Universitas Islam Internasional Indonesia Buka Pendaftaran Beasiswa 2023/2024

Kabar gembira kali ini datang dari Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), karena sekarang telah dibuka pendaftaran jalur beasiswa khususnya untuk program pendidikan Magister (S2) dan Doktor (S3). Sebagaimana diketahui, pembukaan jalur beasiswa ini merupakan agenda tahunan dengan skema pendaftaran terdiri dari 2 jalur, yakni jalur beasiswa dan jalur mandiri.

Menariknya, UIII juga ternyata selalu terbuka dengan pengajuan aplikasi pendaftaran secara online sepanjang tahunnya. Adapun untuk tahun akademik 2023/2024 ini batas akhir pengumpulan aplikasi beasiswanya maksimal sebelum tanggal 30 Juni 2023. Sementara untuk fakultas yang tersedia antara lain:

  • Fakultas Studi Islam
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Ilmu Pendidikan.

Benefit Beasiswa

Melansir dari laman Kementerian Agama, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh para calon mahasiswa jalur beasiswa di UIII 2023.

  • Visa pelajar dan izin belajar bagi mahasiswa internasional
  • Outward airfare kelas ekonomi (untuk bandara terdekat dari lokasi rumah penerima beasiswa ke bandara Internasional Soekarno Hatta Indonesia) termasuk tiket pesawat untuk kepulangan
  • Biaya kuliah untuk 2 tahun akademik pada program Magister dan 4 tahun akademik khusus program Doktor
  • Tunjangan awal (kedatangan) saat tiba di Indonesia
  • Tunjangan hidup bulanan yang diberikan selama 2 tahun untuk program Magister dan 4 tahun untuk program Doktor
  • Asuransi kesehatan
  • Tunjangan buku dan materi
  • Dukungan penelitian tesis atau disertasi.

Persyaratan Beasiswa

Sebagai informasi, semua program akademik dan proses pembelajaran yang diterapkan di UIII selalu menggunakan Bahasa Inggris. Karena alasan itulah maka setiap calon mahasiswa Indonesia yang ingin mendaftar diwajibkan memiliki sertifikat kecakapan bahasa Inggris, di antaranya dengan menunjukkan kepemilikan sertifikat IELTS, TOEFL, atau lainnya.

Namun tentunya persyaratan tersebut tidak berlaku bagi para calon mahasiswa yang berasal dari negara – negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa kesehariannya, atau para lulusan universitas – universitas dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Lain halnya bagi yang ingin mendaftar di fakultas Studi Islam (program MA atau Ph.D.) diwajibkan memiliki kemampuan dalam Bahasa Arab dengan dibuktikan melalui sertifikat TOAFL, kecuali bagi pendaftar yang berasal dari negara – negara dengan bahasa Arab sebagai bahasa utamanya atau para lulusan universitas yang menerapkan bahasa arab sebagai pengantar kuliahnya.

Pendaftar juga wajib melampirkan salinan transkrip akademik dengan GPA (Grade Point Average) minimal 3.0 untuk program magister, dan 3.5 khusus untuk program doktor dengan skala maksimum 4.0.

Adapun syarat lainnya untuk mendaftar di program doktor (S3) adalah dengan mengajukan proposal riset yang terdiri dari 4000 – 5000 kata, contoh tulisan hasil penelitian yang relevan sesuai pilihan studi atau artikel terbaru dalam jurnal ilmiah.

Selain itu, setiap pendaftar juga diwajibkan melampirkan 2 surat rekomendasi yang dibuat oleh pihak otoritas yang berisi penjelasan dan alasan layak menempuh studi di UIII, serta surat rekomendasi yang dibuat oleh orang di sekitar pendaftar dengan menggunakan bahasa Inggris.

Demikian lah informasi beasiswa kuliah S2 dan S3 di UIII untuk tahun akademik 2023/2024. Untuk info selengkapnya terkait pendaftaran di UIII baik jalur mandiri maupun melalui jalur beasiswa bisa diakses melalui laman resminya di uiii.ac.id. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment