Beasiswa Universitas Trisakti

Beasiswa Universitas Trisakti

Universitas Trisakti adalah salah satu universitas swasta tertua yang ada di Indonesia dan menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta yang didirikan langsung oleh Pemerintah Repubik Indonesia, tepatnya pada tanggal 29 November 1965. Universitas Trisakti sendiri memiliki catatan sejarah panjang bagi Indonesia, terutama sejak terjadinya tragedi 12 Mei 1998 yang mengakibatkan gugurnya empat mahasiswa di sana. Sejak saat itulah Universitas Trisakti semakin dikenal sebagai kampus pahlawan reformasi.

Tidak hanya itu saja, minat banyak orang untuk bisa menuntut ilmu di universitas trisakti pun nampaknya masih tetap besar, meski tak bisa dipungkiri bahwa biaya yang dibutuhkan juga tidak lah kecil. Adapun penentuan besaran biaya di Universitas Trisakti sendiri didasarkan pada sistem pemeringkatan yang ditentukan dalam masa penerimaan mahasiswa baru atau PMB, di mana peringkat tersebut bisa dilihat langsung pada surat panggilan yang berisi peringkat calon mahasiswa lengkap dengan rincian biaya yang harus dibayarkan nantinya.

Beasiswa Universitas Trisakti

Yang pasti, biaya kuliah di universitas trisakti terdiri dari Sumbangan Pengembangan yang dibayarkan sekali saja selama menjadi mahasiswa, biaya penyelenggaraan pendidikan atau BPP yang dibayarkan setiap semesternya, dan biaya praktikum selama masa kuliah.

Dengan semua rancangan tersebut maka kemungkinan memang biaya yang akan dibutuhkan selama menjalani kuliah di universitas trisakti tidak lah sedikit, ini akan cukup merepotkan bagi mahasiswa yang berasal dari latar belakang keluarga kurang mampu.

Meski begitu, beasiswa juga masih tetap berlaku dan bisa didapatkan selama anda menjalani kuliah di universitas trisakti, beberapa di antaranya bahkan bisa memberikan bantuan biaya yang cukup besar dan pastinya sangat lah membantu anda dalam meringankan beban biaya kuliah. Berikut adalah beberapa macam program beasiswa universitas trisakti yang wajib anda coba.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Polibatam 2022

Program KIP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud juga meluncurkan Merdeka Belajar Episode Kesembilan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka tahun ini, beasiswa ini diberikan melalui KIP Kuliah yang bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat tidak mampu terhadap pendidikan tinggi yang lebih merata dan berkualitas. STMK Trisakti sendiri sebagai salah satu pilar Yayasan Trisakti dibidang pendidikan pastinya sangat mendukung program pemerintah seperti ini.

Bagi siswa siswi lulusan SMA sederajat yang ingin menempuh pendidikan di STMK Trisakti, namun mengalami kendala dalam hal pembiayaan maka dianjurkan untuk segera mendaftar pada program KIP Kuliah dengan mengacu pada petunjuk yang ada di laman ini pastikan anda telah masuk dalam semua kriteria yang berlaku dalam program beasiswa tersebut agar anda tidak perlu membuang waktu dan berpeluang besar untuk bisa mendapatkannya.

Program Bidikmisi

Penerima Bidikmisi merupakan siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus satu tahun sebelumnya dan memilki potensi akademik yang baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung dengan bukti berupa dokumen yang sah dan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi.

Keterbatasan ekonomi itu sendiri dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau terbukti memiliki pendapatan kotor gabungan orang tua / wali sebesar Rp 4.000.000 atau pendapatan kotor gabungan orang tua / wali dibagi jumlah anggota keluarganya yang maksimal masing-masing sebesar Rp 750.000.

Hal itulah yang membuat program beasiswa Bidikmisi begitu diminati oleh kalangan pelajar, terutama bagi yang kurang mampu karna bagaimana pun juga dengan beasiswa yang satu ini maka peluang mereka untuk bisa terus menuntut ilmu semakin besar. Hebatnya lagi, Bidikmisi juga memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh semua pesertanya dan berikut di antaranya.

  1. Bebas biaya pendaftaran seleksi masuk untuk SNMPTN dan SBMPTN serta seleksi lainnya yang ditetapkan oleh panitia dan perguruan tinggi
  2. Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftaran Bidikmisi yang telah resmi ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi, sesuai dengan ketentuan perundang – undangan yang berlaku
  3. Pembebasan biaya pendidikan yang akan dibayarkan langsung ke perguruan tinggi tempatnya kuliah
  4. Subsidi biaya hidup sebesar Rp 650.000 setiap bulannya
Beasiswa Bergengsi  Program Beasiswa Karawang Cerdas

Pendaftaran Bidikmisi

Dengan semua kelebihan yang dimiliki, tentu saja Bidikmisi menjadi salah satu program beasiswa yang sangat menarik. Nah bagi anda yang penasaran, berikut adalah cara pendaftaran beasiswa bidikmisi yang bisa anda coba.

  • Daftar secara online melalui laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT di https://ltmpt.ac.id/ atau bisa juga melalui laman Bidikmisi di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
  • Khusus bagi yang tidak menerima KIP maka bisa mendaftarkan diri di sekolah untuk nantinya direkomendasikan oleh pihak sekolah tersebut

Beasiswa Fresh Graduate

Program beasiswa yang satu ini memang diperuntukkan bagi para siswa yang baru saja menyelesaikan bangku pendidikan di sekolah menengah atas dan wajib mengikuti serangkaian tahap seleksi mulai dari administrasi, tes tertulis yang mencakup Matematika, bahasa inggris, pengetahuan umum, dan Tes Potensi Akademik, tes wawancara, serta tes kesehatan.

Adapun beasiswa Fresh Graduate ini nantinya akan diberikan dalam biaya kuliah di kampus TSM, artinya seluruh biaya kuliah akan ditanggung secara penuh oleh pihak dari kampus TSM yang masa berlaku maksimalnya hingga 8 semester. Pendaftaran program Beasiswa Penuh ini selalu rutin dibuka pada periode bulan Desember – Februari.

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus anda penuhi untuk bisa mendapatkan program beasiswa yang satu ini.

  • Memiliki nilai rapor rata-rata dari semester 1 – 6 secara akumulasi adalah 7.50 dan telah dilegalisir langsung oleh kepala sekolah
  • Berusia maksimal 19 tahun pada bulan Mei tahun berjalan ketika siswa tersebut berada di kelas XII SMA, SMK, atau sederajat
  • Menyerahkan bukti formulir pendaftaran yang telah diisi dengan benar
  • Menyertakan fotokopy Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk
  • Membuat Surat Pernyataan yang berisi janji untuk tidak menerima beasiswa lainnya dari pihak mana pun
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Monash University 2022

Itulah beberapa jenis program beasiswa yang bisa anda dapatkan selama menjalani pendidikan di Universitas Trisakti, beberapa di antaranya mungkin akan cukup mudah untuk anda dapatkan apalagi pada beasiswa Bidikmisi yang memang diperuntukkan bagi mahasiswa dengan latar belakang keluarga yang kurang mampu. Namun selalu perhatikan seluruh kriteria atau syarat yang ditetapkan dalam masing – masing program beasiswa tersebut, agar nantinya anda bisa lebih mudah untuk lolos dalam program tersebut.

Berkuliah di Universitas Trisakti nyatanya saat ini sudah tidak sulit lagi, ada banyak cara yang bisa anda coba termasuk dengan mengikuti seleksi program beasiswa seperti di atas. Jadi tunggu apa lagi, segera persiapkan diri anda untuk mengikuti seleksi program beasiswa agar bisa lolos berkuliah di Universitas Trisakti tanpa keluar biaya yang besar lagi. Semoga artikel tentang beasiswa universitas trisakti kali ini bisa bermanfaat untuk anda, selamat mencoba.