ITS Selenggarakan Program Pengembangan Karir Bagi Wisudawan

ITS Selenggarakan Program Pengembangan Karir Bagi Wisudawan

Dalam rangka menyambut para lulusannya yang ke-126, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mengadakan program untuk mengaktualisasi dan menunjang karir pascastudi melalui Career Development Program (CDP). Ini merupakan program yang resmi diluncurkan ITS untuk memberikan berbagai fasilitas dalam mencetak lulusan agar nantinya dapat lebih bersaing di dunia kerja, baik nasional maupun internasional.

Wakil Rektor I ITS, Prof. Dr. Ir. Adi Soeprijanto MT, meminta para mahasiswa agar mengamalkan ilmu dan kompetensi yang telah diperoleh selama berkuliah di ITS, di antaranya adalah agar mampu memetakan karir dengan lebih baik, terlebih pihaknya kini juga telah menyediakan bantuan fasilitas dalam program tersebut.

Sama halnya dengan Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim), Emil Elestianto Dardak, turut mengharapkan agar para wisudawan harus memiliki kapabilitas dalam menentukan karirnya nanti. Maka dari itu, ia menyarankan agar para lulusan tidak terlalu terpaku dengan ijazah yang telah diperoleh masing – masing, melainkan harus bisa memperluas kerangka berpikir melalui pengalaman.

Emil juga menyebut agar para wisudawan bisa menjadi independent worker dengan cara meningkatkan kompetensi diri sesuai kehutuhan, karena menurutnya hal inilah yang akan men jadi modal dalam berkarya bagi masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Subdirektorat Pengembangan Kewirausahaan & Karir Direktorat Kemahasiswaan ITS, Arief Abdurrakhman ST MT, menjelaskan dengan hadirnya CDP maka diharapkan program ini dapat mempertahankan peringkat pertama ITS sebagai Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 di lingkup perguruan tinggi.

Sebagaimana dalam setahun terakhir, IKU 1 ITS berhasil mengungguli universitas lainnya dalam hal keberhasilan lulusannya, baik di pekerjaan, studi lanjut, atau pun berwirausaha. Adapun salah satu kriteria IKU adalah mengharuskan para lulusan untuk mendapatkan pekerjaan secepatnya atau dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan sejak kelulusan, faktor inilah yang diyakini Arief akan menjadi alat yang tepat untuk menunjang pencapaian IKU.

Beasiswa Bergengsi  Kuliah Gratis Dengan Beasiswa AK-Tekstil Solo 2022, Lulusan Dijamin Langsung Kerja

Lebih lanjut, Arief menuturkan dirinya telah melihat potensi dan kompetensi yang dimiliki oleh para wisudawan ITS yang begitu besar, namun ia pun turut menyayangkan karena banyak di antara para lulusan yang belum bisa mengoptimalkan potensi dan kompetensinya dengan baik.

Ia pun mencontohnya jika kondisi beberapa lulusan memiliki hardskill yang menonjol tapi kurang dalam softskill, atau unggul dalam kompetensi tetapi masih belum dapat bersaing di kancah internasional. Arief menambahkan, dalam rangka menunjang CDP maka ITS telah bekerja sama dengan setidaknya 200 mitra baik dari lingkungan pemerintah, perusahaan, penyedia beasiswa, investor, dan pihak lainnya.

CDP akan memfasilitasi wisudawan dalam mendapatkan konsultasi karir dengan para alumni ITS, meningkatan skill melalui program sertifikasi, dan memberi pelatihan berbagai software secara gratis. Ia juga menyebut ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh wisudawan dari CDP, di mana saat ini program tersebut hanya diperuntukkan bagi 50 persen saja dari setiap angkatan wisudawan yang tercepat mendaftar.

Dalam mengintegrasikannya dengan teknologi digital, ITS turut menggandeng platform karir digital Kinobi. Sehingga diharapkan melalui ITS Career Portal, maka setiap lulusan ITS dapat menggunakan sejumlah fitur dalam meningkatkan kualitas dari sisi administrasi maupun keahlian, di antaranya meliputi Resume Builder dan Portal to Success.

Dalam fitur Portal to Succcess, terdapat sejumlah subportal lainnya seperti Job Portal, Incubator Portal, dan Scholarship Portal. Job Portal merupakan menu yang menyediakan informasi mengenai lowongan pekerjaan hasil kerja sama ITS dengan para mitra baik di lingkungan industri, pemerintah, alumni ITS, atau mitra lainnya.

Sementara Incubator Portal merupakan menu yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk mengembangkan skill berwirausaha. Layanan ini juga yang memungkinkan para mahasiswa maupun lulusan untuk dapat mengakses pihak usaha lainnya baik dengan pembeli, penjual, atau pun investor.

Beasiswa Bergengsi  Pendaftaran Beasiswa Keguruan YASBIN 2022 Resmi Dibuka, Ini Syarat dan Info Lengkapnya

Tidak hanya mendukung karir pekerjaan dengan para mitra di dalam negeri, Kinobi juga menyediakan fitur portal beasiswa yang merupakan buah bekerja sama dengan banyak mitra perguruan tinggi lainnya baik di dalam maupun luar negeri.

Dari banyaknya fitur inilah, maka ITS Career Portal diharapkan bisa menjadi satu pintu mudah menuju banyak akses yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para mahasiswa atau pun para lulusan ITS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *