Salah Ambil Jurusan Kuliah

Salah Ambil Jurusan Kuliah? Ini Tips Ampuh yang Wajib dicoba

Dalam kenyataannya, meski melanjutkan pendidikan di jenjang kuliah menjadi hal yang diinginkan oleh banyak pelajar namun tak dapat dipungkiri bila beberapa mahasiswa malah justru merasa telah salah ambil jurusan ketika sudah memulai proses perkuliahan.

Sayangnya, kondisi seperti ini juga turut berdampak pada proses pembelajaran yang dilalui oleh mahasiswa tersebut dan biasanya ini akan memberikan hasil prestasi akademik yang kurang memuaskan, tak jarang juga mahasiswa salah jurusan seperti ini malah berakhir dengan enggan melanjutkan kuliahnya.

Tentu sangat disayangkan mengingat biaya kuliah tidak lah sedikit, namun anda tak perlu khawatir karna beberapa siasat berikut ini bisa menjadi cara alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Salah Ambil Jurusan Kuliah? Ini Tips Ampuh yang Wajib dicoba

Ikut Unit Kegiatan Mahasiswa

Salah jurusan umumnya disadari ketika proses perkuliahan mulai berlangsung dan itu akan mengarah pada materi pembelajaran yang diberikan dalam kelas, namun bukan berarti tidak ada hal menarik di kampus yang membuat proses perkuliahan jadi lebih menyenangkan, salah satunya adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Melalui UKM inilah maka anda bisa menemukan hal baru yang sesuai dengan minat dan bakat anda, serunya lagi kegiatan UKM juga dilakukan bersama dengan teman – teman kuliah lainnya yang pasti akan memberikan suasana baru dan menyenangkan selama anda menjadi mahasiswa aktif di universitas tersebut.

Ikut Komunitas di luar Kampus

Katakanlah tidak ada UKM yang sesuai dengan minat dan bakat anda, namun setidaknya hal itu bukan menjadi alasan untuk tidak mencoba hal baru di luar kampus, salah satunya adalah dengan mengikuti komunitas di luar kampus. Ada cukup banyak komunitas yang ada saat ini, salah satunya tentu ada yang sesuai dengan minat anda.

Beasiswa Bergengsi  Daftar PTN Yang Masih Membuka Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri, Ini Daftar Lengkapnya

Anda hanya perlu menyesuaikan minat anda dengan aktivitas yang dilakukan oleh komunitas tersebut, atau bisa jadi malah anda menyeberang dengan mengikuiti komunitas yang berhubungan tak jauh dengan materi kuliah dalam kelas anda.

Sebagai contohnya, jika anda salah mengambil jurusan bahasa maka anda bisa mengikuti komunitas yang terhubung dengan orang – orang dari berbagai Negara, dengan begitu maka mau tidak mau anda akan bisa membangun komunikasi yang lebih baik dengan warga Negara asing yang pada akhirnya bisa membuat anda lebih mudah dalam mengikuti proses perkuliahan.

Ambil Pendidikan Informal Luar Kampus

Jika UKM atau kegiatan luar kampus bersama komunitas terkesan kurang berbobot, maka anda juga bisa mengikuti pendidikan informal luar kampus, contohnya seperti sekolah ketrampilan / kursus, workshop, / short course, atau pendidikan informal lainnya.

Anda tak perlu khawatir dalam membagi waktu anda karna sebagian besar pendidikan informal semacam ini hanya membutuhkan waktu yang singkat, bahkan biasanya mahasiswa yang sedang menjalani liburan semester juga kerap mengikuti pendidikan informal semacam ini.

tujuannya tentu agar anda bisa menumpahkan kemampuan anda dalam bidang yang anda inginkan, terlebih pendidikan informal semacam ini juga biasanya langsung akan menghubungkan anda dengan peluang yang cukup baik, mulai dari pandangan terhadap karir atau usaha di masa mendatang.

Menariknya lagi, pendidikan informal juga umumnya akan memberikan anda sertifikat atau ijazah khusus yang sekaligus juga bisa digunakan sebagai bekal di kemudian hari ketika anda ingin terjun di dunia karir.

Demikian beberapa tips dan cara yang bisa dicoba ketika anda mungkin telah salah ambil jurusan kuliah, semoga bermanfaat.