JISPA Japan IMF 2023 Bakal Dibuka, Calon Mahasiswa Baru S2 S3 Bersiaplah

JISPA Japan IMF 2023 Bakal Dibuka, Calon Mahasiswa Baru S2 & S3 Bersiaplah

Kabar gembira datang dari Pemerintah Jepang dan International Monetary Fund (IMF) karena dalam waktu dekat kedua pihak tersebut akan kembali membuka pendaftaran untuk beasiswa bertajuk Japan IMF Scholarship Program for Asia (JISPA) Open Track tepatnya di tahun akademik 2023/2024.

Ini merupakan program bantuan pendidikan yang dikhususkan bagi kalangan karyawan pemerintahan junior di kawasan Asia untuk dapat melanjutkan pendidikan di jenjang S2, khususnya bidang ilmu ekonomi di sejumlah universitas terbaik di Jepang.

Dalam JISPA Open Track, para penerima beasiswa / awardee nantinya akan mendapatkan bantuan dana pendidikan langsung dari pemerintah Jepang untuk melangsungkan kuliah di beberapa universitas pilihan, untuk lebih jelasnya berikut adalah daftar univesitas tujuan dengan sejumlah program yang tersedia.

University of Tokyo

Master of Public Policy, Master of Public Policy (International Program), Economic Policy, Finance & Development

  • International University of Japan

Macroeconomic Policy Program, serta Master of Economic Arts

  • Hitotsubashi University

Master of Public Policy / Public Economics, Asian Public Policy Program

  • National Graduate Institute for Policy Studies

Macroeconomic Policy Program, Master of Public Policy, Master of Public Economics, Master of Arts in Public Economics, Required Courses & Policy Paper, Required Courses & Thesis.

Benefit Beasiswa

Berikut adalah beberapa keuntungan / cakupan Beasiswa JISPA Open Track yang bisa didapatkan oleh para penerima beasiswa.

  • Akomodasi tiket pesawat
  • Biaya pendaftaran
  • Tunjangan uang bulanan
  • Biaya tempat tinggal
  • Asuransi kecelakaan dan kesehatan
  • Tunjangan dana riset khusus bagi awardee di jenjang S3.
Beasiswa Bergengsi  Siapkan Beasiswa Untuk Lebih Dari 2.000 Mahasiswa Baru, ULBI Jadi Favorit

Perlu diketahui, dalam program beasiswa ini bantuan hanya akan diberikan selama satu tahun saja. Dengan kata lain, perpanjangan beasiswa hanya bisa dilakukan selama masa studi 2 tahun khusus bagi penerima beasiswa di program S2 atau 3 tahun khusus bagi penerima beasiswa di program S3, tentunya perpanjangan beasiswa ini harus melalui rekomendasi kampus, kinerja, pesertujuan sponsor, serta progres akademik dari penerima beasiswa itu sendiri.

Jadwal Seleksi Beasiswa

Sebagai informasi, bagi calon peserta yang tertarik untuk mengikuti program ini maka bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu pada program beasiswa JISPA 2023 dengan lebih dulu mendaftar di kampus tujuan seperti daftar universitas di atas, berikutnya barulah bisa mendaftar beasiswa JISPA yang akan dibuka pada bulan April 2023 mendatang. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jadwal seleksi beasiswa JISPA 2023 Open Track yang wajib anda tahu.

  • Rilis pendaftaran online di awal bulan April 2023
  • Periode pendaftaran beasiswa pada tanggal 15 April – 1 Juni 2023
  • Tinjauan berkas pendaftaran pada 1 – 20 Juni 2023
  • Seleksi wawancara pada tanggal 21 Juni – 21 Juli 2023
  • Pengumuman penerima beasiswa pada tanggal 31 Juli 2023
  • Batas waktu konfirmasi oleh penerima beasiswa pada tanggal 7 Agustus 2023.

Demikian lah info beasiswa ke Jepang khusus untuk jenjang S2 dan S3 yang akan diselenggerakan oleh Pemerintah Jepang dan IMF 2023.

Meski pendaftaran baru akan dibuka pada bulan april 2023 mendatang namun anda sudah bisa mulai melakukan pendaftaran di kampus tujuan dari sekarang, serta pastikan juga anda bisa memenuhi semua persyaratan dan kriteria yang dibutuhkan. Untuk informasi selengkapnya dapat anda lihat di sini. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *