Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Telah Dibuka

Kabar baik datang dari Pertamina Foundation, karena kali ini tengah dibuka program bertajuk Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Ini merupakan program yang dikhususkan bagi mahasiswa dengan kemampuan leadership yang tinggi dan berjiwa sosial serta peduli terhadap lingkungan sekitar, khususnya bagi mahasiswa di Universitas Negeri Solo (UNS).

Seperti yang disampaikan oleh Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud, yang menyebut jika program beasiswa Pertamina Sobat Bumi akan diberikan hanya untuk 10 mahasiswa terpilih di UNS.

Agus juga mengungkapkan bahwa beasiswa dari Pertamina Foundation saat ini diberikan sesuai dengan tema Lesson Learn, yakni Peluang dan Tantangan Civitas Akademika UNS untuk Menghadapi Transformasi Energi Terbarukan. Ia mencontohkan, mahasiswa dapat membuat solar cell untuk kebutuhan masyarakat yang belum mendapat akses energi listrilk, atau tenaga hydro air untuk menciptakan listrik bagi masyarakat terisolir khususnya sebagai penerangan di tempat – tempat umum.

Lebih lanjut, Agus juga mengatakan bahwa program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi saat ini masih diprioritaskan bagi kalangan mahasiswa kurang mampu atau memiliki keterbatasan ekonomi. Bahkan ia juga turut menyinggung tentang program beasiswa dari Pertamina yang dialokasikan untuk mahasiswa tidak mampu yang terkena covid. Menurutnya, total sejak tahun lalu sudah ada 20 kuota beasiswa yang disalurkan dengan 70 persen di antaranya merupakan mahasiswa tidak mampu.

Cakupan Beasiswa

Dalam kesempatannya, Agus juga menjelaskan cakupan dari program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi yang akan memberikan sejumlah manfaat, berikut di antaranya.

  • Bantuan biaya kuliah (UKT) hingga senilai Rp 5 juta per semester
  • Tunjangan biaya hidup sebesar Rp 500 ribu per bulan
  • Berpartisipasi dalam kegiatan Aksi Sobat Bumi yang diselenggarakan oleh Pertamina Foundation
  • Mengikuti program pelatihan Peningkatan Kapasitas secara regular.

Demikian lah informasi beasiswa terbaru dari Pertamina Foundation. Bagi anda yang saat ini sedang menempuh kuliah di UNS dan tertarik untuk mengikutinya, segera daftarkan diri anda di sini sebelum kuota habis. Selamat mencoba.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment