Beasiswa Kuliah Gratis ke Timur Tengah 2022 Dibuka, Simak Jadwal Syarat dan Cara Daftarnya

Kesempatan untuk menuntut ilmu hingga ke timur tengah kini menjadi semakin terbuka, pasalnya Moroccan Agency for International Cooperation (AMCI) melalui Kedutaan Maroko telah membuka pendaftaran beasiswa bagi para lulusan SMA / MA / Pendidikan Diniyah Formal Ulya / Satuan Pendidikan Muadalah dan sederajat untuk dapat melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi di Maroko.

Adapun seleksi untuk tahap penerimaannya sendiri rencananya akan dilakukan langsung oleh Kementerian Agama dengan jumlah kuota beasiswa untuk 30 orang, sedangkan untuk pendaftarannya sendiri mulai dibuka pada tanggal 13 – 17 juni 2022.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Suyitno, yang dikutip dari laman resmi kemenag pada hari senin kemarin. Program ini nantinya akan menyaring para lulusan Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Pendidikan Diniyah Formal Ulya atau Satuan Pendidikan dan sederajat (Paket C) yang berkeinginan kuat untuk dapat melanjutkan kembali studinya di Maroko.

Sebagai informasi, untuk saat ini tercatat sudah ada lebih dari 10 ribu mahasiswa asal Indonesia yang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi di Timur Tengah dan Afrika, termasuk Maroko. Menurut data Kemenag, jumlah tersebut didominasi oleh mahasiswa asal Indonesia yang mengambil kuliah di Universitas Al-Azhar, Universitas Internasional Afrika Khartoum Sudan, dan Universitas Muhammad V Rabbat Marokko. Selain di tiga Negara tersebut, tak sedikit juga mahasiswa asal Indonesia yang menempuh pendidikan kuliahnya di Tunisia, Libanon dan Syiria.

Beasiswa Kuliah Gratis ke Timur Tengah 2022

Persyaratan Beasiswa AMCI

Bagi anda yang tertarik untuk mengikuti seleksi penerimaan beasiswa Moroccan Agency for International Cooperation (AMCI), berikut adalah beberapa persyaratan umum yang wajib anda penuhi.

  • Telah lulus SMA / MA sederajat di tahun 2021 – 2022
  • Mendaftarkan diri menggunakan email aktif di laman resmi Kemenag, melalui link http//diktis.kemenag.go.id
  • Memilih lokasi seleksi ujian yang dekat dengan tempat tinggal
  • Mengunggah dokumen yang diperlukan, seperti berikut ini.
  • Ijazah dan transkrip nilai kuliah khusus bagi lulusan tahun 2021
  • Surat keterangan lulus khusus untuk lulusan tahun 2022
  • Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 (khusus untuk pendaftar perempuan tidak diperkenankan mengenakan cadar).
Beasiswa Bergengsi  Cara Dapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Perlu diketahui juga, bagi pendaftar yang berhasil lolos dalam proses verifikasi maka wajib membayar uang pendaftaran sebesar Rp 250 ribu.

Jadwal Seleksi

  • Pendaftaran dibuka pada tanggal 13 – 17 Juni 2022
  • Pengumuman lolos verifikasi dokumen pada tanggal 20 Juni 2022 melalui laman resmi kemenag
  • Pembayaran pendaftaran dilakukan maksimal tanggal 22 Juni 2022 pukul 23.59 WIB
  • Seleksi Computer Based Test (CBT) secara daring pada tanggal 24 Juni 2022
  • Pengumuman lolos beasiswa pada tanggal 30 Juni 2022.

Materi Seleksi

Untuk melakukan persiapan yang lebih baik, anda juga perlu mengetahui beberapa materi seleksi yang akan dilalui selama proses penerimaan beasiswa tersebut, dan berikut adalah di antaranya.

  • Tes CBT online sebagai uji kemampuan Bahasa Arab
  • Tes wawancara mencakup hafalan Al Quran minimal 2 Juz, Qiroatul Kutub, serta wawasan keislaman dan kebangsaan.

Demikian informasi mengenai beasiswa kuliah gratis di timur tengah 2022 yang dikelola oleh Kemenag, pastikan anda tidak ketinggalan info selengkapnya dengan mengunjungi website resmi kemenag di www.diktis.kemenag.go.id. Segera daftarkan diri anda, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.