Daftar Universitas Korea Yang Menyediakan Beasiswa

Dalam beberapa tahun terakhir, korea selatan menjadi salah satu Negara sebagai destinasi wisata bagi banyak orang dari seluruh dunia, tidak hanya karna memiliki daya tarik di dunia hiburannya saja tetapi korea juga dikenal sebagai sebuah Negara di asia yang miliki sistem pendidikan terbaik.

Hal inilah yang membuat Korea selalu menjadi idola bagi kalangan pelajar dan mahasiswa untuk bisa menuntut ilmu di sana pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, hebatnya lagi sejumlah perguruan tinggi di korea juga turut menghadirkan program beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari luar negaranya, tak terkecuali dengan Indonesia.

Dengan beasiswa tersebut maka anda akan berlajar selayaknya mahasiswa di sana, tidak hanya sekedar belajar saja setiap harinya tetapi juga bisa turut merasakan budaya asli korea secara langsung. Pastinya ini akan menjadi pengalaman terbaik dan sangat berharga bagi anda yang selama ini selalu mengidolakan korea sebagai suatu Negara impian anda selama ini, apalagi anda juga bisa tinggal di sana secara gratis melalui program beasiswa yang anda ikuti.

Penasaran? Bagi anda yang berminat untuk pergi kuliah di universitas korea yang menyediakan beasiswa, maka pastikan anda menyimak dengan baik beberapa daftar perguruan tinggi berikut ini yang bisa menjadi tujuan anda.

Daftar Universitas Korea Yang Menyediakan Beasiswa

SEOUL NATIONAL UNIVERSITY

Di antara yang lainnya, Seoul National Unversity merupakan universitas dengan peringkat terbaik yang ada di korea hingga saat ini, bahkan bisa dikatakan bahwa perguruan tinggi ini adalah salah satu dari tiga universitas paling bergengsi di negri ginseng itu. Tak ayal jika Seoul National University pun kerap dijuluki “SKY” mengingat para lulusan terbaik selalu terlahir dari universitas yang satu ini.

Beasiswa Bergengsi  250 Kuota Beasiswa Penuh Untuk Calon Mahasiswa Baru di STKIP NU Indramayu

Hebatnya lagi, universitas ini juga memiliki hubungan kerjasama internasional yang baik dengan 289 universitas dari 58 negara di seluruh dunia. Jadi, bukan tidak mungkin bila nantinya anda pun bisa menjadi salah satu lulusan terbaik yang mampu membawa perubahan bagi dunia.

KOREA UNIVERSITY

Bersanding dengan Seoul National University, Korea University juga menjadi salah satu dari tiga perguruan tinggi terbaik korea yang kerap mendapat julukan SKY karna prestasinya di bidang penelitian internasional yang luar biasa. Pencapaian tersebut bisa dibuktikan dengan adanya 11% mahasiswa di sana yang merupakan mahasiswa internasional, sekaligus juga membuat univeristas yang satu ini menjadi begitu kaya akan budaya. Korea University juga terkenal dengan sejarah panjang persaingannya dengan Universitas Yonsei yang terlihat dari banyaknya kompetisi olahraga yang selalu diadakan dan sangat melegenda di sana.

Sampai saat ini, Korea University masih kokoh berada di peringkat ke-69 sebagai universitas terbaik dunia dan peringkat ke-11 di peringkat Asia. Salah satu jurusan yang paling diminati adalah fakultas hukum yang diketahui memiliki salah satu program hukum sarjana paling bergengsi di korea.

KOREA ADVANCED INSTITUTE OF SCIENCE AND TECHNOLOGY (KAIST)

Bagi para pencari beasiswa tentu perguruan tinggi yang satu ini sudah tak asing lagi, KAIST merupakan universitas terbaik kedua di korea. Didirikan pada tahun 1971, Korea Advanced Institute of Science and Technology merupakan universitas berbasis riset di bidang Sains dan Teknologi pertama yang ada di Korea.

Adapun sebagian besar program di KAIST berada di bidang STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) dan sukses menempati peringkat ke-39 di antara institusi terbaik dunia dengan terbukti unggul dalam 13 mata kuliahnya.

Beasiswa Bergengsi  Daftar 8 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Terbuka Untuk Program Beasiswa APERTI BUMN 2022

POHANG UNIVERSITY OF SCIENCE AND TECHNOLOGY (POSTECH)

Ada yang menarik dari universitas yang satu ini, Pohang University of Science and Technology merupakan perguruan tinggi pertama di korea yang secara resmi menerapkan dua bahasa dalam proses perkuliahannya, bahkan POSTECH juga cukup dikenal luas sebagai kampus bilingual sejak tahun 2010 lalu menyusul proses perkuliahan yang didominasi oleh 2 bahasa yakni bahasa Korea dan bahasa Inggris. Universitas yang terletak di kota Pohang ini merupakan perguruan tinggi riset swasta yang berada di urutan 77 terbaik dunia dan peringkat 26 terbaik di Asia.

SUNGKYUNKWAN UNIVERSITY

Berdiri sejak tahun 1398, Sungkyunkwan University menjadi satu – satunya universitas paling tua yang ada di korea. Terdapat 2 kampus utama yang bisa anda tuju, di antaranya adalah kampus Humaniora Ilmu Sosial di Seoul dan kampus Ilmu Pengetahuan Alam di Suwon.

Sungkyunkwan terkenal dengan sekolah kedokterannya yang sampai saat ini berada di 101-150 secara global di peringkat subjek dan menjadi nomor dua di Korea yang mana jurusan ini juga diketahui bekerjasama dengan Samsung Medical Center yang sangat terkenal di dunia. Harapan untuk memulai karir anda di dunia kerja juga sangat lah terbuka jika anda berada di Sungkyunkaw University.

PROGRAM BEASISWA

Jika yang tadi adalah daftar universitas korea yang menyediakan beasiswa, maka berikut ini adalah beberapa program beasiswa yang ada di korea.

GLOBAL KOREA SCHOLARSHIP (GKS)

Program beasiswa yang dulunya juga kerap disebut sebagai KGSP ini menawarkan tiga programnya sesuai dengan jenjang pendidikan yang dimilikinya yakni S1, S2, dan S3. Pendaftarannya juga dibagi ke dalam dua jalur pendaftaran, yakni jalur kedutaan / embassy dan jalur universitas itu sendiri.

Beasiswa Bergengsi  Pemerintah Amerika Serikat Buka Program Pertukaran Mahasiswa, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Menariknya, beasiswa yang satu ini juga turut mengcover biaya akomodasi p pulang – pergi, biaya hidup hingga 900 ribu won per bulannya untuk jenjang S1 dan 1 juta won per bulan untuk jenjang pendidikan S2 dan S3, asuransi kesehatan dan biaya tempat tinggal, biaya riset, biaya pelatihan bahasa, dan pastinya adalah biaya kuliah gratis.

BEASISWA LPDP

Meski tidak disediakan oleh universitas di korea itu sendiri, namun program beasiswa LPDP juga bisa menjadi jembatan bagi anda yang ingin menempuh pendidikan lebih tinggi di korea terutama bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah di jenjang Magister (S2) dan doktoral (S3).

ART MAJOR ASIAN (AMA) SCHOLARSHIP

Sesuai namanya, Art Major Asian Scholarship merupakan program beasiswa S1 dan S2 yang diperuntukkan bagi siswa dengan bakat artistik agar bisa melanjutkan studinya di Korea. Adapun program beasiswa ini juga merupakan bentu upaya untuk mempromosikan pertukaran pelajar internasional dalam dunia pendidikan dan persahabatan dua negara. Dari beasiswa inilah seringkali terlahir sosok seniman baru di korea dengan karya luar biasa yang mungkin selama ini tidak pernah dipandang secara penuh.

Itulah beberapa daftar universitas korea yang menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswa yang berasal dari luar korea, tentunya setiap program beasiswa selalu menetapkan syarat yang harus dilalui oleh semua pendaftarnya sebelum benar-benar dinyatakan lolos dalam seleksi program beasiswa tersebut, maka dari itu persiapkan lah diri anda dari sekarang dan mulai lah mencari informasi terkait program beasiswa yang anda inginkan.

Semoga artikel tentang universitas korea dan beasiswa yang tersedia untuk kuliah di sana bisa bermanfaat untuk anda, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *