Bupati Bandung Buka Pendaftaran Beasiswa Kuliah Gratis, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Bupati Bandung Buka Pendaftaran Beasiswa Kuliah Gratis, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung baru – baru ini meluncurkan program bertajuk Beasiswa Ti Bupati (BESTI), ini merupakan program bantuan biaya pendidikan berupa beasiswa kuliah gratis dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM. Hal ini ditempuh sebagai langkah akselerasi dalam peningkatan rata – rata lama sekolah (RLS) yang ada di masyarakat.

Dalam kesempatannya, Bupati Bandung Dadang menyatakan telah resmi meluncurkan program BESTI (Beasiswa Ti Bupati) yang diperuntukkan khusus bagi warga masyarakat kabupaten bandung, hal ini dilakukan sebagai upaya dalam mewujudkan kabupaten bandung yang bangkit, edukatif, dinamis, agamis, dan sejahtera. Ia juga berharap agar program tersebut bisa mewujudkan harapan semua masyarakat di kabupaten bandung yang sangat ingin bisa melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang S1.

Dadang mengungkapkan, Kabupaten Bandung memiliki nilai rata –rata lama sekolah 9,07 tahun, karena itulah maka ia agar angka tersebut bisa semakin ditingkatkan menjadi 10 tahun pada tahun 2023 mendatang.

Melalui program BESTI juga, pemkab bandung berupaya untuk mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang harapannya nanti bisa turut berdampak pada pembangunan daerah sebagaimana Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Lebih lanjut, Dadang pun merinci indikator syarat agar dapat memperoleh bantuan dari program BESTI, di antaranya adalah mahasiswa tahfiz Al – Qur’an minimal 1 juz dan merupakan siswa berprestasi dengan data penduduk terdaftar di Kabupaten Bandung.

Menurutnya, nanti setiap semester para penerima beasiswa tersebut akan dievaluasi, jika mahasiswa tersebut diketahui memiliki IPK di bawah 3.00 maka pihaknya akan menghentikan beasiswa tersebut dan mewajibkan mahasiswa tadi untuk mengikuti tes kecerdasan khusus untuk bisa kembali menerima beasiswa.

Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Erick Juriara Ekananta, menjelaskan bahwa para penerima BESTI nantinya akan diberikan bantuan biaya kuliah selama 8 semester dengan jumlah maksimal sebesar Rp 5 juta tiap semesternya. Adapun beberapa kriteria yang wajib dipenuhi antara lain berkependudukan Kabupaten Bandung yang dibuktikan melalui KTP, sedang menempuh pendidikan tinggi di program studi S1, dan tidak sedang menerima bantuan serupa lainnya.

Beasiswa Bergengsi  Maba Wajib Tahu! Inilah Daftar Beasiswa Untuk Mahasiswa Baru 2022 Lengkap dengan Link Pendaftaran

Selain itu juga masih ada sejumlah persyaratan lainnya, seperti membuat permohonan pemberian beasiswa pada Bupati Bandung, lolos seleksi penerimaan beasiswa, dan berkelakuan baik yang dibuktikan melalui Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Erick menambahkan, semua penerima bantuan pendidikan harus memenuhi persyaratan khusus, di antaranya yakni memiliki nilai rata – rata 8 pada ujian nasional atau ujian sekolah, dan memiliki nilai IPK minimal 3.00 khusus untuk mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) atau 3.15 khusus untuk mahasiswa perguruan tinggi swasta (PTS).

Ia juga mengatakan bahwa pendaftaran Program BESTI sudah mulai bisa dilakukan dengan mengisi form melalui link http://besti.bandungkab.go.id/home/register atau bisa langsung ke nomor 0859-7447-1639 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.