Cara Mendapatkan Kartu KIP Kuliah Digital Baru dari Kemendikbudristek 2023

Kartu Indonesia Pintar atau yang akrab disebut sebagai KIP Kuliah merupakan program bantuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kemendikbudristek, namun baru – baru ini secara resmi Kemendikbudristek telah merilis versi terbarunya, yakni KIP Kuliah Digital.

Tepat pada tanggal 13 Desember 2022, KIP Kuliah Digital dikeluarkan dengan banyak keunggulan termasuk dilengkapi dengan adanya QR Code.

Nah, bagi anda para mahasiswa penerima beasiswa KIP-Kuliah maka wajib mendaftarkan diri di KIP Kuliah Digital, berikut adalah beberapa cara mendapatkan KIP Kuliah Digital yang bisa anda lakukan.

  • Lakukan Login menggunakan akun KIP Kuliah anda melalui laman kip-kuliah.kemendikbud.go.id
  • Input Nomor Pendaftaran dan Kode Akses anda, lalu klik tombol ‘Masuk’
  • Klik menu ‘Penetapan’ yang berada di pojok kiri pada menu dashboard
  • Pilih ‘Lihat Kartu’ yang berada di sebelah kolom ‘Nomor KIP Kuliah’ untuk memunculkan tampilan Kartu KIP Kuliah Digital
  • Klik ‘Unduh Kartu’ untuk mengunduh dan menyimpan Kartu KIP Kuliah Digital anda
  • Pindai QR Code yang ada di sisi kanan bawah kartu KIP Kuliah Digital, bisa menggunakan kamera maupun QRCode Reader
  • Hasil verifikasi kartu KIP Kuliah Digital akan muncul dan berisi detail data anda sebagai pemilik lengkap beserta statusnya.

Itulah beberapa langkah mudah membuat kartu KIP Kuliah Digital yang bisa anda coba. Perlu diketahui, data mahasiswa anda yang tersimpan secara digital ini nantinya bisa digunakan saat memproses berbagai verifikasi pencairan serta pemanfaatan bantuan biaya pendidikan termasuk dengan tunjangan biaya hidup.

Selain itu, KIP Kuliah Digital juga bisa digunakan untuk monitoring guna membantu penyelesaian berbagai permasalahan serta kendala di lapangan dengan cepat.

Adapun maksud dan tujuan diterbitkannya KIP Kuliah Digital adalah sebagai bentuk komitmen dari pemerintah melalui Kemendikbudristek demi penyaluran bantuan dana pendidikan yang lebih cepat dan aman.

Sebagaimnaa diketahui, KIP Kuliah merupakan program strategis yang ditujukan guna meningkatkan kesejahteraan rakyat yang lebih merata. Karena alasan itulah maka kesuksesan dari program beasiswa ini sudah seharusnya menjadi tanggung jawab seluruh pihak yang terkait.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment