Daftar 8 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Terbuka Untuk Program Beasiswa APERTI BUMN 2022

Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN kembali menyelenggarakan program beasiswa di tahun 2022 ini khusus bagi putra putri lulusan SMA / SMK di seluruh Indonesia. Setidaknya terdapat 8 daftar perguruan tinggi yang bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), di antaranya :

  1. Telkom University (Tel-U)
  2. Universitas Pertamina
  3. Institut Teknologi PLN (IT PLN)
  4. Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)
  5. IT Telkom Surabaya (ITT Surabaya)
  6. Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITT Purwokerto)
  7. Institut Teknologi Telkom Jakarta (ITT Jakarta)
  8. Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI)

Dalam keterangannya, ketua APERTI BUMN Prof. Adiwijaya, mengatakan bahwa di tahun ini pihaknya siap memberikan beasiswa kepada putra putri terbaik Indonesia melalui program beasiswa APERTI BUMN. Beasiswa tersebut dikhususkan bagi para lulusan SMA / SMK tahun 2022 dan tahun 2021 yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang S1 / Diploma, terutama di salah satu perguruan tinggi yang menjadi mitra APERTI BUMN.

Adiwijaya yang kebetulan juga menjabat sebagai Rektor Telkom University turut menambahkan bahwa pada nantinya semua penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan pembiayaan penuh 100% selama menjalani masa studi di perguruan tinggi pilihannya.

Ia mengatakan bahwa di tahun ini pihaknya akan memberikan beasiswa kepada 40 kuota program beasiswa, setelah melalui seluruh tahapan seleksi dalam proses penerimaan beasiswa tersebut. Tidak hanya itu saja, dari 40 total kuota program beasiswa tersebut nantinya masing – masing hanya akan dipilih 5 orang saja di tiap Perguruan Tinggi yang terdaftar dalam mitra APERTI BUMN.

Sebagaimana diketahui, perguruan tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN tentunya sudah memiliki kriteria khusus sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Sebagai contohnya:

  • Tel-U telah membidangi teknologi informasi dan komunikasi
  • Universitas Pertamina di bidang energi
  • UISI di bidang bisnis dan teknologi persemenan
  • ITT Surabaya untuk bidang teknologi komunikasi
  • IT PLN khusus untuk bidang ketenagalistrikan
  •  ITT Purwokerto lebih spesialisasi di bidang Healthcare
  • Agro-industry, Tourism, dan Small-Medium Enterprise
  • sementara ITT Jakarta lebih berfokus pada aplikasi bidang industri kreatif
  • ekonomi digital dan kewirausahaan
  • ULBI yang focus pada bidang logistik, supply chain management & e-commerce
Beasiswa Bergengsi  Cara Dapat Beasiswa Kuliah S1 Kanada 2023 Jalur Program Transfer

Semua spesialisasi dan kelebihan yang dimiliki oleh masing – masing Perguruan Tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN tersebut memang terbukti memiliki kedekatan dengan dunia industri, yang harapannya kemudian bisa berkolaborasi dengan para anggotanya untuk mengimplementasikan konsep Triple Helix yang mencakup Academic, Business, and Government.

Sedangkan dalam ruang lingkup pendidikan itu sendiri, APERTI BUMN akan berkontribusi dalam bidang kependidikan di masyarakat terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu melalui mekanisme pembiayaan CSR BUMN. Di mana nantinya program ini diharapkan bisa memberikan manfaat besar kepada masyarakat kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Tentu saja harapan panjangnya adalah agar hasil tersebut bisa dirasakan oleh BUMN itu sendiri.

Tidak hanya itu saja, kerja sama antara APERTI BUMN dan perguruan tinggi tersebut diharapkan kelak dapat menciptakan efisiensi dari sisi operasional pelaksanaan pendidikan, misalnya dalam penyusunan kurikulum dan penyetaraan mata kuliah, pertukaran dosen, atau juga pemberian manfaat fasilitas lainnya seperti laboratorium dan perpustakaan.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman resmi beasiswa APERTI BUMN atau masing – masing Universitas terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *