4 Contoh Paper Kuliah Sebagai Referensi Membuat Tugas

4 Contoh Paper Kuliah Sebagai Referensi Membuat Tugas

Tugas paper hadir dalam perkuliahan yang ditujukan bagi mahasiswa agar dapat melatih keterampilannya dalam berpikir kritis dan bisa memecahkan masalah secara mandiri. Namun, ternyata masih banyak mahasiswa, terutama mahasiswa baru yang kebingungan tentang bagaimana cara membuat paper dengan benar.

Tak bisa dipungkiri, menyusun paper kuliah memang memerlukan pengetahuan tentang penyusunan itu sendiri. Mirip seperti dalam pembuatan makalah, sejumlah bab perlu disusun secara sistematis dan menghadirkan latar belakang hingga solusi termasuk kesimpulan dan saran dalam paper kuliah itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami bagikan beberapa contoh paper kuliah yang bisa menjadi referensi bagi anda.

Daftar Isi Lihat

Apa Saja Contoh Paper Kuliah?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, membuat paper kuliah memerlukan acuan tersendiri dalam penyusunannya. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh paper kuliah yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi anda, sehingga anda pun bisa membuatnya sendiri dengan mudah jika tiba – tiba ada tugas membuat paper dari kampus anda.

Contoh Paper Kuliah Hukum

HUKUM PERDATA DI INDONESIA

BAB I: PENDAHULUAN

Latar Belakang

Hukum adalah peraturan baik ataupun tidak tertulis yang memiliki sanksi jika dilanggar, karena hukum bertujuan membuat keadaan menjadi teratur. Hukum sendiri dibagi menjadi 2, yaitu hukum pidana dan perdata.

Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan paper ini ialah untuk memperkenalkan lebih jauh kepada masyarakat mengenai pengertian hukum perdata dan seperti apa sistem yang berlaku di Indonesia.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang menjadi fokus penulisan ini adalah mengetahui sejarah hukum perdata di Indonesia, pengertian, serta sistematika hukum perdata dan contoh kasusnya.

BAB II: PEMBAHASAN

Pengertian Hukum Perdata

Ada 2 pendapat tentang pengertian hukum perdata di Indonesia, yaitu :

Menurut undang – undang

  • Buku I, berjudul “perihal orang”(van persoonen) memuat hukum perorangan dan kekeluargaan.
  • Buku II, berjudul “perihal benda”(van zaken) memuat hukum benda dan waris.
  • Buku III, berjudul “perihal perikatan”(van verbinennisen) memuat hukum harta kekayaan.
  • Buku IV, berjudul “perihal pembuktian dan kadaluwarsa”(van bewjis en verjaring) memuat alat – alat pembuktian dan akibat kadaluarsa terhadap hubungan – hubungan hukum.
Beasiswa Bergengsi  Contoh Artikel Ilmiah Singkat dan Terpopuler

Menurut ilmu hukum

  • Hukum tentang diri sendiri. Mengatur tentang manusia sebagai subjek hukum dan tentang perihal kecakapan dalam bertindak.
  • Hukum kekeluargaan. Mengatur perihal hukum yang timbul dari perkawinan, hubungan antara orang tua dengan anak, perwalian dan lainnya.
  • Hukum kekayaan. Mengatur perihal hubungan hukum yang bisa diukur dengan uang dan hak mutlak yang memberikan kekuasaan atas suatu benda atau dinamakan hak kebendaan, seperti hak seseorang pengarang atas karangannya, atau hak seseorang atas pendapat dalam ilmu pengetahuan atau hak pedagang untuk memakai sebuah merk.
  • Hukum warisan. Mengatur tentang benda atau kekayaan seseorang jika dia sudah meninggal dunia dan mengatur perihal akibat – akibat dari hubungan keluarga terhadap harta peninggalan seseorang.

Pengertian Sumber Hukum Perdata

Sumber dalam Arti Formal

Sumber hukum perdata dalam arti formal adalah hukum perdata yang dibuat oleh pemerintah kolonial belanda yang terhimpun dalam BW atau KUHPdt. Berdasarkan aturan peralihan UUD45, sumber dalam arti pembentukanya adalah pembentuk UU berdasarkan UUD45. UUD45 ditetapkan oleh rakyat Indonesia yang di dalamnya ada aturan peralihan.

Atas dasar aturan peralihan itu, BW atau KUHPdt dinyatakan tetap berlaku. Jadi, bentuk UUD Indonesia ikut menyatakan berlakunya BW atau KUHPdt. Sumber dalam arti sejarah dan pembentuknya ini disebut dengan sumber dalam arti formal.

Sumber dalam Arti Material

Sumber dalam arti material adalah lembaran Negara yang berupa rumusan ketentuan UU hukum perdata yang bisa dibaca oleh umum, misalnya UU perkawinan dan lainnya. Selain itu, keputusan hakim (Yurispudensi) termasuk dalam sumber dalam arti material, karena juga bisa dibaca, misalnya Yurispudensi MA tentang warisan, badan hukum, dan lain – lain.

Sumber hukum perdata umumnya masih berupa bekas peninggalan zaman kolonial, terutama dalam staatsblad.Sedangkan yang lainnya sebagian besar merupakan Yurisprudensi Mahkamah Agung R.I. dan sebagian kecil adalah lembaran negara yang memuat hukum perdata nasional RI.

BAB III: PENUTUP

Kesimpulan

Hukum perdata adalah hukum yang mengatur hubungan antar perorangan dalam kehidupan masyarakat. Hukum perdata dalam arti luas ialah bahan hukum sebagaimana yang tertera dalam KUHPER (BW), Kitab Undang – Undang hukum dagang (WVK) beserta sejumlah undang – undang tambahan lainnya.

Hukum perdata dalam arti sempit ialah sebagaimana yang terdapat dalam KUHPER (BW). Subekti mengatakan, hukum Perdata dalam arti luas ialah meliputi semua hukum privat materiil, yaitu hukum yang mengatur kepentingan perorangan. Adapun hukum perdata dalam arti sempit ialah sebagai lawan dari hukum dagang.

Contoh Paper Kuliah Pemasaran Syari’ah

MANAJEMEN PEMASARAN SYARI’AH

BAB I: PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perkembangan perekonomian yang pesat khusunya di daerah perkotaan, mengharuskan perusahaan barang dan jasa untuk terus melakukan manajemen pemasaran yang tepat agar bisa menguasai pangsa pasar dengan baik. Perusahaan juga harus membuat strategi yang jitu agar bisa memenangkan persaingan pasar yang semakin ketat.

Perusahaan sebaiknya melakukan perubahan besar dalam kegiatan marketing syari’ah, apalagi di masa sekarang, marketing syari’ah sudah diminati di berbagai kalangan pengusaha. Marketing syari’ah adalah seperangkat alat yang terdiri dari produk barang dan jasa, harga, dan promosi yang dikelola agar semakin baik dan cepat mencapai tujuan.

Rumusan Masalah

Bagaimana sistem pemasaran syari’ah?

Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan ini ialah untuk mengetahui pengertian manajemen pemasaran syari’ah.

BAB II: PEMBAHASAN

Pembahasan

Pemasaran syariah merupakan strategi bisnis untuk terciptanya penawaran sesuai dengan akad dan prinsip – prinsip muamalat dalam Islam. Dalam pemasaran syariah tidak berorientasi pada laba, namun lebih banyak mengandung nilai – nilai ibadah di dalamnya. Pengertian tersebut didasarkan pada sebuah kaidah fikih yang mengatakan:

Beasiswa Bergengsi  4 Contoh Cerpen Menarik dan Penuh Makna

al – muslimuuna‘alaa syuruuthihim illa syarthan harroma halaalan aw ahalla haraaman

yang artinya: setiap kaum muslimin terikat dengan kesepakatan bisnis yang telah dibuat, namun bukan (kesepakatan) dengan cara mengharamkan yang halal atau sebaliknya (menghalalkan yang haram).

Dalam hal ini, berarti pemasaran syariah tidak boleh ada hal – hal bertentangan dengan akad dan prinsip – prinsip muamalah. Dengan adanya hal ini, maka dijamin tidak akan ada penyimpangan dalam kegiatan muamalat dan dalam bentuk transaksi apapun dalam marketing diperbolehkan, selama dianggap halal dalam islam.

Konsep dalam pemasaran syariah semuanya bersumber dari Alquran dan Hadis nabi, baik hadis yang bersifat qouli, fi’li, maupun taqriri (persetujuan nabi terhadap perbuatan para sahabatnya).

BAB III: PENUTUP

Kesimpulan

Pemasaran syari’ah harus mengikuti pedoman hukum islam dalam setiap transaksinya, agar bisa tercipta penawaran barang dan jasa sesuai ajaran agama islam. Etika pemasaran syari’ah menjadikan prinsip dan nilai dasar ekonomi Islam sebagai pedoman yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan di dunia (materi) dan akhirat (surga).

Contoh Paper Kuliah Kepemimpinan

KUALIFIKASI YANG HARUS DIPENUHI SEORANG PEMIMPIN/MANAJER

BAB I: PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kepemimpinan adalah proses yang dilakukan oleh seorang manajer perusahaan untuk mengarahkan para bawahannya dalam kegiatan yang berhubungan dengan tugas pekerjaan, agar para bawahannya tersebut mau bekerja dengan seluruh kemampuannya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan perusahaan.

Kepemimpinan memiliki peranan penting dalam kelompok terkecil sekalipun, apalagi dalam sebuah perusahaan, kepemimpinan menjadi hal paling utama. Seorang pemimpin dalam perusahaan harus mengetahui apa tujuan yang ingin dicapai dari perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, seorang pemimpin harus mampu mengarahkan para anggotanya untuk melaksanakan tugas dengan baik, sehingga tujuan – tujuannya bisa terlaksana dengan baik dan bisa memajukan perusahaan.

Rumusan Masalah

  • Apa yang dimaksud dengan atasan?
  • Kualifikasi apa saja yang harus dimiliki seorang manajer?

Tujuan

  • Untuk mengetahui pengertian kepemimpinan
  • Untuk mengetahui kualifikasi yang harus dimiliki oleh pemimpin

BAB II: PEMBAHASAAN

Pengertian Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah ilmu yang mengkaji tentang cara mengarahkan dan mempengaruhi orang lain dalam mengerjakan tugas sesuai perintah yang direncanakan. Pemimpin juga mempunyai tanggung jawab untuk membuat bawahannya lebih solid dalam bekerja, seperti memberi motivasi secara penuh.

Kualifikasi yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin/Manajer

Kualifikasi kepemimpinan ini memungkinkan seorang manajer memainkan perannya dengan baik dalam kondisi dan masalah yang dihadapi, antara lain:

  • Kepribadian yang Baik

Perilaku seorang pemimpin akan menjadi contoh bagi bawahannya. Oleh karena itu, pemimpin harus memiliki perilaku yang terpuji. Dengan kepribadian yang baik, hal ini akan menciptakan kebiasaan yang baik pula. Jika seorang pemimpin dalam perusahaan tidak memiliki perilaku terpuji, lalu akan jadi apa perusahaan kedepannya nanti?.

  • Hasrat Melayani Bawahan

Seorang pemimpin juga harus percaya pada bawahannya, mendengarkan pendapatnya, membantu, dan menjelaskan kepada bawahan jika mereka belum paham tentang tugasnya, serta mengembangkan keterampilan mereka agar mereka memperoleh keberhasilan dalam karirnya.

  • Memahami Kondisi Lingkungan

Seorang manajer harus memiliki mengerti tentang kondisi di lingkungan sekitarnya, baik itu lingkungan kerja maupun lingkungan alam. Kedua hal tersebut digunakan untuk mengevaluasi kepentingan dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

  • Sikap Terbuka dan Inovatif

Seorang pemimpin juga harus memiliki sifat terbuka, dia harus memberi inovasi baru untuk kemajuan sebuah perusahaan.

BAB III: PENUTUP

Kesimpulan

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa memengaruhi bawahannya dalam melaksanakan tugasnya. Pengaruh yang kuat dari seorang pemimpin ini akan memengaruhi kelancaran dari kegiatan sebuah perusahaan.

Beasiswa Bergengsi  TOP 50 Topik Pembicaraan Sama Pacar Yang Asik Dan Gak Ngebosenin

Kualifikasi seorang manajer yang bisa memimpin dengan baik diantaranya: memiliki kepribadian terpuji, melayani bawahan, paham kondisi lingkungan, bersikap terbuka dan kreatif, penyampai berita yang efektif dan bisa meyakinkan bawahannya untuk tercapainya suatu target atau tujuan bersama.

Contoh Paper Kuliah Marketing

PERAN WEBSITE SEBAGAI PASAR ONLINE

BAB I: PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kemajuan teknologi saat ini sangat pesat, sehingga kegiatan sehari – hari menjadi mudah dilakukan. Termasuk kegiatan jual beli sudah bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah atau bisa dilakukan tanpa bertatap muka secara langsung. Caranya ialah menggunakan media online yang cukup banyak tersedia, seperti website.

Peran website sebagai pasar online telah dilakukan cukup lama, apalagi belakangan ini sudah semakin marak. Hal ini dikarenakan menggunakan website lebih mudah dari pada harus keluar rumah. Semua transaksi bisa dilakukan cukup dengan smartphone saja.

Hal inilah yang membuat penulis melakukan pra – penelitian mengenai peran website sebagai pasar online. Dari penelitian ini, diharapkan mampu memberikan informasi terkait dengan hal yang penulis teliti.

Rumusan Masalah

Sesuai latar belakang di atas, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu tentang peran website sebagai pasar online.

BAB II: PEMBAHASAN

Pengertian Peran

Peran merupakan kedudukan yang memiliki fungsi pada suatu tempat atau kegiatan, sehingga jika peran dikaitkan dengan media akan menjadi luas artinya.

Pengertian Website

Sedangkan website merupakan media online yang di dalamnya terdapat tulisan, gambar, dan video. Website memiliki kedudukan yang sangat penting dalam kegiatan jual beli.

Pengertian Pasar Online

Pasar online merupakan kegiatan jual beli untuk menemukan pembeli dan penjual tidak secara langsung. Namun, semua kegiatan dan transaksi dalam pasar berlangsung seperti pasar pada umumnya.

Peran Website sebagai Pasar Online

Website memiliki manfaat untuk mengembangkan bisnis, seperti:

  • Branding

Dengan memiliki website,anda bisa menyajikan informasi untuk memperkenalkan merek atau produk yang dipasarkan. Selain itu, dengan website, pelanggan juga bisa lebih percaya dengan bisnis yang sedang anda jalankan, dan anda bisa melakukan komunikasi dua arah dengan website.

  • Media Promosi

Website merupakan media promosi yang murah, efektif, dan efisien. Dengan website, anda bisa memberikan informasi produk, potongan harga, dan lainnya. Jadi, pelanggan bisa menerima informasi dengan cepat dimana saja.

  • Mengenalkan Produk dan Meningkatkan Penjualan

Dengan mengunjungi website, pelanggan bisa mengetahui segala produk dan merek yang anda pasarkan. Jadi, pelanggan bisa segera mengambil keputusan untuk membeli jika ia tertarik atau mencari produk lain melalui situs. Selain informasi produk, anda juga bisa menambahkan sedikit informasi tentang perusahaan.

BAB IV: PENUTUP

Kesimpulan

Kemajuan teknologi membuat peran website dalam proses jual beli sangat besar, karena berperan sebagai tempat jual beli atau pasar online. Saat ini pasar online cukup populer, karena masyarakat lebih memilih sesuatu yang tidak ribet dan lebih modern.

Saran

Dari kesimpulan di atas, penulis ingin memberikan masukan yang membangun, sebagai berikut:

Meski kemajuan teknologi sangat maju, jangan sampai melupakan adanya pasar offline, karena ia harus tetap dilestarikan, dan jangan sampai adanya pasar offline tergantikan dengan website.

Tidak semua produk yang ada dalam website adalah produk atau jasa yang baik, sehingga perlu selektif dalam memilh agar tidak rugi. Apalagi saat ini sangat marak dengan adanya penipuan. Jadi, lakukan survei terlebih dahulu pada beberapa website sebelum membeli atau mempercayai produk dalam website tersebut.

https://www beasiswasarjana com/3209/4-contoh-paper-kuliah-sebagai-referensi-membuat-tugas/ -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *