Kembali Dibuka, Inilah Syarat Dan Cara Daftar Beasiswa KIP Kuliah Untuk Jalur Seleksi Mandiri

Sebagaimana diketahui, jalur seleksi mandiri ini akan memberikan kesempatan bagi kalangan pelajar atau calon mahasiswa untuk memperoleh bantuan beasiswa, sehingga nantinya setiap penerimanya bisa berkuliah secara gratis termasuk gratis mengikuti seleksi masuk universitas.

Tidak hanya itu, penerima beasiswa juga akan mendapatkan manfaat lain berupa bantuan biaya hidup tiap semesternya hingga lulus. Adapun pendaftaran KIP Kuliah 2022 untuk jalur seleksi mandiri Perguruan Tinggi Negeri (PTN) telah dibuka mulai dari 1 Juni 2022 sampai dengan 7 Oktober 2022 mendatang, sementara untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pendaftaran dibuka mulai 8 Juni 2022 hingga 31 Oktober 2022.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Suharti, menyebut bahwa KIP Kuliah Merdeka merupakan suatau upaya pemerintah dalam mewujudkan mimpi setiap pelajar dengan meningkatkan modalitas ekonomi dan mobilitas sosial, khususnya bagi yang berasal dari keluarga miskin / rentan miskin dan berprestasi. Melalui beasiswa ini maka setiap penerima bisa berkuliah di berbagai program studi unggulan di kampus terbaik seluruh Indonesia.

Sama seperti tahun sebelumnya, di tahun ini pemerintah kembali menargetkan 200 ribu kuota pada program KIP Kuliah Merdeka. Menariknya, kesempatan memperoleh bantuan beasiswa ini tidak hanya berlaku untuk para lulusan tahun 2022 saja, akan tetapi juga siswa lulusan di 2021 tetap memiliki kesempatan yang sama dan bisa ikut serta.

Syarat Dan Cara Daftar Beasiswa KIP Kuliah Untuk Jalur Seleksi Mandiri

Persyarat KIP Kuliah 2022

  • Siswa SMA / SMK / MA sederajat yang lulus di tahun 2022 atau maksimal 2 tahun ajaran sebelumnya
  • Lulus seleksi tes masuk mahasiswa baru dan dinyatakan telah diterima di PTN / PTS dengan program studi yang terakreditasi
  • Memiliki potensi akademik yang bagus namun berasal dari keluarga yang kurang mampu dengan dibuktikan melalui dokumen yang sah, seperti di antaranya Kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Keikutsertaan dalam Program Keluarga Harapan (PKH), memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Siswa dari panti sosial / panti asuhan.
Beasiswa Bergengsi  Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Siapkan Beasiswa Khusus Untuk Mahasiswa Asal BangSel

Cara Daftar KIP Kuliah 2022

  • Buat akun di laman resmi melalui link kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  • Mengisi data diri meliputi NIK, NISN, NPSN, dan alamat email aktif
  • Menunggu proses validasi NIK, NISN, dan NPSN
  • Memperoleh nomor pendaftaran dan kode akses melalui email terdaftar, apabila proses validasi telah sukses
  • Lengkapi berkas diri dan memilih jalur seleksi (dalam hal ini anda bisa memilih jalur seleksi mandiri)
  • Menyelesaikan proses pendaftaran berdasarkan jalur seleksi yang dipilih, baik seleksi nasional / seleksi masuk perguruan tinggi
  • Khusus bagi calon penerima KIP Kuliah yang sudah diterima sebagai mahasiswa maka dapat melakukan verifikasi lanjutan oleh pihak universitas.

Besaran Bantuan KIP Kuliah 2022

  • Seperti tahun sebelumnya, besaran bantuan pada beasiswa KIP Kuliah digolongkan sesuai dengan akreditasi program studi yang diambil, yakni Rp 12 juta pada prodi akreditasi A, Rp 4 juta pada prodi akreditasi B, dan Rp 2 juta pada prodi akreditasi C.
  • Sementara untuk tunjangan biaya hidup per bulan dibedakan ke dalam lima klaster sesuai indeks harga daerah, di antaranya Rp 800 ribu untuk klaster 1, Rp 950 ribu untuk klaster 2, Rp 1.1 juta untuk klaseter 2, Rp 1.25 juta untuk klaster 3, dan Rp 1.4 juta untuk klaster 5.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *