Daftar Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

Ingin Kuliah Gratis? Ini Daftar Beasiswa Dalam dan Luar Negeri Wajib Dicoba

Tak bisa dipungkiri jika biaya pendidikan tak bisa dikatakan murah, bahkan bagi sebagian orang menganggap jika biaya pendidikan tinggi sangat lah besar dan memberatkan sehingga tak jarang banyak muda – mudi dengan potensi besar yang terpaksa harus mengurungkan niat untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

Di sisi lain, fenomena tersebut nampaknya telah menggugah sejumlah pihak untuk turut memberikan bantuan biaya pendidikan melalui beasiswa, ada yang hanya memberikan beasiswa parsial / sebagian namun tak jarang juga beberapa pihak lainnya yang memberikan beasiswa penuh dengan menggratiskan seluruh biaya kuliah termasuk biaya hidup selama menjadi periode beasiswa berlangsung.

Nah, bagi anda yang sedang berburu beasiswa, berikut ini kami sajikan beberapa daftar beasiswa dalam dan luar negeri yang bisa anda coba.

Daftar Beasiswa Dalam Negeri

Beasiswa KIP Kuliah

Bantuan Pendidikan Kartu Indonesia Pintar – Kuliah (KIP – Kuliah) merupakan program bantuan beasiswa yang diadakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). KIP Kuliah sendiri mencakup bantuan biaya pendidikan di perguruan tinggi termasuk dengan subsidi biaya hidup bagi para penerima beasiswanya.

Selain mengharuskan pendaftarnya memiliki prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik, beasiswa ini juga terbuka bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu seperti pendapatan orang tua / wali tidak lebih dari Rp 4 juta per bulan.

Beasiswa Bergengsi  Rekomendasi Beasiswa S2 - S3 Luar Negeri 2023, Tanpa Batas Usia

Menariknya, program ini juga terbuka bagi calon penerima KIP Kuliah untuk bisa mengikuti berbagai jalur masuk perguruan tinggi, seperti SNMPTN, UTBK-SBMPTN, atau seleksi mandiri PTN dan PTS.

Beasiswa Aperti BUMN

Diadakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN), program bantuan pendidikan ini akan memberikan beasiswa penuh 100% kepada para awarde selama menjalani masa studi di perguruan tinggi.

Namun perlu diketahui, beasiswa Aperti BUMN hanya berlaku untuk beberapa universitas yang berada di bawah naungan APERTI, jadi selalu pastikan bahwa perguruan tinggi tempat anda menempuh kuliah berada dalam daftar tersebut.

Beasiswa LPDP

Namanya tentu sudah tak asing lagi, program beasiswa LPDP memang menjadi sangat populer sejak pertama kali diadakan pada tahun 2013 silam. Tak tanggung – tanggung, beasiswa ini tidak hanya memberikan bantuan pendidikan penuh / full saja tetapi juga turut terbuka untuk perguruan tinggi luar negeri.

Dengan kata lain, bagi anda yang kuliah di luar negeri maka tidak hanya digratiskan biaya kuliahnya saja tetapi juga biaya hidup selama anda menempuh pendidikan di sana, tak mengherankan jika beasiswa LPDP pun selalu dibanjiri dengan banyak pendaftar setiap tahunnya.

Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek

Bertajuk Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, ini merupakan program bantuan pendidikan yang terbuka untuk jenjang Sarjana, Magister, hingga Doktoral. Beasiswa ini juga terbuka untuk calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima di perguruan tinggi atau bagi mahasiswa yang selama ini sudah menjalani masa perkuliahan maksimal dalam semester 2 terakhir.

Daftar Beasiswa Luar Negeri

Nah, bagi anda yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan hingga ke luar negeri, berikut ini adalah daftar beasiswa luar negeri yang akan mewujudkan impian anda.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Bagimu Negeri, Program Dukungan Kuliah Kerjasama Ukrida dan Pemkab Mahakam Ulu

MEXT Scholarship

Yang satu ini merupakan program beasiswa dari pemerintah Jepang yang diperuntukkan khusus bagi mahasiswa internasional yang ingin menempuh pendidikan S1 dan S2 di Jepang. Menariknya, meski diselenggarakan oleh pemerintah Jepang namun bukan berarti anda wajib menguasai bahasa Jepang seutuhnya, karena anda hanya perlu menguasai setidaknya bahasa Jepang tingkat dasar saja.

Pada program ini, terdapat 3 jenis beasiswa sesuai kategorinya, yakni Undergraduate (Gakubu), Specialized Training College (Senshu), serta College of Technology (Kosen) yang menawarkan program studi dan periode beasiswa yang berbeda.

KAIST Scholarship

Masih di lingkup asia, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) yang merupakan salah satu kampus teknologi terbaik di asia juga rutin menyelenggarakan program beasiswa untuk mahasiswa internasionalnya. Ada banyak program studi yang tersedia dan anda bisa dengan bebeas menentukan sendiri sesuai dengan profil anda.

Bantuan yang diberikan juga tak tanggung – tanggung, setiap penerima beasiswa / awarde akan dibebaskan dari biaya kuliah selama 8 semester, termasuk dengan biaya hidup sebesar $300 atau sekitar Rp 4.3 juta per bulan.

Orange Tulip Scholarship

Diselenggarakan oleh Pemerintah Belanda, melalui Nuffic Neso Indonesia program ini terbuka bagi kalangan pelajar tanah air yang ingin menempuh pendidikan S1 dan S2 di Belanda. Tak tanggung – tanggung, selain memberikan subsidi kuliah mulai dari 30 – 100%, program beasiswa ini juga turut menggandeng 25 perguruan tinggi terbaik di Belanda yang akan menjadi tempat menuntut ilmu para penerima beasiswanya.

Jadi, jauh sebelum anda mendaftarkan diri dalam program ini, pastikan terlebih dahulu bahwa kampus tujuan anda masuk dalam daftar mitra dari Nuffic Neso Indonesia.

IFA Paris Scholarship

Terdengar unik namun ini menjadi salah satu beasiswa yang cukup diminati, International Fashion Academy Paris (IFA Paris Scholarship) merupakan program beasiswa kuliah khusus untuk jenjang S1 dan S2 dengan fashion dan visual sebagai fokusnya.

Beasiswa Bergengsi  250 Kuota Beasiswa Penuh Untuk Calon Mahasiswa Baru di STKIP NU Indramayu

Adapun untuk program S1 terdapat 4 program studi yang tersedia, di antaranya Bachelor Fashion Design and Technology, Bachelor Visual Merchandising, Bachelor Fashion Marketing, dan Bachelor Fashion Sustainability.

Turki Burslari Scholarship

Yang satu ini juga menjadi salah satu program beasiswa yang selalu dinantikan oleh banyak pelajar dan mahasiswa Indonesia, Turki Burslari Scholarship merupakan program beasiswa dari pemerintah Turki yang membuka kesempatan kuliah S1, S2, dan S3.

Beasiswa yang selalu dibuka setiap tahunnya ini juga menggandeng 12 universitas terbaik di Turki yang bisa menjadi tujuan kuliah nantinya, namun demikian kriteria dan kualifikasinya mungkin akan berbeda tergantung dari masing – masing universitas yang dituju.

Itulah beberapa daftar beasiswa dalam dan luar negeri yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber, semua program beasiswa tersebut selama ini selalu berlangsung / dibuka setiap tahunnya dengan periode masa pendaftaran yang berbeda – beda sesuai dengan ketentuan dari pihak penyelenggara beasiswa itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.