Beasiswa Pakai Portofolio Sekolah, Begini Caranya

Portofolio menjadi hal yang penting dan sering digunakan dalam berbagai bidang kegiatan, salah satunya seperti pendidikan, portofolio dapat diartikan sebagai kumpulan informasi pribadi yang menjadi catatan dan dokumentasi atas pencapaian / prestasi yang pernah didapat mulai dari tingkat yang paling dasar hingga sampai ke jenjang perguruan tinggi. Sedangkan pada jenjang perguruan tinggi itu sendiri, portofolio selalu digunakan ketika seorang mahasiswa ingin mendapatkan program beasiswa kuliah lanjutan.

Yang pasti portofolio sangat lah berguna sebagai akreditasi dari pembuatnya untuk menunjukkan pengalaman yang dimiliki, termasuk untuk mencari kerja, melanjutkan pendidikan, pengajuan sertifikasi kompetensi, serta hal profesional lainnya yang dibutuhkan mendatang.

Di tingkat sekolah, portofolio mungkin hanya menjadi kumpulan hasil prestasi belajar yang pernah dicapai oleh seorang siswa, portofolio tersebut bisa dijadikan sebagai dokumen penilaian alternatif yang lebih valid dibandingkan dengan penilaian baku pada umumnya.

Portofolio juga tidak lah sama dengan Curriculum Vitae (CV) yang hanya berisi sekumpulan informasi singkat mengenai pengalaman pembuatnya, sedangkan portofolio sendiri lebih berisi wujud nyata dan dapat dipertanggungjawabkan.

Di dunia kerja, perusahaan umumnya akan lebih menghargai para calon pekerjanya yang sanggup menunjukkan portofolio dari pada hanya menyerahkan CV biasa. Sama halnya dengan pendidikan tinggi politeknik yang selalu mengedepankan pola pembelajaran berbasis industry, serta menjadikan portofolio sebagai bukti kompetensi seorang mahasiswa.

Adapun salah satu politeknik yang mengandalkan portofolio sebagai bukti prestasi adalah Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP), ini merupakan kampus politeknik yang berlokasi di Kawasan Gading Serpong, Tangerang. MNP tidak hanya menjadi tempat untuk menimba ilmu bagi mahasiswa, akan tetapi juga bisa menjadi sarana untuk menggali dan mendapatkan pengalaman yang relevan di dalam bidang ilmu terkait.

Beasiswa Bergengsi  Unusa Siapkan Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa Yang Gagal SBMPTN, Syaratnya Cukup Tunjukkan Kartu UTBK

Dengan begitu, keberadaan kampus politeknik ini diharapkan dapat memacu mahasiswa yang telah memiliki pengalaman kerja untuk menjadikannya sebagai portofolio, hingga kemudian ketika mahasiswa tersebut lulus maka sudah langsung siap untuk bekerja sesuai dengan kompetensinya masing – masing.

MNP juga memberikan kesempatan kepada seluruh calon mahasiswa yang memiliki portofolio semasa sekolah untuk dapat mengikuti program beasiswa kuliah, di mana program ini akan memberikan bantuan pembiayaan hingga sebesar 80% dari uang pangkal dan uang kuliah selama 8 semester. Adapun program dengan nama Beasiswa Karya Terapan ini telah dibuka hingga 31 Juli 2022 nanti.

Dengan konsep penggunaan portofolio maka setiap calon mahasiswa akan lebih mudah dalam mengikuti proses pendaftaran, misalnya untuk Jurusan Digital Animation maka siswa hanya perlu memiliki bukti karya animasi dalam bentuk video, gambar, foto, atau bahkan animasi game. Contoh lainnya, bagi calon mahasiswa jurusan Ecommerce Logistics maka bisa menunjukkan pengalaman dalam mengelola usaha online shop di platform manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.