Beasiswa Kuliah Untuk Lulusan SMA / Sederajat

Mengenyam bangku perkuliahan mungkin masih belum bisa dijangkau oleh semua orang dari berbagai lapisan di Indonesia, salah satu alasannya adalah karna biaya yang dibutuhkan untuk menempuh studi di perguruan tinggi tidak lah mudah, berbeda dengan pendidikan di jenjang sekolah yang cenderung lebih terjangkau khususnya untuk sekolah negeri yang telah mendapat bantuan dari pemerintah.

Dengan kata lain, beasiswa untuk kuliah menjadi hal yang sangat di idam-idamkan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, terutama bagi anda yang sedang atau baru saja lulus dari pendidikan di SMA / SMK / sederajat.

Sekarang ini kesempatan untuk mendapat kuliah gratis melalui beasiswa bagi lulusan SMA semakin terbuka, tidak hanya dari pemerintah saja tetapi pihak swasta juga saling berupaya untuk menyediakan beasiswa bagi siswa-siswi Indonesia yang memenuhi persyaratan agar dapat melanjutkan pendidikannya hingga ke jenjang kuliah.

Beasiswa Kuliah Untuk Lulusan SMA / Sederajat

Jadi, bagi anda yang merupakan lulusan SMA atau sedang menjalani gap year dan membutuhkan informasi seputar beasiswa, maka anda sedang berada di tempat yang tepat karna sedang membaca artikel yang membahas tentang beberapa program beasiswa kuliah untuk lulusan SMA yang bisa anda coba dan berikut di antaranya.

Quipper Scholarship Award (QSA) 2022

Bagi anda para Quipperian yang pasti sudah tak asing dengan yang namanya Quipper Scholarship Award, ajang kompetisi tahunan yang terbuka kepada siswa-siswi se-Indonesia untuk bisa memperebutkan kuota beasiswa dari berbagai perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia dengan total nilai mencapai miliaran rupiah. Jenis beasiswa yang tersedia juga sangat beragam, mulai dari beasiswa parsial hingga beasiswa penuh.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Kampus Penyedia Beasiswa Qatar Foundation S2

Sama seperti tahun – tahun sebelumnya, tahun 2022 ini juga sejumlah perguruan tinggi akan membagikan program beasiswa melalui Quipper Scholarship Award, berikut adalah beberapa universitas yang tersedia.

  • Telkom University
  • Kalbis Institute
  • Universitas Tarumanagara
  • Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP)
  • Institut Teknologi PLN (IT PLN)
  • PPM School of Management
  • Universitas Paramadina
  • Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP)
  • Universitas Kristen Maranatha
  • Indonesia Banking School

Bagi anda yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa ini, anda bisa langsung mendaftarnya di laman resmi Quipper dan mengetahui berbagai informasi selengkapnya.

Sebagai persiapan dalam menggelar ajang tersebut, Quipper juga membuat expo secara daring yang bisa diakses melalui zoom. Pada acara tersebut, Quipper tidak hanya membagikan informasi penting seputar program beasiswanya, tetapi anda juga bisa berkesempatan untuk turut bisa mendapatkan hadiah menarik dari Quipper Campus, jadi jangan sampai ketinggalan.

Kartu Indonesia Pintar

Bila sebelumnya pelajar di Indonesia lebih mengenal beasiswa Bidikmisi, maka program tersebut kini telah diubah menjadi Kartu Indonesia Pintar yang merupakan pengganti dari program Beasiswa Bidikmisi yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi semua calon mahasiswa yang tidak mampu secara finansial, namun memiliki potensi akademik yang sangat baik dan mendapat rekomendasi langsung dari pihak sekolah.

Adapun program beasiswa ini mencakup biaya kuliah, tunjangan buku, dan uang saku yang diberikan setiap semesternya. Mahasiswa dengan jenjang D3 juga akan mendapatkan beasiswa selama 6 semester, sedangkan mahasiswa di jenjang pendidikan D4 dan S1 akan mendapatkan beasiswa hingga 8 semester.

Dengan bantuan yang diberikan selama periode tersebut maka bisa tidak berlebihan bila beasiswa Kartu Indonesia Pintar pun dirasa sangat membantu biaya kebutuhan selama kuliah, tak mengherankan bila program beasiswa ini pun selalu dibanjiri oleh pendaftar yang datang dari berbagai kalangan dari jenjang pendidikan SMA / SMK / sederajat.

Beasiswa Bergengsi  Seleksi Mandiri (SM) ITB 2022 Kembali dibuka, Simak Info Lengkapnya

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Pertamina juga turut andil dalam upaya mencerdaskan Indonesia dan itu dibuktikan melalui program beasiswa Pertamina Sobat Bumi yang khusus diberikan kepada mahasiswa kurang mampu yang sedang menempuh pendidikan di jenjang S1, namun memiliki kemampuan akademik yang baik dan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan serta pemberdayaan masyarakat.

Namun perlu diketahui juga bahwa program beasiswa yang satu ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang berada di wilayah Indonesia Barat dan Indonesia Tengah. Sedangkan untuk mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi di Indonesia Timur, maka Pertamina juga turut menyediakan program beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur.

Besaran bantuan biaya kuliah yang diberikan melalui program beasiswa ini juga cukup besar, yakni mencapai Rp 5 juta per semester beserta bantuan biaya hidup sebesar Rp 500 ribu per bulan.

Selain itu, peserta dalam program beasiswa ini juga akan mendapatkan support untuk menyelenggarakan acara Aksi Sobat Bumi, serta training peningkatan kapasitas secara reguler. Program seperti ini diharapkan bisa memberikan dukungan penuh kepada semua pesertanya.

Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Beasiswa Masyarakat Berprestasi merupakan salah satu dari lima jenis beasiswa unggulan yang juga diselenggarakan oleh Kemendikbud. Mengingat beasiswa ini merupakan salah satu beasiswa unggulan, maka keuntungan yang didapatkan juga hampir sama seperti pada program beasiswa unggulan lainnya, yakni biaya kuliah gratis beserta uang saku yang diberikan setiap bulannya.

Beasiswa ini khusus diberikan kepada masyarakat Indonesia yang memiliki pencapaian prestasi di bidang akademik maupun non-akademik di level nasional maupun internasional. Selain itu, program beasiswa dari Kemendikbud ini juga diberikan kepada masyarakat Indonesia yang turut memberikan kontribusinya terhadap daya saing bangsa. Untuk mendaftar pada program beasiswa ini maka anda wajib membuat essay yang topiknya akan ditentukan langsung oleh pihak dari panitia penyelenggara ketika menjalani proses seleksi.

Beasiswa Bergengsi  Segera Daftar, Ini Syarat dan Cara Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2

Beasiswa APERTI BUMN

Beasiswa APERTI BUMN merupakan beasiswa yang disediakan langsung oleh APERTI BUMN kepada seluruh siswa / siswi lulusan SMA dan sederajat di seluruh Indonesia yang berminat kuliah di salah satu perguruan tinggi naungan APERTI BUMN.

Setidaknya ada sekitar 9 perguruan tinggi yang berada di bawah naungan APERTI BUMN, seperti Bank Rakyat Indonesia (BRI) Institute, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Universitas Pertamina, Telkom University (Tel-U), Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), Institut Teknologi PLN (IT PLN), Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS), Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), dan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG).

Penerima beasiswa yang terpilih dalam program ini akan mendapatkan beasiswa penuh 100% selama menempuh studinya.

Itulah beberapa informasi tentang beasiswa kuliah untuk lulusan sma / sederajat yang tersedia saat ini, beberapa di antaranya bisa memberikan benefit yang cukup besar kepada para pesertanya, namun perlu diingat kembali bahwa setiap program beasiswa pastinya juga memiliki ketentuan syarat dalam seleksi penerimaan pesertanya. Maka dari itu, mulai lah persiapkan diri anda dari sekarang agar anda bisa berpeluang lebih besar untuk lolos dalam program beasiswa yang anda inginkan.

Semoga artikel mengenai beasiswa kuliah untuk lulusan sma kali ini bisa bermanfaat, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.