Program Google untuk Perempuan Indonesia

Mulai dari Pelatihan Hingga Beasiswa, Ini Program Google untuk Perempuan Indonesia

Sebagai raksasa teknologi, Google juga turut berkontribusi di bidang pendidikan. Seperti saat ini, Google kembali memberikan kesempatan bagi perempuan Indonesia yang ingin mendapatkan pendidikan tinggi melalui beasiswa.

Ada beragam program yang diselenggarakan Google untuk mendukung para perempuan agar bisa mendapatkan keahlian dan sertifikasi yang nantinya bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti melamar kerja dan membuka usaha baru.

Dalam programnya, Google membuka lebar peluang bagi siapa pun tanpa membedakan usia dan tempat asalnya. Melalui program ini perempuan bisa mengikuti berbagai kegiatan, mulai dari pelatihan hingga beasiswa yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan diri yang tidak didapatkan dari pendidikan formal.

Berikut ini adalah sejumlah program beasiswa yang bisa diikuti khusus untuk perempuan Indonesia, jangan sia – siakan kesempatan ini.

Program Google untuk Perempuan Indonesia

Bangkit

Yang satu ini merupakan program tahunan yang telah terafiliasi dengan Kampus Merdeka Studi Independen Bersertifikat, di mana program bertajuk Bangkit akan memberikan kesempatan bagi siswa terbaik di Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan di bidang IT sesuai dengan minatnya.

Sebagaimana diketahui, Bangkit merupakan program yang dirancang khusus oleh Google dengan dukungan dari berbagai pihak seperti GoTo, Traveloka, dan Deeptech Foundation. Melalui program ini juga Kemdikbudristek berhasil meluluskan lebih dari 5.000 siswa sejak program ini pertama kali diadakan pada tahun 2019 lalu. Sedangkan untuk tahun ini, program Bangkit akan menerapkan 3 learning path, yakni Machine Learning, Mobile Development, dan Cloud Computing.

Sebagai informasi, untuk lulusan Bangkit di bulan September lalu ada setidaknya 26 % dari total 2.500 siswa adalah perempuan, termasuk 30 % peserta lainnya dengan lebih dari 1.200 siswa yang juga perempuan dengan mengambil modul pembelajaran Machine Learning.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Monash University 2022

Impact Challenge

Melalui Google.org yang merupakan lembaga filantropi raksasa teknologi ini, menghadirkan sebuah program khusus untuk perempuan yang diberinama global Impact Challenge. Program yang pertama kali diadakan pada bulan Maret 2021 lalu tercatat telah menghibahkan pendanaan hingga total senilai USD 25 juta yang ditujukan pada organisasi di bidang kesejahteraan perempuan dan anak perempuan.

Melalui program inilah, organisasi yang bergerak di bidang kesetaraan gender akan diajak untuk menuangkan ide paling berani dan inovatif agar menciptakan realitas ekonomi yang lebih adil, khususnya bagi kalangan perempuan.

FYI, di akhir 2021 lalu, The Asia Foundation menjadi 1 dari 9 representatif di Asia Pasifik yang berhasil memperoleh bantuan pendanaan hingga USD 1 juta dengan meluncurkan proyek pemberdayaan pengelolaan hutan untuk yang pertama kalinya bagi perempuan dan anak perempuan di Indonesia.

Women Founders Academy

Google for Startups sebagai program dari raksasa Goggle juga turut menghadirkan program akselerator yang diperuntukkan khusus bagi para wanita pendiri startup yang ingin terus mengembangkan bisnisnya, terutama yang berada di tahap Seed – Series A dan berlokasi di wilayah Asia Pasifik.

Program bertemakan Women Founders Academy menyiapkan bantuan berupa bimbingan pengembangan keterampilan yang berlangsung selama 12 minggu, dalam program ini setiap peserta akan mendapatkan pelatihan langsung dari para ahli Google termasuk pakar industri yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan demi mengatasi segala tantangan dalam membangun bisnisnya. Tidak hanya itu, Google juga turut menyiapkan bantuan dalam bentuk modal dan pendanaan bagi setiap pesertanya.

Sebagai informasi, program Women Founders Academy 2021 dan 2022 pernah diikuti oleh 4 perwakilan founder perempuan Indonesia, di antaranya PRIEDS management, Aruna, Danacita, dan Krealogi.

