Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

4 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap dengan Tips dan Cara Membuatnya

Mengacu pada proses rekrutmen pegawai, maka salah satu hal yang memiliki andil besar dalam menentukan diterima atau tidaknya seorang pelamar adalah pada surat lamaran kerja itu sendiri, tak terkecuali ketika anda sedang melamar di bank.

Bagi anda yang baru pertama kali mencoba melamar kerja di bank maka pastinya anda akan sangat membutuhkan contoh surat lamaran kerja di bank, karena dengan begitu maka anda akan lebih dimudahkan saat membuat surat lamaran tersebut.

Cara Membuat Surat Lamar Kerja Bank

Namun sebelum melangkah lebih jauh, penting bagi anda untuk mengetahui apa saja hal yang perlu diketahui agar anda bisa membuat surat lamaran yang benar, tujuannya sudah pasti adalah untuk memperbesar peluang anda lolos dalam tahap seleksinya.

Sebagai bahan informasi dan perlu anda tahu, berikut ini adalah beberapa hal penting dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Singkat dan Jelas

Berbeda dengan surat lainnya, surat lamaran kerja menjadi jenis surat formal yang memiliki tujuannya sendiri sesuai dengan pembuat / penulis surat tersebut. Mengingat yang akan anda buat adalah surat lamaran kerja di bank maka sudah semestinya anda membuatnya dengan singkat dan jelas, dalam hal ini anda bisa menghindari tulisan – tulisan yang tidak terlalu penting ketika membuat surat lamaran kerja.

Yang perlu anda tuliskan hanyalah pengalaman kerja, identitas, serta kemampuan atau skill yang anda miliki. Buatlah semua poin tersebut dalam format yang singkat namun menarik untuk dibaca, karena dengan begitu maka surat lamaran kerja anda bisa mencuri perhatian HRD di bank tempat anda melamar.

Utamakan Ketelitian

Kita semua memahami bahwa pada kondisi menganggur tentu membuat surat lamaran dalam jumlah yang banyak menjadi opsi yang tak terbantahkan, apalagi jika dalam satu waktu terdapat beberapa perusahaan sekaligus yang akan anda kirimkan surat lamaran kerja maka anda pun pastinya akan membuat lebih banyak surat sekaligus.

Namun perlu diingat, cara seperti ini secara tak langsung akan membuat kesan personal dari surat lamaran tersebut menjadi hilang. Maka untuk menghindari kesalahan dalam pembuatan surat lamaran kerja, jangan pernah sekalipun melakukan copy paste pada seluruh isi dari surat lamaran, termasuk menyebutkan nama perusahaan atau bank yang anda tuju dengan benar. Tak lupa juga untuk menuliskan posisi yang anda lamar di bank tersebut secara lengkap dan jelas.

Sampaikan Rasa Antusias

Menyampaikan emosi atau perasaan juga tidak hanya bisa dilakukan secara lisan, namun melalui tulisan pun anda tetap bisa melakukannya asalkan mengetahui cara bagaimana menyampaikan perasaan tersebut. Sama halnya ketika anda membuat surat lamaran kerja, maka penting bagi anda untuk masukkan rasa antusias anda untuk bisa bergabung dengan bank yang anda lamar.

Beasiswa Bergengsi  Contoh Artikel Ilmiah Singkat dan Terpopuler

Dengan menunjukkan antusiasme anda maka pihak HRD yang membacanya pun akan menilai jika anda adalah calon karyawan yang tepat dan pribadi yang siap untuk bekerja.

Struktur Surat Lamaran Kerja Bank

Selain semua hal di atas, ada beberapa hal yang tak kalah pentingnya dalam membuat surat lamaran kerja. Berikut ini adalah struktur pembuatan surat lamaran kerja di bank sesuai urutannya.

Penerima Surat

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tujuan atau siapa penerima dari surat lamaran kerja tersebut, artinya anda harus mengetahui lebih dulu siapa atau jabatan apa yang nantinya akan menerima surat kiriman anda. Biasanya hal ini kerap tercantum di iklan lowongan kerja dari bank tersebut, misalnya seperti tim HRD, Manager, atau jabatan lainnya. Selain itu, wajib pula bagi anda untuk menuliskan wilayah operasional atau kantor cabang bank mana yang akan anda lamar.

Maksud dan Tujuan

Disadari atau tidak, surat lamaran kerja merupakan media untuk menjelaskan maksud dan tujuan anda dalam melamar suatu pekerjaan di perusahaan atau bank yang anda tuju. Dengan kata lain, menyampaikan maksud dan tujuan anda dalam surat lamaran kerja akan membuat pihak HRD atau siapa pun yang membacanya langsung bisa memahami alasan dan motivasi, serta latar belakang yang membuat anda ingin melamar kerja di sana.

