Kuliah Jalur Mandiri 2022 Dengan Nilai UTBK, PTN Ini Wajib di Coba

Kuliah Jalur Mandiri 2022 Dengan Nilai UTBK, PTN Ini Wajib di Coba

Lolos SBMPTN tentu menjadi hal yang paling diinginkan oleh banyak pelajar saat ini, meski tak bisa dikatakan cukup mudah namun setidaknya masih ada kemungkinan lain yakni dengan mengandalkan nilai UTBK untuk jalur mandiri. Terdengar asing namun faktanya nilai UTBK juga ternyata bisa digunakan untuk mengikuti Tes Seleksi Mandiri. Tapi perlu diketahui bahwa tidak semua kampus terbuka untuk jalur ini, nah berikut adalah daftar beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang membuka Kuliah Jalur Mandiri 2022 dengan nilai UTBK.

Daftar PTN Kuliah Jalur Mandiri 2022 Dengan Nilai UTBK

Institut Teknologi Bandung

ITB jelas menjadi salah satu PTN dengan jalur mandiri nilai UTBK yang bisa anda coba, bahkan bisa dikatakan bahwa standar nilai UTBK 2022 menjadi syarat untuk mengikuti Tes Seleksi Mandiri di ITB. Adapun masa pendaftaran Jalur Mandiri menggunakan nilai UTBK 2022 rencananya akan berlangsung mulai tanggal 6 sampai 29 Juni 2022.

Universitas Padjadjaran

Khusu bagi anda yang ingin mendaftar kuliah tanpa tes di Unpad maka skema pendaftaran melalui Jalur Mandiri dengan nilai UTBK bisa menjadi pilihan, namun anda juga harus menentukan program studi di Unpad yang sama dengan kelompok ujian UTBK baik Soshum maupun Saintek. Lain halnya jika anda ingin lintas jurusan, maka anda harus mengikuti ujian seleksi Unpad seperti biasanya.

Universitas Negeri Yogyakarta

Perlu diketahui, terdapat 2 Jalur Mandiri dengan nilai UTBK 2022 yang bisa anda ikuti di UNY, yakni Seleksi Mandiri jalur UTBK untuk Program Sarjana Terapan / D4 dan Program Sarjana. Adapun masa pendaftarannya akan dilangsungkan secara bersamaan yang dimulai pada tanggal 14 Juni sampai 16 Juli 2022.

Beasiswa Bergengsi  Cara Membuat SKTM Untuk Beasiswa

Universitas Sebelas Maret

Anda bisa menggunakan nilai UTBK untuk mendaftar kuliah tanpa tes di UNS khusus untuk Program Diploma dan Sarjana, di mana masa pendaftaran pada Program Diploma telah dimulai sejak 24 Mei lalu hingga tanggal 15 Juli 2022. Sedangkan untuk Program Sarjana, anda dapat memilih Seleksi Mandiri Jalur Kelas Internasional ataupun Seleksi Mandiri Jalur UTBK, di mana masa pendaftarannya dimulai pada tanggal 1 Juni sampai 26 Juni 2022.

Institut Pertanian Bogor

Berbeda dengan yang lainnya, pendaftaran kuliah tanpa tes di IPB dengan nilai UTBK hanya berlaku untuk nilai UTBK Saintek saja. Adapun ketentuan tersebut berlaku bagi calon mahasiswa di beberapa program seperi Vokasi, Sarjana, termasuk di Kelas Internasional.

Masa pendaftarannya juga berbeda karna jadwal untuk program Vokasi telah dimulai sejak tanggal 11 April hingga tanggal 12 Juli 2022, sedangkan untuk Seleksi Mandiri dengan nilai UTBK pada Program Sarjana dan Kelas Internasional masa pendaftarannya dijadwalkan bakal dimulai pada 11 April sampai 25 Juni 2022.

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Tak ingin ketinggalan, UPN Veteran Yogyakarta juga ternyata membuka Jalur Mandiri dengan nilai UTBK 2022. Adapun masa pendaftaran Seleksi Mandiri jalur UTBK di Program D3 dan S1 akan berlangsung serentak, yakni tanggal 24 Juni hingga 7 Juli 2022.

Institut Sepuluh Nopember

Sama dengan Perguruan Tinggi Negeri lainnya, anda juga bisa menggunakan nilai UTBK untuk masuk Jalur Mandiri di ITS yang terdiri atas dua Program, yakni S1 dan D4. Khusus untuk jenjang D4, anda bisa mengikuti Seleksi Reguler maupun Mandiri dengan masa pendaftaran yang dilakukan bersama pada 6 Juni hingga 13 Juli 2022. Sementara untuk Jenjang S1 masa pendaftarannya dibuka pada tanggal 2 – 26 Juni 2022.

Beasiswa Bergengsi  Program Seleksi Beasiswa Lutim Yang Wajib Kalian Tau

Universitas Airlangga

Terdapat 3 Jalur Mandiri dengan nilai UTBK 2022 yang ada di Unair, masing – masing meliputi Program D3 dan D4 dengan jadwal pendaftaran yang akan dibuka secara serentak baik Gelombang II dan III, di mana pendaftaran Gelombang II akan dimulai pada tanggal 4 – 26 Juni 2022, sedangkan pendaftaran untuk Gelombang III baru akan dimulai pada tanggal 1 Juli sampai 5 Agustus 2022. Sementara khusus untuk jalur mandiri dengan menggunakan nilai UTBK pada Program Sarjana akan dibuka pendaftarannya pada 4 – 26 Juni 2022.