Google Career Certificates

Sedikit berbeda dari program lainnya, yang satu ini merupakan program khusus sertifikasi profesional yang diperuntukkan bagi perempuan untuk menyiapkan karier dengan bimbingan oleh para pakar dan praktisi senior di perusahaan Google.

Beasiswa Bergengsi  Politeknik LP3I Kembali Buka Pendaftaran Beasiswa Untuk Mahasiswa Baru, Buruan Daftar

Menariknya, sekarang juga sudah ada modul pelatihan khusus IT support n Data Analytics dalam bahasa indonesia yang khusus dihadirkan untuk para perempuan yang tertarik dengan teknik komputer. Bahkan Google juga telah pemberian setidaknya 5.500 kuota beasiswa yang dihadirkan dalam program Pengembangan Talenta Digital Kreatif melalui Kemenparekraf RI. Ini merupakan program terbuka untuk kalangan pelajar, mahasiswa, dan umum yang ingin belajar atau memperdalam pengetahuannya tentang teknologi informatika.

Tak sampai di situ, perempuan Indonesia yang tertarik untuk merancang produk digital dan memimpin proyek, maka Google Career Certificates juga telah menyiapkan program khusus untuk Desain UX dan Manajemen Proyek yang disajikan dalam bahasa Indonesia.

Generation Google Scholarship

Yang satu ini merupakan program yang khusus ditujukan bagi pelajaran perempuan yang tertarik dan ingin menekuni bidang ilmu komputer, serta memiliki impian untuk menjadi pemimpin industri di masa mendatang.

Tak tanggung – tanggung, Google menyiapkan bantuan pendidikan hingga USD 1.000 atau sekitar Rp 15.4 juta dalam program bertajuk Generation Google Scholarship ini. Adapun dana bantuan yang diberikan dapat digunakan untuk membiayai kuliah, buku, perlengkapan, dan kebutuhan lainnya selama kuliah.

Program Bertajuk Generation Google Scholarship

#JuaraAndroid

Yang satu ini pastinya sangat cocok bagi anda yang tertarik dan ingin mengenal serta mempelajari lebih dalam tentang OS Android, program bertajuk #JuaraAndroid with Compose Camp ini terbuka bagi siapa saja termasuk perempuan indonesia. Menariknya, program yang diselenggarakan oleh Google Developers Indonesia juga saat ini tengah membuka sesi pendaftaran hingga tanggal 30 Oktober 2022 mendatang.

Dalam program ini, tersaji beragam materi tentang pemrograman Android lengkap dengan kegiatan praktik yang direkomendasikan oleh tim Android, meliputi pembuatan layout, merancang navigasi antar layar, serta menghubungkan pemrograman internet.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Beasiswa Dalam dan Luar Negeri 2022

Uniknya, program ini juga terbagi dalam 2 learning path, yakni Android Basics with Compose yang dikhususkan bagi peserta yang baru belajar dan Jetpack Compose for Android Developers yang dikhususkan untuk yang sudah ahli.

#BerubahDigital

Diperkenalkan sejak awal Agustus 2022 lalu, Google yang bekerjsama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menciptakan program bertajuk #BerubahDigital yang ditujukan untuk melatih para pemilik usaha kecil di 10 provinsi di Indonesia.

Program #BerubahDigital rencananya akan mulai dijalankan pada hingga akhir tahun 2022 nanti dengan sistem tatap muka atau secara offline, termasuk membagikan modul yang disusun sesuai dengan program Grow with Google (GWG).

Adapun UMKM yang terdaftar di bawah Kemenkop bisa berkesempatan untuk mendaftar dan mengikuti pelatihan mulai dari strategi konten dan digital marketing, cara menyiapkan eCommerce, cara tetap aman ketika online, hingga cara membuat bisnis agar terdaftar dan muncul di Google Search maupun Google Maps. Program ini juga tentunya terbuka bagi semua perempuan di indonesia yang memiliki usaha kecil menengah.

Hebatnya lagi, seluruh peserta juga berkesempatan untuk dapat berinteraksi langsung dengan para fasilitator Google, di antaranya seperti perwakilan dari program Gapura Digital, Women Will, dan Digital Entrepreneurship Academy.

Itulah beberapa program beasiswa dan pelatihan dari Google yang khusus didedikasikan untuk para perempuan di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *