Pemkot Dumai Buka Pendaftaran Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Untuk 177 Kuota, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Pemkot Dumai Buka Pendaftaran Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Untuk 177 Kuota, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Beasiswasarjana.com – Pemerintah Kota Dumai masih terus berupaya mendorong peningkatan mutu pendidikan dengan menggelar berbagai program beasiswa untuk putra putri asal kota Dumai. Hal ini disampaikan langsung oleh Walikota Dumai, Paisal, yang menyebut jika pihaknya kali ini sedang melakukan terobosan dalam memberikan bantuan yakni melalui program khidmat pendidikan.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Walikota Dumai juga telah mengalokasikan beasiswa penuh yang ditujukan untuk para lulusan Politeknik Chevron Riau (PCR) sebanyak 15 mahasiswa. Penerima beasiswa lulusan PCR tersebut merupakan mahasiswa berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu yang diketahui melalui data keluarga mereka yang masuk dalam daftar penerima bantuan sosial pemerintah.

Kali ini ini Pemkot Dumai kembali akan memberikan bantuannya pada 177 mahasiswa berprestasi asal Dumai di semua perguruan tinggi. Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala ‎Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekda ‎Pemko Dumai, Eromzi, yang menyebut kegiatan tersebut sebagai wujud atas kepedulian pemerintah di bidang pendidikan.

Karena hal itulah diakuinya bahwa Pemerintah Kota Dumai melalui anggaran tahun 2022 akan melakukan pemberian bantuan beasiswa. Adapun beasiswa ditujukan pada mahasiswa umum yang berprestasi dan berasal dari Kota Dumai sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang telah tertuang dalam SE Wali Kota Dumai Nomor 450/773.1/Kesra.

Lebih lanjut, Eromzi memberikan perincian dalam pemberian beasiswa, di mana 117 mahasiswa penerima beasiswa merupakan mahasiswa aktiv yang sedang mengikuti program pendidikan S1 dan 60 mahasiswa lainnya yang sedang mengikuti kuliah D3.

Ia pun menjelaskan bahwa masing – masing penerima beasiswa yang terpilih akan mendapatkan bantuan pendidikan sebesar Rp 3 juta setiap tahunnya khusus untuk S1, dan Rp 2 juta khusus untuk D3.

Persyaratan Beasiswa

Lebih lanjut, Eromzi juga menjelaskan mengenai seleksi program beasiswa umum yang menetapkan persyaratan tersendiri.‎ Berikut di antaranya.

  • Memiliki nilai Indeks Prestasi minimal 3.6
  • Memiliki prestasi akademik yang dibuktikan dengan sertifikat atau piagam
  • Diprioritaskan berasal dari keluarga kurang mampu.
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Fast Track 2022 Jadi Favorit, Ini Fakta Yang Wajib Kalian Tahu

Adapun untuk skema pemberian dana bantuan pendidikan akan dikirimkan secara langsung kepada rekening masing – masing mahasiswa penerima beasiswa, dan berhak untuk menggunakan dana tersebut demi keperluan pendidikan.

Dalam keterangannya, Eromzi mengungkapkan jika program beasiswa kali ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Dumai dalam mendorong keberlangsungan pendidikan generasi bangsa, khususnya untuk kalangan pelajar dan mahasiswa asal Kota Dumai.

Tujuannya adalah agar penerima beasiswa dapat menyelesaikan pendidikannya dan kelak bisa memberikan manfaat untuk daerah asal. Tidak hanya itu, ia juga menyebut jika bentuk pembiayaan dan bantuan dana pendidikan nantinya akan terus ditambah setiap tahunnya sebagaimana yang sudah diterapkan pada program PCR tahun 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published.