Informasi Pribadi

Salah satu cara memperkenalkan diri melalui surat lamaran kerja adalah pada muatan informasi pribadi yang anda tuliskan dalam surat tersebut. Dengan adanya data diri anda yang lengkap, maka pihak HRD akan lebih mudah mengetahui siapa pembuat atau pelamar kerjanya.

Selain itu, pihak perusahaan atau bagian HRD akan lebih mudah ketika ingin menghubungi anda melalui kontak pribadi yang tertera dalam surat lamaran tersebut. Kendati demikian, data pribadi yang ditulis hanyalah mencakup pada data yang dianggap penting saja, seperti misalnya nama lengkap, alamat, kontak yang bisa dihubungi, serta pendidikan terakhir.

Prestasi dan Skill

Sudah menjadi budaya di Indonesia di mana orang – orangnya cenderung untuk merendah dan tidak ingin menyombongkan diri sendiri, namun sifat seperti ini nampaknya harus dihilangkan ketika membuat surat lamaran kerja, terlebih jika anda membuatnya untuk bisa bekerja di bank.

Menuliskan semua pencapaian, prestasi dan skill yang anda miliki akan sangat membantu HRD yang membaca surat lamaran kerja anda. Dengan adanya catatan ini maka surat lamaran kerja anda akan memberikan kesan yang mendalam pada pembacanya, sehingga anda pun akan dinilai lebih cakap dan memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh bank tersebut.

Akhiri dengan Terimakasih

Menjadi bagian yang tak terpisahkan, memberikan ucapan terima kasih di akhir surat lamaran kerja akan memunculkan gambaran betapa besarnya harapan anda untuk bisa bekerja dan mengisi posisi yang dilamar. Dengan kata lain, akhir surat lamaran seperti ini akan membuat HRD melihat adanya keseriusan anda dan sisi profesional dalam diri anda.

Beasiswa Bergengsi  Contoh Daftar Riwayat Hidup untuk Fresh Graduated dan Profesional

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Setelah mengetahui semua hal penting di atas, mari tengok beberapa contoh surat lamaran kerja di bank berikut ini sebagai referensi bagi anda untuk membuat dalam versi anda sendiri.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank BNI

Denpasar, 21 Desember 2022

 

Hal : Lamaran Pekerjaan

Lampiran : 6 Lembar

 

Kepada Yth.

Staff Personalia Bank BNI

Di Tempat

 

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui media cetak dan akun resmi PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk terkait program Walk Interview pada Lowongan Kerja di Kantor Cabang Bank BNI Denpasar per tanggal 10 Desember 2022, bersama surat ini saya berniat untuk mengajukan diri melamar pekerjaan pada posisi Analis Data di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Berikut adalah data diri saya:

Nama                                  : Adi Rey. S.E,

Tempat, tanggal lahir      : Denpasar, 14 Februari 1998

Status                                  : Belum Menikah

Pendidikan Terakhir        : S1 Ekonomi Pembangungan

Alamat                                : Jl. Nusantara Indah No 21, Denpasar

No. HP                                 : 0811 0811 0822

Email                                   : adireyrey@yahoo.com

Saya merupakan Alumni dari Program Studi Ilmu Ekonomi Pembangunan di Universitas Padjajaran Bandung yang lulus tahun 2021 dengan IPK 3.07. Saya ahli dalam membaca serta menganalisis data, dan mampu bekerja di bawah tekanan baik secara individu maupun di dalam tim.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :

Fotokopi KTP

Daftar Riwayat Hidup

Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai Terakhir

Pas Foto 4 x 6

Fotokopi Piagam Penghargaan

Fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Fotokopi Surat Keterangan Sehat

Fotokopi Sertifikat IELTS

Besar harapan bagi saya agar Bapak / Ibu memperkenankan saya untuk mengikuti tes wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan lebih detail mengenai potensi diri yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

 

Denpasar, 21 Desember 2022

 

Adi Rey. S.E

—————————————————————————-

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank BCA

Sidoarjo, 14 Desember 2022

 

Perihal : Lamaran Pekerjaan

 

Kepada Yth,

HRD Bank BCA Kantor Cabang Sidoarjo

di Pasuruan

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan info yang saya dapatkan melalui media sosial tentang kaitannya bahwa Bank BCA Kantor Cabang Sidoarjo tengah membuka lowongan pekerjaan untuk posisi teller. Maka, saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama                                  : Anwar Fuad

Tempat / Tgl Lahir           : Pasuruan, 12 Januari 1995

Jenis Kelamin                     : Perempuan

Pendidikan terakhir         : S1 Pertanian

Telp                                     : 08111112222

Alamat                                : Jl. Mayjen Soetoyo, No. 15, Kota Sidoarjo

Bermaksud untuk mengajukan diri melamar pekerjaan di Bank BCA Kantor Cabang Sidoarjo sebagai teller sebagaimana yang Bapak / Ibu butuhkan.

Adapun untuk pengalaman kerja, saya pernah bekerja di salah satu bank swasta di Kota Malang selama 2 tahun. Ada pula pengalaman lainnya seperti seminar dan workshop yang pernah saya ikuti sebelumnya terkait dengan dunia perbankan.

Beasiswa Bergengsi  Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret Semua Posisi

Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan beberapa dokumen antara lain:

Fotocopy KTP

Daftar Riwayat Hidup

Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai Terakhir

Pasfoto Ukuran 4 x 6

Fotocopy SKCK

 

Besar harapan bagi saya untuk dapat bergabung sebagai teller di Bank BCA Kantor Cabang Pasuruan. Atas perhatian Bapak / Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Anwar Fuad


Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank BRI

Malang, 16 Desember 2022

 

Perihal: Lamaran Pekerjaan

 

Kepada

Yth. Bapak/Ibu Kepala Personalia

  1. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Malang

di Tempat

 

Dengan hormat,

Sebagaimana informasi yang ada di Koran Kompas tertanggal 11 Desember 2022, bahwa PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. tengah membuka lowongan kerja.

Berdasarkan informasi tersebut maka saya ajukan permohonan lamaran kerja sebagai pegawai di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. untuk bagian frontliner.

 

Berikut data pribadi saya:

Nama                                  : Varhan Abbat

Tempat/Tanggal Lahir     : Jayapura, 11 Maret 1995

Pendidikan Terakhir        : D3 Perbankan

Alamat                                : Jl. Sunan Giri no. 5 a, Malang

Telepon/Hp                        : 08111222333

Email                                   : varhanababatman@yahoo.com

 

Sebagai bahan pertimbangan Bapak / Ibu, berikut saya sertakan data pendukung:

Daftar riwayat hidup

Fotokopi KTP

Foto berwarna 4×6

Fotokopi ijazah dan transkrip nilai legalisir

Surat keterangan belum menikah

 

Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat, besar harapan saya agar bisa diterima sebagai pegawai di lingkungan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak / Ibu, saya aturkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Varhan Abbat


Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank Mandiri

Pekalongan, 1 Desember 2022

 

Kepada Yth,

HRD Bank Mandiri Cabang Wonosobo

Jl. Sumbing No. 18, Wonosobo

 

Lampiran: 5 (lima) lembar

Hal: Surat lamaran kerja

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan iklan lowongan pekerjaan di Koran Sindo terkait dibukanya lowongan kerja di Bank Mandiri Cabang Wonosobo untuk bagian Teller, maka dengan ini saya berniat mengajukan surat lamaran kerja guna dapat mengisi posisi tersebut.

Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama                                  : Maulita Diniyah

Tempat/Tanggal Lahir     : Surabaya, 12 Juni 1993

Jenis Kelamin                     : Perempuan

Pendidikan Terakhir        : S1 Manajemen, Universitas Muhammadiyah Gombong

Alamat                                : Jl. Martaridja no 8, Pekalongan

Agama                                : Islam

No Telepon                        : 0811-2222-3333

E-mail                                  : maulitacutediniyah@ymail.com

 

Bersamaan dengan surat ini, berikut saya lampirkan dokumen yang dibutuhkan:

Fotocopy ijazah

Fotocopy transkrip nilai akademik

Daftar riwayat hidup

Fotocopy SKCK legalisir

Pasfoto berwarna terbaru 4×6

Surat pengalaman kerja

 

Demikian surat lamaran kerja dibuat sesuai kondisi yang sebenarnya. Atas perhatian dan kerjasama Bapak / Ibu, saya haturkan banyak terima kasih.

 

Pekalongan, 1 Desember 2022

Hormat saya,

Maulita Diniyah


Itulah beberapa contoh surat lamaran pekerjaan di bank yang bisa menjadi referensi bagi anda. Semoga bermanfaat.

https://www beasiswasarjana com/3232/4-contoh-surat-lamaran-kerja-di-bank-lengkap-dengan-tips-dan-cara-membuatnya/ -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *