Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Presentasi Mudah Dipahami

Bagi anda yang sudah terbiasa melakukan presentasi, membuka dan menutup presentasi pastinya menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Namun lain halnya jika anda baru pertama kali melakukan presentasi, mungkin akan ada kebingungan dalam merangkai kalimat sehingga membuat audiens jadi kurang tertarik pada presentasi anda.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh kalimat pembuka dan penutup presentasi yang bisa anda ikuti.

Bagaimana Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Presentasi?

Sebagaimana diketahui, pembukaan presentasi yang baik adalah bertujuan agar audiens bisa lebih memperhatikan presentasi. Berikut ini beberapa contoh kalimat pembuka dan penutup presentasi yang baik dan benar :

Contoh Pembukaan Presentasi Umum

Assalamualaikum wr.wb. Puji syukur atas nikmat yang Tuhan limpahkan, sehingga kita bisa berkumpul pada pagi hari ini dalam keadaan sehat. Selama 30 menit ke depan, saya akan menjelaskan kepada anda semua mengenai Perencanaan Keuangan dalam Rumah Tangga agar keluarga anda bisa hidup sejahtera.

Pada akhir presentasi, Bapak dan Ibu akan memahami banyak manfaat dari perencanaan keuangan dalam rumah tangga dan kiat – kiat yang bisa dilakukan agar perencanaannya bisa berjalan maksimal dan minim hambatan.

Contoh Pembukaan Presentasi dengan Perkenalan

Halo semuanya, perkenalkan saya Putra dari jurusan IPA. Pagi ini saya ingin mempresentasikan mengenai sistem organ tubuh selama 30 menit ke depan. Bagi teman – teman yang ingin bertanya bisa disampaikan di akhir pembahasan.

Contoh Pembukaan Presentasi dengan Pertanyaan

Selamat pagi hadirin yang berbahagia, perkenalkan saya Danu. Saya akan membahas kondisi pariwisata di daerah Bali. Sebelumnya, apakah hadirin ada yang pernah berwisata ke daerah Bali?

Contoh Pembukaan Presentasi Kelompok

Hal penting dalam pembukaan presentasi kelompok ialah dengan menyebutkan siapa saja anggota kelompoknya, agar tercatat juga dalam penilaian, contohnya :

Perkenalkan, saya Riki yang bertugas sebagai moderator dalam diskusi materi Ilmu Komputer ini. Adapun anggota kelompok saya terdiri dari Andre, Andi, dan Fahrul. Baik teman – teman, langsung saja kita mulai sesi yang pertama, yaitu pembukaan dengan mengucapkan basmalah bersama – sama. Selanjutnya penyampaian materi, saya persilakan Andre untuk membacakan materi.

Contoh Pembukaan Presentasi Seminar

Assalamualaikum wr.wb. Salam sejahtera bagi kita semua. Puji syukur atas nikmat yang telah Tuhan limpahkan, sehingga kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat pada pagi hari ini. Selama 50 menit ke depan saya akan mempresentasikan kepada anda semua mengenai Quarter Life Crisis.

Tujuan utama presentasi ini ialah agar bisa membuka mata hati, batin dan semangat bapak dan ibu sekalian dalam menjalani hidup dengan baik dan penuh rasa syukur.

Bagaimana Cara Menutup Presentasi dengan Baik dan Benar?

Berikut ini adalah beberapa cara penyampaian dan pilihan kalimat yang bisa diterapkan ketika anda hendak menutup presentasi :

Berikan Tanda Ketika Menutup Presentasi

Sebagai presenter yang baik, anda harus memberikan tanda ketika hendak menutup presentasi. Hal ini bertujuan agar audiens mengetahui bahwa presentasi tersebut akan segera berakhir. Selain itu, memberikan tanda penutupan presentasi akan membuat audiens kembali bersemangat karena presentasi akan berakhir. Beberapa contoh kalimatnya ialah :

  • Sebagai bagian dari penutupan…
  • Sebelum mengakhiri presentasi pada hari ini, marilah kita ringkas beberapa hal penting…

Melakukan Power Closing

Bagian pembuka dan penutup presentasi akan memberikan kesan mendalam bagi para audien. Oleh karena itu, anda harus menutup presentasi dengan kalimat penutup presentasi yang tegas. Hal ini dilakukan agar audiens mudah mengingat atau sekedar membangkitkan emosi setelah presentasi selesai.

