UNDIP Siapkan Beasiswa Untuk Lulusan Cumlaude

UNDIP Siapkan Beasiswa Untuk Lulusan Cumlaude, Simak Ketentuan dan Cara Mendapatkannya

Pasca lulus sekolah menengah atas baik SMA / SMK / Ma sederajat, tentu ini bukan lah jenjang pendidikan terakhir dan menuntut ilmu tidak selesai begitu saja karena masih perguruan tinggi dengan jurusan tertentu yang bisa menjadi tempat untuk melanjutkan studi.

Tidak seperti jenjang sebelumnya, tujuan utama dari kuliah adalah untuk memperluas pengetahuan serta wawasan dan mempertajam keahlian dalam suatu bidang, karena bagaimana pun juga pada dasarnya kemampuan berfikir mahasiswa akan terus diasah selama menjalan masa perkuliahan. Bahkan tidak hanya mendapatkan materi kuliah selama di dalam kelas, mahasiswa juga akan memperoleh lebih banyak wawasan dan pengalaman dari berbagai kegiatan di luar jam kuliahnya.

Berbicara tentang kelulusan, tentu akan selalu ada bahasan mengenai Cumlaude. Namun apa itu Cumlaude? Jadi, cumlaude diartikan sebagai “dengan pujian“, atau dengan kata lain cumlaude merupakan sebuah predikat kehormatan kelulusan kuliah yang diperoleh mahasiswa ketika berhasil memperoleh nilai IPK yang memuaskan ketika kelulusan, umumnya menggunakan standar nilai 3.51. Dengan kata lain, mahasiswa yang mendapatkan predikat tersebut berarti tidak pernah sekalipun memperoleh nilai c atau tidak pernah mengulang satu pun mata kuliah.

Tak mengherankan bila sejumlah universitas pun memberikan penghargaan khusus bagi mahasiswa cumlaude, salah satunya seperti Universitas Diponegoro (UNDIP) yang bahkan sampai menyediakan beasiswa khusus bagi mahasiswa cumlaude yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Nah, bagi anda yang penasaran tentang beasiswa ini, simak baik – baik penjelasannya dalam artikel kali ini.

Syarat Cumlaude

Seperti yang telah disebutkan sekilas di atas, persyaratan cumlaude Undip adalah dengan menyelesaikan masa studi dengan maksimal 10 semester dan memperoleh nilai IPK antara 3.51 – 4.00. Atas pencapaian tersebut, Rektor Undip nantinya akan memberikan penghargaan berupa piagam kepada lulusan dengan predikat cumlaude.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Kedokteran Luar Negeri

Kesempatan Beasiswa Cumlaude

Tidak hanya sekedar memberi penghargaan berupa piagam saja, Undip juga menyiapkan program beasiswa khusus yang diberikan pada lulusan cumlaude S1 yang ingin melanjutkan studi S2.

Tak tanggung – tanggung, universitas bergengsi yang berada di kota Semarang ini bahkan siap memberi pembiayaan penuh kepada peraih Cumlaude yang ingin terus melanjutkan pendidikannya. Hal ini dirasa sangat bermanfaat mengingat biaya untuk kuliah di jenjang yang lebih tinggi pastinya membutuhkan biaya yang lebih besar pula, namun karena prestasi dan kemampuan mahasiswa cumlaude tersebut maka kini terbuka lah kesempatan untuk dapat meraih beasiswa cumlaude.

Meski begitu, lulusan cumlaude yang ingin mendapatkan beasiswa juga harus melalui sejumlah proses seleksi seperti tes tulis, tes wawancara, dan beberapa tes lainnya untuk membuktikan layak atau tidaknya menjadi calon penerima beasiswa.

https://www beasiswasarjana com/2730/undip-siapkan-beasiswa-untuk-lulusan-cumlaude-simak-ketentuan-dan-cara-mendapatkannya/ -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *