan, namun dengan singkat, padat, dan jelas agar nantinya HRD atau pihak yang menerima surat lamaran tersebut bisa mudah memahaminya.  Gunakan pula bahasa yang formal dan mudah dimengerti, termasuk pada informasi yang relevan dengan lowongan pekerjaaan tersebut, misalnya seperti posisi atau jabatan yang anda lamar.

  • Lampiran dokumen

Di bagian ini, penulisan sejumlah dokumen yang anda lampirkan akan sangat dibutuhkan. Biasanya penyebutan mencakup dokumen apa saja yang menjadi syarat dalam melamar kerja, seperti Curiculum Vitae (CV), ijazah dan transkrip nilai, fotokopi KTP, atau dokumen pendukung lainnya.

Bagian ini juga sekaligus menjadi ceklis bagi pihak HRD untuk mengecek kelengkapan dokumen persyaratan yang anda sertakan bersama dengan surat lamaran kerja tersebut, apabila dokumen yang anda sertakan sesuai dengan persyaratan yang diminta maka tentunya peluang anda untuk dipanggil mengikuti tes interview akan semakin besar.

  • Salam penutup

Sebagaimana pada bagian awal surat anda, surat lamaran kerja juga harus diakhiri dengan penutup. Pada bagian ini tulislah harapan anda pada lamaran kerja yang anda inginkan, setelah itu barulah tutup surat dengan terimakasih.

Buatlah penutup surat ini dengan singkat namun formal, tak perlu berlebihan karena bisa memunculkan kesan kurang profesional dalam diri anda. Jadi, tetap buat lah salam penutup dengan sopan dan lugas, serta selipkan harapan anda untuk bisa bergabung dengan perusahaan yang anda lamar.

  • Nama terang dan tanda tangan

Sebagai bentuk tanggung jawab dan menegaskan siapa pembuat atau penulis surat lamaran pekerjaan tersebut, maka jangan lupa juga untuk menyertakan nama lengkap anda beserta tanda tangan di pojok kanan atau kiri bawah surat.

Khusus bagi anda yang telah lulus kuliah maka bisa menyertakan pula gelar yang anda miliki, cara ini bisa menunjukkan profesionalitas anda dalam melamar kerja, atau anda juga bisa membiarkannya tetap dengan nama lengkap saja tanpa gelar.

Beasiswa Bergengsi  Negara Asean yang Paling Sering Bekerjasama di Bidang Pendidikan dengan Indonesia Adalah

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut ini, kami telah menyiapkan contoh surat lamaran kerja yang benar, tepat, serta kreatif yang dapat menjadi referensi bagi Anda dalam menyusun surat lamaran pekerjaan. Dengan memanfaatkan contoh yang admin berikan ini, diharapkan Anda dapat menyusun surat lamaran yang dapat menarik perhatian pihak perusahaan yang dituju.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Bisa dijadikan Referensi

 

Nama Lengkap

Alamat

Nomor Telepon

Email

 

Tempat dan Tanggal

Kepada Yth,

Nama Perusahaan

Alamat Perusahaan

Dengan hormat,

Saya menulis surat ini untuk mengajukan lamaran pekerjaan di [Nama Perusahaan]. Saya sangat tertarik dengan posisi [Nama Posisi] yang saat ini sedang dibuka, dan ingin memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan.

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan] selama 2 tahun, serta telah menyelesaikan pendidikan S1 jurusan [Nama Jurusan] di [Nama Universitas]. Selama bekerja di [Nama Perusahaan], saya telah menangani berbagai proyek dan tugas dengan baik, termasuk [Contoh Tugas 1], [Contoh Tugas 2], dan [Contoh Tugas 3]. Saya juga memiliki keahlian dalam [Nama Keahlian 1], [Nama Keahlian 2], dan [Nama Keahlian 3], yang dianggap penting dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di posisi [Nama Posisi] yang ditawarkan.

Saya sangat tertarik dengan visi dan misi yang diusung oleh [Nama Perusahaan], serta berharap dapat bergabung dengan tim yang hebat dan memiliki semangat tinggi. Saya percaya bahwa kepribadian saya yang proaktif, kreatif, dan cermat, dapat berkontribusi pada kesuksesan perusahaan.

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenarnya. Saya siap menghadiri wawancara atau tes yang akan diadakan oleh [Nama Perusahaan] pada waktu yang telah ditentukan. Terima kasih atas kesempatan ini.

Hormat saya,

 

Nama Lengkap

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Umum

 

Jakarta, 21 Februari 2022

Hal: Lampiran Kerja

Kepada Yth

Ibu Johnson Miyawati

PT Sindo Muntun Indonesia

Jl. Rambutan Raya No. 12, Jakarta Selatan

 

Dengan hormat,

Sehubungan informasi yang saya peroleh melalui portal lowongan kerja yang ada di internet tertanggal 10 Februari 2022, di mana perusahaan Ibu tengah membuka lowongan pekerjaan. Maka dari itu, bersamaan dengan surat ini saya ingin melamar kerja sebagai Executive Digital Marketing di perusahaan yang Ibu/Bapak pimpin.

Berikut ini adalah data diri saya:

Nama                                  : Andreas Saputra

Tempat, Tanggal Lahir    : Ciamis, 17 Agustus 1991

Pendidikan Terakhir        : S1 – Ilmu Komunikasi

Alamat                                : Jl. Mangun Raya No. 14, Depok

Nomor Handphone          : 08xxxxxxxxx

Alamar Email                     : andreyasputraji2@gmail.com

Sebagai bahan pertimbangan, beberapa dokumen saya lampirkan meliputi:

  • Curiculum Vitae (CV)
  • Resume kerja
  • Slip gaji terakhir
  • Fotocopy ijazah terakhir
  • Fotocopy transkrip nilai
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy NPWP
  • Pas Foto ukuran 4×6 5 lembar
  • Surat pengalaman kerja

Demikian surat lamaran kerja ini dibuat, besar harapan dari saya agar bisa segera bekerja di PT Sindo Muntun Indonesia sebagai Executive Digital Marketing. Atas seluruh perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat Saya,

 

Andreas Putra

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Kekinian

 

LINDA MOORE

Content Marketer

15 Oktober, 2022

Pixel Media

123 Main St San Diego, CA 94122

(333) 333-3333

 

hire@pixelmedia.com

Axelmedia.com

 

Dear Ms. Johnson,

Saya menulis surat ini untuk melamar posisi sebagai Content Marketer di Pixel Media. Saya adalah seorang profesional komunikasi bergelar Master of Arts untuk Penulisan Profesional dan sudah empat tahun berpengalaman dalam menulis konten online untuk berbagai keperluan publikasi.

Saat ini sebagai menjadi Manajer Konten untuk Granger Communication. Saya bertanggung jawab penuh dalam  menulis dan mengedit artikel, menerbitkan postingan di blog dan konten lainnya, serta mengelola berbagai akun media sosial perusahaan. Saya adalah orang yang sangat terorganisir dan sangat memperhatikan detail, serta mampu menangani banyak pekerjaan sekaligus.

Saya memiliki pengalaman dalam pengawasan dan mengelola penulis dari jarak jauh secara efisien dan adil. Keterampilan berkomunikasi dan menulis saya merupakan kekuatan terbesar yang saya miliki. Saya kerap mendapat pujian dari supervisor atas kontribusi saya di berbagai konten online, serta atas kemampuan saya dalam menjaga anggota tim tetap berada pada jalurnya. Saya akan sangat menikmati keterampilan saya ini untuk dibawa ke tim komunikasi online di Pixel Media sebagai Content Marketer.

Saya yakin dapat menemukan kredensial, portofolio, dan referensi yang sangat baik dalam diri saya. Silahkan hubungi saya untuk menjadwalkan wawancara sesegera mungkin. Saya berharap bisa segera bertemu dengan anda, terima kasih sebelumnya.

 

Best,

 

Linda Lindu

 

Contact T : (111) 111-1111

3468 Shearwood : myemails@rocketmail.com

Coffee Creek : portofolio@porto.com

 

Beasiswa Bergengsi  Apa Program Pemerintah untuk Memajukan Pendidikan di Asean

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

 

Depok , 1 Juni  2022

Perihal: Lamaran Kerja

 

Kepada Bapak/Ibu HRD

PT Sentosa Djaja

Ruko Margonda, No. 213, Depok

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari lowongan pekerjaan di Instagram bahwa PT Sentosa Djaja sedang membutuhkan web developer, maka dari itu saya membuat surat lamaran pekerjaan ini untuk posisi Web developer. Berikut adalah data diri saya:

