Pendidikan menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan saat ini, hal itu didasarkan pada kebutuhan akan ilmu pengetahuan itu sendiri yang semakin besar dalam perkembangannya, hal ini juga yang mendorong orang dari berbagai lapisan masyarakat untuk terus bersemangat dalam memperoleh pendidikan setinggi mungkin. Beberapa upaya pun dilakukan termasuk dengan menjalani studi hingga ke jenjang perguruan tinggi, namun sayangnya biaya menempuh pendidikan terkadang kerap menjadi kendala bagi sebagian orang.

Karena kondisi itulah maka sejumlah program bantuan biaya pendidikan seperti beasiswa menjadi salah satu solusi yang diambil bahkan menjadi buruan bagi banyak orang. Menariknya, saat ini juga sudah ada banyak program beasiswa yang disediakan oleh berbagai pihak, sebut saja seperti salah satunya adalah beasiswa Diaspora Future Leaders Scholarship 2022.

Diaspora Future Leaders Scholarship adalah sebuah program beasiswa yang merupakan bagian dari skema pendanaan CSR Diaspora Mengajar, tujuannya adalah untuk mempersiapkan para pemimpin masa depan yang bisa memberikan kontribusi besar bagi kemajuan Indonesia. Sebagaimana diketahui, program beasiswa ini sendiri sudah dijalankan sejak tahun 2022 dan terbagi dalam 4 jenis program seperti berikut ini.

Diaspora Future Leaders International Scholarship

Sesuai namanya, program yang satu ini merupakan bantuan biaya pendidikan baik penuh maupun partial yang diperuntukkan bagi jenjang Sarjana dan parcasarjana. Adapun lokasi tujuan dari studi ini berada di Turki, yang artinya para peserta atau penerima beasiswa merupakan kalangan mahasiswa yang ingin menuntut ilmu di perguruan tinggi Turki.

Sejumlah benefit juga bisa didapatkan oleh para penerima beasiswa Diaspora Future Leaders International Scholarship, seperti biaya pendidikan penuh atau Fully Funded yang mencakup tiket pesawat, SPP, berkas, pendidikan bahasa Turki, akomodasi, hingga uang saku bulanan. Sedangkan untuk Partial Funded meliputi biaya SPP, pendidikan bahasa Turki, termasuk dengan International Networking.

Diaspora Future Leaders National Scholarship

Program yang berikutnya adalah Diaspora Future Leaders National Scholarship, ini merupakan beasiswa bantuan biaya hidup untuk kalangan pelajar SMA dan Universitas. Adapun cakupan beasiswanya meliputi bantuan biaya hidup hingga Rp 2 juta untuk pelajar SMA tiap semesternya selama 1 tahun, bantuan biaya hidup hingga Rp 3 juta untuk kalangan mahasiswa.

Diaspora Student Ambassador

Berbeda dengan dua program bantuan pendidikan seperti di atas, Diaspora Student Ambassador merupakan kegiatan yang diadakan dalam rangka mendukung dan menyebarluaskan visi misi serta program DFLS 2022. Adapun benefit yang bisa didapatkan dari program ini antara lain Fully Funded Trip ke Turki mencakup tiket, akomodasi, konsumsi, hingga uang saku. Selain itu, ada juga Voucher Gopay dengan total mencapai Rp 20 juta, serta Free akses ke workshop pengembangan diri.

Diaspora Future Leaders Ambassador

Jika yang lainnya merupakan program beasiswa dan kegiatan yang dilakukan langsung oleh para peserta atau penerima beasiswa itu sendiri, Diaspora Future Leaders Ambassador merupakan kegiatan webinar ekslusif yang turut menghadirkan diaspora inspiratif, tokoh, dan praktisi yang merupakan persembahan dari @diaspora.futureleaders khusus bagi para peserta yang mendaftar dalam program DFLS 2022. Menariknya, dalam acara ini juga para peserta akan mendapatkan sertifikat dan dilibatkan dalam International Networking.

Demikian informasi tentang beasiswa Diaspora Future Leaders Scholarship 2022, untuk informasi lebih langkap anda bisa melihat langsung Panduan dan cara daftar beasiswa melalui laman resminya di www.diasporamengajar.id atau melalui akun IG @diaspora.futureleaders

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment