Beasiswa Kuliah S1 di University of Oregon AS

Kabar gembira bagi anda yang selama ini selalu memimpikan untuk berkuliah di Amerika, karena saat ini University of Oregon (UO) telah membuka program bertajuk International Cultural Service Program (ICSP) Scholarships.

Ini merupakan program bantuan pendidikan yang terbuka bagi mahasiswa internasional yang ingin menempuh pendidikan gelar sarjana (S1) di UO, program beasiswa ICSP juga sekaligus ditujukan bagi mahasiswa berprestasi dan membutuhkan bantuan berupa dukungan keuangan agar bisa melanjutkan studi.

Program beasiswa yang kental dengan unsur kebudayaan ini telah ada sejak tahun 1982 dan terbukti sukses memberikan pengaruh kepada para pelajar di usia sekolah dasar sampai dengan menengah atas, termasuk organisasi, lembaga keagamaan, dan kelompok masyarakat lainnya.

Dalam program ini, setiap penerima beasiswa nantinya tidak hanya sekedar menempuh pendidikan kuliah saja tetapi juga diwajibkan untuk mengenalkan budaya dari negara asalnya masing – masing dan berinteraksi dengan baik antar budaya lainnya.

Cakupan Beasiswa

Mengutip dari laman resminya, program beasiswa ICSP nantinya akan memberikan bantuan berupa keringanan biaya kuliah sebagian atau parsial (mulai dari $ 9 ribu hingga $ 35 ribu per tahun). Adapun jumlah besaran beasiswa yang akan diberikan adalah sama setiap semesternya.

Nantinya para penerima beasiswa juga akan dilibatkan dengan layanan dan berbagai kegiatan budaya lainnya di Amerika Serikat, seperti acara penyampaian atau memberikan demonstrasi di sekolah – sekolah atau pun kelompok masyarakat mengenai warisan dan budaya di negara asal, atau bisa juga berpartisipasi di berbagai event internasional yang diselenggarakan kampus.

Kriteria Penerima Beasiswa

Berikut ini adalah sejumlah kriteria para penerima beasiswa University of Oregon US.

  • Bisa menunjukkan kebutuhan keuangan
  • Memiliki pengalaman dan pernah berpartisipasi dalam kegiatan budaya
  • Memiliki keterampilan dan kinerja yang baik dalam presentasi
  • Memiliki catatan akademik yang bagus
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
  • Menguasai bahas Inggris dengan hasil ujian dari TOEFL / IELTS / Duolingo English Test (kode TOEFL 4846)

Persyaratan Beasiswa

Selain semua kriteria di atas, beberapa persyaratan juga wajib dipenuhi oleh semua calon pendaftar, dan berikut di antaranya.

  • Pendaftar merupakan mahasiswa di University of Oregon atau bagi mahasiswa baru wajib mendaftar lebih dulu di UO sebelum tanggal 15 Januari 2023
  • Mahasiswa internasional dan bukan warganegara AS / penduduk tetap AS / berhak menerima bantuan dana federal AS
  • Harus membuktikan kebutuhan biaya
  • Memiliki IPK minimal 3.50 atau setara dengan nilai 8 pada ujian akhir

Alur Pendaftaran

Setelah pendaftar telah dinyatakan diterima di UO, maka wajib mendaftaran diri di program ICSP Scholarship (secara online) dengan melengkapi seluruh dokumen yang dibutuhkan melalui laman connect.uoregon.edu/apply. Adapun batas akhir pengumpulan dokumen beasiswa ICSP adalah tanggal 17 Februari 2023.

Demikian lah informasi beasiswa ICSP dari University of Oregon untuk tahun 2023. Bagi anda yang merasa memenuhi semua persyaratan dan kriteria di atas maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti seleksi dalam penerimaan beasiswa ICSP Scholarship, karena siapa tahu keinginan anda untuk bisa berkuliah di Amerika Serikat tidak hanya sebatas impian saja tetapi juga bisa menjadi kenyataan.

Untuk info selengkapnya bisa anda akses langsung melalui laman  resminya di admissions.uoregon.edu/international. Selamat mencoba.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment