Beasiswa untuk Mahasiswa Asal Kota Blitar Segera Dibuka, Ini Syarat dan Dana yang Akan di Terima

Beasiswa untuk Mahasiswa Asal Kota Blitar Segera Dibuka, Ini Syarat dan Dana yang Akan di Terima

Setelah melalui berbagai tahap dan pertimbangan yang matang, akhirnya program beasiswa dari Pemkot Blitar tak lagi bakal diadakan. Ini merupakan program bantuan biaya pendidikan khusus bagi mahasiswa asli dari Kota Blitar dengan tahapan awal yang akan dibuka pendaftarannya tak lama lagi.

Hal tersebut sesuai dengan penjelasan yang diungkapkan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra), Ahmad Tobroni, yang mengatakan bahwa di bulan ini pihaknya telah memastikan jika program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi asal Blitar bisa dimulai, khususnya untuk tahap awal pendaftaran.

Dalam penjelasannya, Tobroni menyebut bahwa pada tahap perdana nantinya akan tersedia kuota beasiswa untuk 25 mahasiswa. Sementara pendaftarannya sendiri hanya dilakukan secara online dengan tujuan agar para calon penerima beasiswa dapat lebih mudah melakukan pendaftaran, termasuk dari pihak penyelenggara sendiri yang dimudahkan dengan sistem tersebut.

Lebih lanjut, Tobroni menjelaskan bahwa dalam program beasiswa nantinya para penerima beasiswa bisa memperoleh bantuan dana pendidikan untuk 1 semester atau 6 bulan dengan besaran Rp 12 juta atau Rp 24 juta untuk 1 tahun.

Persyaratan Beasiswa

Sesuai dengan penjelasan Tobroni, berikut ini adalah sejumlah kriteria atau syarat bagi penerima beasiswa dari Pemkot Blitar.

  • Mahasiswa aktif asal kota Blitar
  • Berkuliah di lembaga pendidikan terakreditasi A
  • Memiliki prestasi yang bagus yang ditunjukkan dari perolehan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
  • Diprioritaskan yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Nuhan Eko yang menjadi Ketua Komisi 1 DPRD Kota Blitar sempat menyoroti program beasiswa ini menyusul tidak adanya kabar kepastian sejak 2 tahun yang lalu.

Hal ini menjadi pertanyaan besar mengingat dana atau anggaran untuk program beasiswa tersebut sebetulnya telah disediakan, karena alasan tersebut maka para dewan pun menyorotinya karena bagaimana pun juga program tersebut merupakan inisiatif dari dewan sendiri untuk membantu meringankan beban para mahasiswa berprestasi yang kekurangan biaya khususnya yang berasal dari kota Blitar.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa D3 Sampoerna Foundation

Di sisi lain, Pemkot Blitar yang harusnya menjadi pelaksana dalam program tersebut berdalih jika regulasi dari provinsi yang tak kunjung turun menjadi salah satu penghambat belum direalisasikannya program beasiswa.

Terlepas dari semua polemik yang pernah terjadi sebelumnya, yang pasti program beasiswa dari Pemerintah Kota Blitar kini mulai terlihat titik terangnya dan akan segera membuka pendaftaran dalam waktu dekat.

Nah, bagi anda yang merasa memenuhi syarat dan kriteria di atas serta tertarik untuk mengikutinya, maka pastikan anda selalu mengupdate informasi tentang beasiswa di sini baik dari Pemkot Blitar atau program beasiswa lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *