Beasiswa Polibatam 2022

Beasiswa Polibatam 2022

Politeknik Negeri Batam atau yang juga kerap dikenal sebagai Polibatam merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri Vokasi yang berada di kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas Batam, Bintan, dan Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Selain terletak di salah satu kawasan dengan pusat pertumbuhan ekonomi nasional terbesar, Polibatam juga berada di wilayah terdepan dan terluar dari Negara Kesatuan republik Indonesia yang kebetulan berbatasan langsung dengan perairan internasional.

Pada awalnya Polibatam sendiri merupakan Perguruan Tinggi Swasta di bawah naungan Yayasan Pendidikan Batam yang masing-masing beranggotakan Otorita Batam, Institute Teknologi Bandung, Pemerintah Kota Batam, dan Universitas Riau. Namun seiring dengan perkembangan kinerja dan prestasinya yang telah diraih selama satu dasawarsa, akhirnya pada tanggal 18 Oktober 2010 Pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2010 telah menetapkan secara resmi Polibatam menjadi PTN dengan nama Politeknik Negeri Batam. Dengan demikian mulai sejak Tahun akademik 2011 / 2012, status mahasiswa dan lulusan Polibatam dinyatakan sebaqai mahasiswa dan lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Pemerintah.

Sebagai Perguruan Tinggi jalur vokasional yang berorientasi pada penguatan kemampuan praktek dan keterampilan mahasiswanya maka proses pendidikan di Polibatam juga didukung oleh infrastruktur gedung yang sangat memadai. Gedung bebas asap rokok itu berdiri kokoh di atas lahan seluas 12,5 hektar di Batam Center yang merupakan pusat kota Batam.

Gedung Utama tersebut merupakan pusat aktivitas manajemen, dosen dan proses kegiatan akademik dilakukan selama ini. Fasilitas di gedung ini terdiri dari 20 ruang kelas, 29 laboratorium, perpustakaan, ruang administrasi, dan ruang layanan informasi serta berbagai sarana umum lainnya seperti masjid, kantin, dan auditroium yang cukup luas dengan daya tampung hingga mencapai 1000 orang.

Beasiswa Bergengsi  Tujuan Beasiswa Bidikmisi

Perkembangan Polibatam

Politeknik Negeri Batam dalam perkembangannya sampai saat ini juga telah mengalami beberapa kali perubahan status, di awal berdirinya pada tahun 2000 Otorita Batam sebagai institusi yang melahirkan Politeknik Batam bersama dengan tiga institusi lainnya yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Riau (UNRI), dan Pemerintah Kota Batam (Pemko Batam).

Kala itu dasar Pendirian Politeknik Batam dengan Akta Pendirian Notaris Soehendro Gautama, SH, Tgl 30 Mei 2000 No 115 Yayasan Pendidikan Batam kemudian mendirikan Politeknik Batam. Gedung Pertama saat itu masih berada di Gedung Tongkang Pertamina di wilayah Batu Ampar.

Tahun 2001 Peresmian & Penandatanganan Prasasti Politeknik Batam dilakukan langsung oleh Mendiknas Dr. Yahya Muhaimin. Pada Tahun 2003 barulah dimulai pendirian gedung Politeknik Batam di area Batam Centre yang pada saat acara peletakan batu pertama pendirian gedung Polibatam dilakukan langsung oleh bapak Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bapak Prof. Malik Fajar. Sedangkan  wisuda angkatan pertama Polibatam dilakukan di tahun 2003.

Pada tahun 2004 ketiga program studi Teknik Informatika, Akuntansi, dan teknik Elektronika sukses mendapatkan akreditasi B (007/Ban-PT/Ak-IV/Dipl-III/VII/2004). Barulah sejak tahun 2005 seluruh kegiatan belajar mengajar mulai dialihkan ke gedung kampus baru Politeknik Batam di Batam Center.

Di tahun 2006 gedung Politeknik Batam barulah diresmikan oleh presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang sekaligus saat itu Kampus Polibatam juga mendapatkan ISO 9001:2000 untuk dilakukan penerapan sistem manajemen mutu dan ISO 9001:2000.

Beasiswa Polibatam 2022

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini Politeknik Negeri Batam juga terus berupaya memperbanyak program beasiswa prestasi baik akademik maupun non-akademik, serta pemberian bantuan pembiayaan kuliah sehingga dapat meningkatkan motivasi bagi mahasiswa dalam menimba ilmu dan mengasah skill secara sungguh sungguh selama mengikuti proses perkuliahan di sana.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Chulalongkom University

Adapun beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa baru maupun mahasiswa aktif sejak mulai tahun 2011 antara lain sebagai berikut.

  • Beasiswa Bidik Misi
  • Beasiswa PMDK
  • Beasiswa UMPN
  • Beasiswa Ujian Lokal
  • Beasiswa Bridging SMK
  • Beasiswa Prestasi Akademik
  • Beasiswa Bantuan Belajar
  • Beasiswa Prestasi Minat dan Bakat
  • Beasiswa Dari Industri / Pemda.

Bagaimana pun juga beasiswa merupakan suatu bentuk penghargaan atau bantuan yang sifatnya tidak mengikat dan atau mengikat yang diberikan kepada seluruh mahasiswa yang mampu memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Politeknik Negeri Batam. Adapun tujuan dari pemberian beasiswa itu cukup beragam dan berikut di antaranya.

  • Meningkatkan motivasi pada para mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran
  • Memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih mahasiswanya baik akademik maupun non-akademik
  • Memberi bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan keuangan

Persyaratan

Sesuai dengan yang telah disebutkan di atas, beasiswa yang diberikan hanya lah kepada mahasiswa yang mampu memenuhi syarat dan kriteria yang telah ditetapkan baik oleh pihak kampus Polibatam maupun dari pihak penyelenggara program beasiswa tersebut.

Bagi anda yang penasaran, berikut adalah beberapa syarat mendaftar di program beasiswa polibatam yang wajib anda tahu.

  • Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada semester berjalan dengan menunjukkan bukti Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku
  • Memiliki nilai IPK sesuai dengan syarat yang ditetapkan untuk masing – masing program beasiswa yang dipilih
  • Tidak sedang cuti atau mengambil cuti akademik
  • Tidak pernah terkena kasus atau mendapat sanksi akademik dan/atau administratif sebelumnya
  • Aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dan organisasi lainnya
  • Mengikuti jadwal, prosedur dan ketentuan yang berlaku
  • Mengikuti proses seleksi yang dilakukan oleh tim beasiswa Politeknik Negeri Batam
  • Khusus untuk seleksi penerima beasiswa prestasi akademik, bobot penilaian terbesar ditetapkan sesuai besaran IPK terakhir dari mahasiswa tersebut
  • Tidak sedang atau belum menerima beasiswa dari pihak manapun sebelumnya
Beasiswa Bergengsi  Universitas Korea Yang Menyediakan Beasiswa Full

Mekanisme Pencairan Beasiswa

dengan semua persyaratan di atas maka bisa dikatakan juga bahwa syarat mengikuti beasiswa polibatam tidak lah terlalu sulit, bisa dibilang masih sama dengan program beasiswa pada umumnya yang menerapkan syarat-syarat tersebut. Namun tentu saja itu tak bisa dianggap remeh karna biasanya hal inilah yang membuat para pendaftar melewatkan beberapa syarat penting yang membuatnya malah gagal memperoleh beasiswa tersebut, maka perlu ketelitian dalam memulai proses pendaftaran nantinya.

Selain itu, pemberian beasiswa juga dilakukan melalui mekanisme yang ditetapkan oleh kampus polibatam dan pihak penyelenggara dari program beasiswa tersebut, berikut adalah beberapa mekanisme pencairan beasiswa yang berlaku.

  • Besaran dan jangka waktu program beasiswa tergantung dari jenis dan sumber dana beasiswa tersebut
  • Beasiswa akan dicairkan melalui sistem transfer langsung ke rekening mahasiswa penerima beasiswa
  • Biaya transfer yang dikenakan pihak Bank akan dipotong secara otomatis dari jumlah pemberian beasiswa yang diberikan
  • Ketidaklengkapan data mengenai nomor rekening karna kelalaian penerima beasiswa yang mengakibatkan beasiswa gagal dicairkan, merupakan tanggung jawab dari penerima beasiswa itu sendiri

Demikian lah info mengenai beasiswa polibatam yang penting untuk diketahui bersama, bagi anda yang ingin berkuliah dan mendapatkan beasiswa di kampus polibatam maka bisa mengacu pada informasi di atas.