Nama : Ahmad Adi

Tempat, Tanggal Lahir : Bogor, 22 April 2002

Pendidikan Terakhir : S1 Ilmu Komputer

Alamat : Jl. Citayam no 215 Depok

Nomor Telepon : 08xxxxxxxxx

Alamat Email : ahmadadi@gmail.com

 

Saya adalah seorang fresh graduate berusia 22 tahun, lulusan dari S1 jurusan Ilmu komputer di Universitas Indonesia tahun 2021 dengan perolehan IPK 3,5. Saat berkuliah, saya adalah mahasiswa yang aktif di berbagai organisasi. Saya mempunyai kemampuan yang cocok untuk posisi Web Developer di PT Sentosa Djaja. Adapun beberapa dokumen juga saya sertakan:

  • Curiculum Vitae (CV)
  • Fotocopy ijazah
  • Fotocopy KTP
  • Project Terakhir

Demikian lah surat lamaran kerja ini, besar harapan bagi saya untuk bisa segera bergabung bersama PT Sentosa Djaja. Atas perhatian dari Bapak/Ibu, saya haturkan banyak terimakasih.

 

Hormat,

Ahmad Adi

 

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

 

Jakarta, 17 Januari 2022

Hal: Lamaran Pekerjaan

 

Kepada

Bapak/Ibu Staff HR

Bank BCA

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                  : Muhamad Rojali

Tempat, Tanggal Lahir    : Maluku, 21 Maret 1992

Status                                  : Menikah

Pendidikan Terakhir        : D3 – Ekonomi

Alamat                                : Jl. Belimbing Raya No 19, Bekasi

No. HP                                 : 08xxxxxxxxx

Email                                   : ahmadrojali@yahoo.co.id

 

Melalui surat ini, saya berniat untuk mengajukan permohonan bekerja di Bank BCA sebagai Teller. Saya memiliki pengalaman kerja yang relevan selama 2 tahun di salah satu bank BUMN. Saya memiliki kemampuan yang baik dalam mengoperasikan program Ms. Office terutama Excel, serta mampu bekerja dengan baik secara tim dan individu.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan dokumen pendukung surat ini seperti:

Pas foto ukuran 4×6

Fotocopy ijazah terakhir

Fotocopy KTP

Curriculum Vitae (CV)

Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

 

Besar harapan bagi saya agar Bapak/Ibu berkenan memberi kesempatan untuk interview agar saya bisa menjelaskan lebih rinci mengenai potensi dalam diri saya.

Demikian lah surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

 

Bekasi, 17 Januari 2022

Muhamad Rojali

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email

 

To: recruitment@agenbet666.id

Cc: hr.manager@agenbet666.id

Subject: Content Creator

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs agenbet666, bahwa saat ini perusahaan agenbet666 sedang membuka lowongan kerja untuk posisi Content Creator.

Maka saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                                  : Sandra Bulok

Alamat                                : Jl Semangka Emas, No 121, Jakarta Barat

Tempat, Tanggal Lahir    : Sumedang, 19 September 1997

Pendidikan Terakhir        : S1 – Manajemen

Bermaksud untuk melamar pada posisi Content Creator. Saya juga turut melampirkan beberapa dokumen pendukung yang bisa menjadi bahan pertimbangan Bapak/Ibu:

Pas foto terbaru

Scan foto KTP

Project Terkait

Daftar Riwayat Hidup

Scan Ijazah Terakhir

Scan Transkrip Nilai

 

Demikian lahsurat lamaran kerja ini saya buat dengan sesungguh – sungguhnya. Besar harapan bagi saya agar dapat segera bergabung di PT AgenBet666. Terima kasih.

Hormat saya,

 

Sandra Bulok

 

Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

 

May 18, 2021

HR Department

Head Office of PT Simpati Raya

Jl. Karimun No. 152

Jakarta Pusat

 

Dear Sir or Madam,

Based on Linkedin, I am writing this to ask about the possibility of working in your company, I am interested to join on your company as a Secretary.

My name is Aulia Putri and I am 27 years old. I have education background as Bachelor Degree of Computer Accounting from Universitas Jakarta. With my education background, I am very confident to contribute my qualification and skill significantly to PT Simpati Raya.

I am very capable in operating various computer software, including Ms Offices packages. I am a hardworking person that can work independently or join in a team.

I wish you will give me the chance to go through the interview session, so I can explain about my skill very soon. Thanks for your time.

 

Best regards,

 

Aulia Putri

https://www beasiswasarjana com/3591/contoh-surat-lamaran-kerja/ -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *