Beasiswa S2 Dalam Negeri Tanpa Syarat IPK

Beasiswa S2 Dalam Negeri Tanpa Syarat IPK

Program Beasiswa kuliah S2 dalam negeri selalu dibanjiri oleh banyak peminatnya, hal ini dikarenakan tak sedikit universitas ternama yang berada di Indonesia, bahkan sejumlah perguruan dalam negeri juga ada yang bekerja sama dengan universitas luar negeri.

Namun sayangnya, biaya yang dibutuhkaan untuk program pendidikan di jenjang S2 seperti ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit karna bagaimana pun juga semakin tinggi jenjang pendidikan yang diambil maka semakin besar pula biaya yang dibutuhkan.

Beasiswa S2 Dalam Negeri Tanpa Syarat IPK

Karna alasan seperti di atas, maka program beasiswa selalu menjadi andalan untuk mengatasi masalah tersebut, menariknya lagi beberapa beasiswa S2 dalam negeri juga tidak mensyaratkan adanya standar nilai IPK kepada setiap pendaftarnya. Penasaran? Berikut adalah beberapa beasiswa S2 dalam negeri tanpa syarat IPK yang wajib anda coba.

Beasiswa Kominfo

Sebagai salah satu lembaga kementerian Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) menyediakan program beasiswa untuk seluruh mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2. Tidak ada syarat IPK tertentu yang wajib dipenuhi oleh setiap pendaftarnya, akan tetapi dengan adanya skema passing grade mungkin akan membuat persaingan dalam proses seleksinya terasa cukup menantang.

Tidak hanya itu, anda juga diharuskan untuk memiliki surat rekomendasi dari pihak kampus sebelumnya atau tempat anda bekerja saat ini. Adapun bantuan biaya yang diberikan oleh program beasiswa ini mencapai Rp 1.5 juta untuk setiap bulannya sebagai uang saku bulanan, selain itu juga masih ada pembiayaan kuliah dan biaya penunjang akademik lainnya.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Universitas Terbaik Beasiswa Turki Tanpa TOEFL

Beasiswa LPDP

Salah satu beasiswa S2 dalam negeri tanpa syarat IPK adalah beasiswa LPDP, anda bisa melihat daftar program beasiswa LPDP tanpa syarat IPK karna beberapa di antaranya juga masih ada syarat tersebut pada program beasiswa tertentu misalnya seperti beasiswa umum, beasiswa targeted group, dan beasiswa afirmasi.

Pembiayaan dari beasiswa ini juga sangat lengkap, mulai dari biaya kuliah, biaya hidup, biaya penelitian, biaya transportasi, hingga asuransi kesehatan. Bagi anda yang ingin mencoba beasiswa ini, anda harus bisa mempersiapkan dan menunggu pendaftarannya dibuka karna seperti tahun – tahun sebelumnya beasiswa LPDP selalu dibuka setiap awal tahun ajaran baru.

Beasiswa IsDB

Meski cukup jarang terdengar, Islamic Development Bank (IsDB) selalu menjadi primadona bagi sebagian kalangan mahasiswa yang ingin mendapatkan biaya kuliah penuh di jenjang perguruan tinggi, hal itu juga yang membuat banyak mahasiswa ingin mencobanya.

Sebagaimana diketahui, IsDB menawarkan beasiswa penuh dengan menanggung biaya kuliah, biaya hidup, tunjangan tesis, tunjangan instalasi, biaya berobat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak ada syarat IPK tertentu dalam proses pendaftaran dalam program beasiswa ini, akan tetapi beasiswa kuliah S2 dalam negeri yang satu ini mensyaratkan universitas tempat anda mengambil studi sebelumnya harus masuk dalam daftar peringkat terbaik di Indonesia.

Beasiswa S2 Bidikmisi

Yang satu ini jelas menjadi yang paling populer di kalangan mahasiswa, pasalnya beasiswa bidikmisi memungkinkan bagi setiap pesertanya untuk tetap bisa menjadi penerima beasiswa di jenjang pendidikan S2 meski sebelumnya sudah pernah mendapatkan beasiswa tersebut. Ada beberapa program studi yang bisa anda pilih baik di dalam maupupn luar negeri, bahkan ada pula yang tidak menjadikan nilai IPK sebagai standar persyaratannya.

Beasiswa Bergengsi  Cara Kuliah di Luar Negeri Dengan Beasiswa

Beasiswa SEARCA

Yang berikut ini mungkin tidak begitu populer dibandingkan dengan program beasiswa lainnya, sebab, Beasiswa SEARCA merupakan program bantuan biaya pendidikan di jenjang S2 yang diperuntukkan khusus bagi kalangan dosen, peneliti, atau pun PNS. Beasiswa ini menawarkan program ilmu sosial, kehutanan, statistik, ilmu lingkungan, biologi, dan perikanan.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua perguruan tinggi dalam negeri menyediakan program beasiswa ini, anda perlu melihat lebih detail pada daftar universitas dalam negeri yang bekerjasama dalam program beasiswa SEARCA, termasuk juga dengan beberapa universitas ternama di Asia Tenggara.

Beasiswa BUDI

Sama halnya dengan beasiswa SEARCA, program beasiswa BUDI juga diperuntukkan bagi kalangan dosen yang ingin melanjutkan kuliahnya di jenjang pendidikan S2. Tidak hanya menargetkan pesertanya untuk kuliah di universitas dalam negeri saja, akan tapi beasiswa ini juga turut menyasar pada sejumlah universitas luar negeri dengan kode BPP-LN. Beasiswa BUDI juga memberikan biaya pendidikan penuh kepada semua pesertanya sebagaimana pembiayaan yang diberikan oleh LPDP.

Beasiswa Dexa Award

Salah satu jenis beasiswa yang juga terbuka untuk mahasiswa S2 dalam negeri adalah beasiswa Dexa Award yang ditujukan khusus bagi para lulusan S1 dari semua jurusan yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Sama seperti program beasiswa lainnya, pada beasiswa DEXA Award juga terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar bisa lolos dalam proses seleksinya, seperti misalnya proposal riset S2 yang berhubungan dengan kesehatan manusia.

Selain itu juga anda harus memilih kampus dengan akreditasi A agar bisa memperoleh beasiswa kuliah S2 yang satu ini. menariknya, keuntungan yang diberikan tidak hanya sebatas pada biaya kuliah saja, akan tetapi penerima beasiswa juga bisa berkesempatan untuk turut berkarier di Dexa Group.

Beasiswa Bergengsi  Contoh Minat Dan Bakat Untuk Beasiswa

Beasiswa Jabar Future Leaders (JFL)

Beasiswa dalam negeri yang berikut ini ditujukan khusus bagi kalangan mahasiswa yang memiliki KTP Jabar dan terdaftar sebagai warga Jawa Barat. Tidak ada syarat IPK tertentu yang harus dipenuhi oleh setiap calon penerimanya, namun perlu diketahui bahwa beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa baru dan masih aktif dalam perkuliahan.

Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat IPK

Jika yang tadi merupakan baesiswa S2 dalam negeri tanpa syarat IPK, maka yang berikut ini adalah beasiswa tanpa syarat IPK di universitas luar negeri.

GKS KOREA

Global Korea Scholarship (GKS) merupakan suatu program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Korea Selatan untuk para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang S1 hingga S3 di Negara tersebut. adapun jenis program yang ditawarkan antara lain Undergraduate Course untuk jenjang pendidikan sarjana / S1, Graduate Course untuk jenjang pendidikan master / S2, dan doktoral / S3, serta ada pula program penelitian khusus untuk program pertukaran dosen dan pasca doktoral di lembaga penelitian atau universitas Korea Selatan.

Beasiswa GKS sendiri memiliki 2 skema yang bisa diambil, antara lain mendaftar melalui kedutaan besar Korea Selatan atau bisa juga mendaftar melalui kampus yang ada di wilayah Korea Selatan.

MAECI ITALIA

Italian Government Scholarship atau MAECI merupakan sebuah program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Italia untuk para mahasiswa internasionalnya. Beasiswa MAECI ditujukan khusus bagi para lulusan S1 dan S2 yang ingin melanjutkan studi lanjutan di Italia, terutama untuk disiplin ilmu seperti Seni & Desain, Ekonomi, Hukum, Ilmu & Profesi Terapan, Ilmu Komputer & IT, Ilmu Sosial, Jurnalisme & Media, Kedoktoran & Kesehatan, Pelatihan & Pendidikan, Pertanian dan Kehutanan, Rekayasa & Teknologi, Sains & Matematika, Sastra, serta Teknik.