Beasiswa Full Dan Parsial di Jerman

Beasiswa Full Dan Parsial di Jerman, Pendaftaran Epos DAAD 2023 Kembali di Buka

Jerman telah menjadi salah satu tujuan bagi para pencari beasiswa, bukan hanya karna bisa memberikan bantuan pembiayaan penuh selama pendidikan tetapi juga menjadi salah satu Negara dengan sistem pendidikan terbaik di eropa. Ada sejumlah program beasiswa yang ditawarkan pada semua mahasiswa internasionalnya, salah satu di antaranya adalah Development Related Postgraduate Courses atau yang biasa disebut Epos, ini merupakan bagian dari program DAAD yang diselenggarakan oleh Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman.

Kabar baiknya, program beasiswa Epos DAAD juga kini dibuka kembali. Tidak hanya menawarkan program beasiswa full biaya kuliah saja melainkan juga tersedia beasiswa parsial sesuai dengan program studi dan universitas yang dipilih nantinya, setidaknya ada sekitar puluhan program studi yang tersedia mulai dari jenjang pendidikan S2 hingga S3.

Seperti tahun – tahun sebelumnya, program Beasiswa Epos 2023 – 2024 juga masih menetapkan syarat pengalaman kerja di bidang profesional minimal dua tahun, misalnya seperti pengalaman bekerja di lembaga pemerintah, perguruan tinggi, BUMN, maupun perusahaan swasta.

Sebagaimana diketahui, khusus untuk program gelar master, maka masa beasiswa akan berlangsung selama 12 – 24 bulan. Berbeda dengan program S3 yang durasinya mencapai 42 bulan tergantung dari masa kuliah pada program studi yang dipilih. Menariknya, peserta yang dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa nantinya akan mendapatkan bantuan biaya mencapai 861 Euro per bulan untuk program master, serta 1.200 Euro per bulan untuk PhD.

Itu masih belum ditambah dengan asuransi kesehatan dan kecelakaan, serta kursus bahasa Jerman yang berlangsung selama 6 bulan. Tidak hanya itu, masih ada juga tunjangan perjalanan apabila akomodasi belum dibiayai oleh pemerintah atau Negara asal. Manfaat lainnya juga akan diberikan untuk kondisi tertentu, seperti subsidi sewa bulanan dan uang saku.

Beasiswa Bergengsi  Contoh Motivation Letter Beasiswa

Adapun bantuan dana yang tidak disediakan oleh DAAD adalah biaya pendaftaran kuliah itu sendiri atau biaya yang dikeluarkan ketika anda mendaftar masuk ke suatu universitas di Jerman. Menariknya lagi, para pendaftar tidak dikenai batasan usia karna hanya terdapat maksimal batas gelar studi terakhir tak lebih dari 6 tahun pada saat pendaftaran beasiswa Epos DAAD.

Bagi anda yang tertarik, pengajuan pendaftaran Beasiswa Epos DAAD 2023 – 2024 bisa dilakukan langsung ke tiap program pascasarjana yang diinginkan dengan masa pendaftaran sekitar bulan Agustus hingga Januari 2023 mendatang.

Anda dapat memilih maksimal 3 jurusan yang tersedia dan nantinya pihak universitas lah yang akan menilai sendiri kandidat paling potensial untuk kemudian dilanjutkan ke pihak DAAD. Proses selanjutnya, kandidat tersebut akan langsung dihubungi oleh pihak DAAD dan meminta kandidat tersebut untuk mengunggah aplikasi secara lengkap melalui laman resmi DAAD.