Daftar Beasiswa Kaltim Tuntas

Menempuh pendidikan di jenjang yang lebih tinggi memang selalu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, hal inilah yang membuat banyak orang mengurungkan niatnya untuk bisa mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Hal itu juga lah yang kemudian melahirkan beberapa program beasiswa yang menjadi solusi atas masalah tersebut, di mana melalui beasiswa inilah biaya pendidikan akan terasa lebih murah atau bahkan bisa jadi gratis jika anda berhasil lolos menjadi penerima beasiswa tersebut.

Seperti yang ada di Kalimantan timur, program beasiswa Kaltim Tuntas yang di adakan oleh Pemerintah Provinsi Kaltim telah terbukti menjadi solusi dalam meningkatkan taraf pendidikan di wilayah tersebut.

Apa Itu Beasiswa Kaltim Tuntas?

Beasiswa Kaltim Tuntas merupakan sebuah program bantuan pendidikan dari pemerintah provinsi Kalimantan Timur yang diperuntukkan khusus bagi peserta didik yang berada di daerah Kaltim, khususnya untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Beasiswa Kaltim Tuntas 2022 atau yang bisa disingkat dengan BKT juga telah menjadi bukti nyata bahwa pemprov Kaltim turut berupaya dalam memajukan bangsa melalui pendidikan. Adapun beasiswa ini akan diberikan pada mahasiswa asal Kalimantan Timur yang dinyatakan masih aktif dalam menjalani masa studi di jenjang perguruan tinggi, mulai dari jenjang pendidikan Diploma 1 hingga Strata 3.

Tujuan dari program beasiswa ini adalah untuk memberi kesempatan belajar, meningkatkan motivasi belajar, membantu studi mahasiswa, serta meningkatkan prestasi akademik dari para peserta dan seluruh pemuda yang ada di wilayah Kalimantan Timur.

Hal inilah yang membuat banyak orang selalu ingin daftar beasiswa kaltim tuntas agar bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik melalui bantuan pembiayaan kuliahnya. Sebagaimana diketahui, Beasiswa Kaltim Tuntas juga terbagi ke dalam 3 jenis dan berikut di antaranya.

Beasiswa Bergengsi  Pendaftaran Dengan Nilai Rapor, Simak Syarat dan Cara Daftar Beasiswa KIP Telkom University 2022

Daftar Beasiswa Kaltim Tuntas

Tuntas Prestasi Akademik

Beasiswa Tuntas Prestasi Akademik (PA) merupakan salah satu jenis beasiswa Kaltim Tuntas yang disediakan untuk peserta studi umum, artinya para penerima beasiswa ini nantinya adalah putra putri dari Kaltim yang memiliki prestasi baik di bidang akademik.

Sebagai informasi, program beasiswa Kaltim Tuntas PA juga sudah mulai bisa diikuti oleh kalangan mahasiswa yang berada di semester 2, namun harus diketahui juga bahwa untuk bisa mendaftarnya maka setiap pendaftar harus memilik setidaknya IPK minimal 3.00 dari skala 4.00.

Tuntas Prestasi Non-Akademik

Hampir sama dengan beasiswa Kaltim Tuntas PA seperti di atas, Program Beasiswa Tuntas Prestasi Non-Akademik (PNA) juga mengharuskan adanya syarat ipk minimal 3.00 bagi seluruh pendaftar dalam seleksi program beasiswa ini.

Namun yang menjadi pembeda adalah pada kewajiban para calon peserta untuk menyertakan berkas pendukung dalam proses pendaftarannya, baik berupa sertifikat / piagam / penghargaan kejuaraan resmi non akademik yang diperoleh dalam 2 tahun terakhir, penghargaan tersebut juga harus masuk dalam kategori juara 1, 2, atau 3 dari berbagai bidang keahlian mulai dari pendidikan, keagamaan, olahraga, dan seni. Selain itu, tingkatan kejuaraan tersebut juga harus bertaraf Nasional atau Internasional.

Tuntas Khusus

Program beasiswa Tuntas yang satu ini memiliki perbedaan yang cukup mendasar dibandingkan dengan kedua jenis beasiswa Tuntas lainnya seperti di atas, di mana beasiswa Tuntas Khusus hanya akan diberikan kepada mahasiswa yang berstatus tidak mampu secara ekonomi, berkebutuhan khusus, berasal dari daerah 3T, anak atau cucu dari anggota Veteran, hingga bagi para hafidz Quran 30 Juz.

Dengan demikian, bagi anda yang mampu memenuhi semua syarat dari salah satu kriteria tersebut dan memiliki IPK minimal 3.00 maka anda berhak untuk mendaftarkan diri dalam program beasiswa Tuntas Khusus.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa PIP ( Program Indonesia Pintar ) 2022

Fitur Beasiswa Kaltim Tuntas

Sebagai salah satu program beasiswa unggulan dari pemprov, maka sudah pasti program beasiswa Tuntas juga memiliki berbagai fitur menarik yang membuatnya sangat bermanfaat bagi para penerimanya, apalagi setiap mahasiswa penerima beasiswa tersebut akan diberikan dana pendidikan secara penuh hingga berakhirnya masa kuliah.

Adapun proses pemberian bantuan beasiswa Kalimantan Timur Tuntas sendiri akan dilakukan secara langsung kepada semua penerimanya, tentu saja itu akan dilakukan melalui sistem transfer ke rekening pribadi atas nama mahasiswa tersebut. Namun jumlah bantuan yang diberikan jelas tidak lah sama antara jenjang pendidikan atau jurusan yang diberikan, tergantung dari tingginya jenjang pendidikan itu sendiri.

Syarat Beasiswa Kaltim Tuntas

Seperti halnya program beasiswa pada umumnya, beasiswa Kaltim Tuntas juga menetapkan sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi oleh semua calon pesertanya, jadi bagi anda yang ingin mendaftarkan diri dalam seleksi program beasiswa Tuntas maka perlu diperhatikan beberapa persyaratan seperti berikut ini.

  • Warga asli Kalimantan Timur
  • Masih aktif menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi dengan akreditasi minimal B
  • Pernah mengambil studi di jurusan yang terakreditasi minimal B
  • Nilai Indeks Prestasi Akademik (IPK) minimal 3.00 dari skala 4.00
  • Telah membuat akun Beasiswa Kaltim

Bagi anda yang sudah memiliki semua syarat seperti di atas, maka selanjutnya anda bisa langsung mulai melakukan pendaftaran dengan melampirkan sejumlah dokumen penting sebagai persyaratan dalam registrasi anda dan berikut di antaranya.

  • Scan transkrip nilai IPK
  • Scan halaman depan buku rekening tabungan atas nama pendaftar
  • Membuat surat pernyataan tidak akan atau sedang menerima beasiswa lain
  • Scan bukti pembayaran UKT / SPP selama 1 semester terakhir
  • Scan dokumen pendukung lainnya sesuai dengan jenis program beasiswa Kaltim Tuntas yang dipilih, misalnya seperti Sertifikat, Piagam, SKTM, atau yang lainnya.
Beasiswa Bergengsi  Daftar Beasiswa Luar Negeri Tahun 2022

Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas

Perlu diketahui, pendaftaran beasiswa kaltim tuntas juga dilakukan sepenuhnya secara online, itu artinya anda tidak perlu lagi melakukan pendaftaran di tempat – tempat tertentu karna semua bisa dilakukan dengan lebih mudah. Bagi anda yang penasaran dan tak sabar untuk segera mendaftar, berikut adalah beberapa proses dalam pendaftaran beasiswa Kaltim Tuntas yang wajib anda tahu.

  • Registrasi diri atau membuat akun melalui laman resmi pada jenis beasiswa yang ingin diikuti
  • Melengkapi data diri dan mengunggah hasil scan berkas asli sesuai dengan syarat yang telah ditentukan
  • Menunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh Badan Pengelola Beasiswa Kalimantan Timur Tuntas (BP-BKT) terhadap permohonan berkas pendaftaran anda
  • Apabila proses registrasi anda tadi telah berhasil diverifikasi, maka sekarang anda hanya perlu menunggu kabar dari pihak BP-BKT selaku tim penyeleksi pada program penerimaan beasiswa Kaltim Tuntas.

Itulah beberapa informasi penting tentang beasiswa kaltim tuntas 2022 yang wajib anda ketahui, pastikan anda telah menyimak dengan benar seluruh informasi di atas agar nantinya anda bisa daftar beasiswa kaltim tuntas dengan lebih mudah. Anda juga bisa menyesuaikan jenis program beasiswa kaltim tuntas sesuai dengan kriteria yang anda miliki, termasuk dengan jenjang pendidikan tinggi yang akan anda tempuh nantinya, untuk cek pengumuman beasiswa kaltim tuntas kalian bisa cek di sini.

Semoga artikel tentang daftar beasiswa kaltim tuntas kali ini bisa bermanfaat untuk anda, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.