Beberapa teknik yang umum digunakan dalam power closing yaitu dengan menggunakan kutipan, cerita, dan memberikan call to action kepada audiens. Dengan begitu, presentasi yang anda lakukan bisa semakin efektif dan sukses.

Memberikan Pernyataan Inspiratif

Para hadirin, kita telah mengetahui bahwa motivasi sangat berpengaruh bagi kesuksesan seseorang. Saya sendiri telah membuktikan, bahwa dengan mimpi atau keinginan yang kuat bisa mengubah hidup ke arah yang lebih baik. Jadi, mulai saat ini anda harus bisa membuktikannya juga.

Menyampaikan Ringkasan Poin Penting

Akhirnya kita sudah sampai di penghujung presentasi. Ada beberapa poin penting yang perlu diingat, seperti pentingnya melakukan investasi sejak dini. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tapi untuk menjamin kehidupan keluarga anda di masa depan.

Mengingatkan Hal Penting untuk Audiens

Sebelum presentasi siang hari ini diakhiri, saya ingin mengingatkan kembali kepada hadirin untuk saling menjaga kesehatan dan melakukan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan yang Maha Esa.

Bagaimana Contoh Kalimat Penutup Presentasi yang Menarik?

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat penutup presentasi yang baik dan menarik :

Contoh Penutup Presentasi yang Lucu

  • Sekian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jika ada kekurangan karena kesempurnaan itu lagu milik Rizky Febian.
  • Sekian presentasi yang bisa kami sampaikan, jika ada kesalahan mohon dimaafkan, jika ada yang sayang mohon diungkapkan.
  • Jika ada kekurangan saya mohon maaf, dan jika ada kelebihannya tak usah dikembalikan karena saya ikhlas.

Contoh Penutup Presentasi Formal

Demikian beberapa hal yang bisa saya sampaikan pada siang hari ini. Saya mohon maaf yang sebesar – besarnya jika ada tutur kata dan tindakan yang kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu sekalian. Terimakasih atas kehadirannya, Wassalamualaikum wr.wb.

Terima kasih atas perhatiannya, kurang lebihnya mohon maaf. Mari tutup presentasi hari ini dengan membaca hamdalah bersama – sama.

Contoh Penutup Presentasi Islami

Demikian presentasi yang bisa saya sampaikan. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT saja. Mudah – mudahan teman – teman sekalian mendapatkan manfaat dari apa yang telah saya sampaikan, khususnya bagi diri saya pribadi. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuka dan Menutup Presentasi

Pembukaan dan penutupan presentasi yang baik harus menggunakan kalimat yang jelas dan berhubungan dengan topik presentasi yang dibahas. Ada beberapa jenis pembukaan dan penutupan presentasi yang bisa dipilih oleh presenter seperti yang telah dijelaskan di atas. Hal tersebut bertujuan agar presentasi tidak terkesan membosankan bagi para audien.

Tips yang terakhir, agar kalimat pembukaan dan penutupan presentasi yang anda ucapkan bisa baik dan benar, sebaiknya presenter menuliskan rangkaian presentasi terlebih dahulu pada selembar catatan agar kegiatan presentasi bisa berjalan dengan lancar.

Kesimpulan

Demikian lah penjelasan tentang kalimat pembuka dan penutup dalam presentasi lengkap beserta contohnya. Anda bisa menyesuaikan sendiri jenis pembuka dan penutup presentasi seperti yang anda inginkan, namun tentunya juga harus disesuaikan dengan format acara berlangsungnya presentasi tersebut. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment