Kerjasama Universitas Pertamina dan TNI Hasilkan Beasiswa Hingga Program Bina Desa

Kerjasama Universitas Pertamina dan TNI Hasilkan Beasiswa Hingga Program Bina Desa

Universitas Pertamina (UPER) baru – baru ini membuat kerjasama dengan Panglima TNI, momen tersebut lalu ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja. Penandatangan kerjasama yamg juga dihadiri oleh para jajaran dari Universitas Pertamina dan TNI tersebut dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Pertamina, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, dan Panglima TNI, Jenderal Muhammad Andika Perkasa, yang membuahkan tiga poin penting, mencakup beasiswa, pengembangan karakter, dan program bina desa.

Beasiswa UPER

Poin kerjasama dalam penandatangan kedua pihak itu salah satunya adalah tawaran beasiswa untuk berkuliah di UPER khusus bagi keluarga TNI. Beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi jenjang S1 saja sebagaimana jenjang pendidikan yang tersedia di UPER.

Adapun untuk persyaratannya sendiri rencananya baru akan ditentukan setelah perjanjian dibuat, namun TNI juga memberikan kewenangan kepada UPER untuk dapat menentukan kriterianya sendiri. Hal tersebut disampaikan Andika yang mengatakan bahwa pihaknya ingin menyerahkan ketentuan syarat beasiswa sesuai dengan standar dari Dinas Pertamina, atau dengan kata lain Universitas Pertamina lah yang menentukan sendiri tentang persyaratan beasiswa nantinya.

Pengembangan Karakter

Poin berikutnya adalah tentang pengembangan karekter yang mana UPER mengajak TNI untuk bisa memberikan pendidikan karakter dan wawasan kebangsaan kepada seluruh mahasiswa di UPER. Hal ini ditujukan agar para lulusan UPER tidak hanya sekedar mendapatkan softskill saja, tetapi juga memiliki karakter yang kuat.

Sementara itu, TNI mengusulkan agar program tersebut bisa fleksibel menyesuaikan dengan kebutuhan UPER, sehingga diharapkan sesi pelatihan nanti dapat berlangsung boarding (menginap) atau pelatihan dapat berlangsung di lingkungan universitas.

Program Bina Desa

Poin terakhir adalah kerjasama untuk pengembangan desa, khususnya pada daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Nantinya, mahasiswa di Universitas Pertamina akan mengikuti program bina desa yang selama ini memang telah diselenggarakan oleh TNI.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Monash University 2022

TNI sendiri juga diketahui telah memiliki program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), ini merupakan program pengembangan wilayah kabupaten dan kota yang dilakukan pada 50 titik di Indonesia secara serentak setiap tahunnya, Selengkapnya cek di Androvation

Leave a Reply

Your email address will not be published.