Siap Gratiskan Kuliah Untuk Calon Mahasiswa Politeknik! Ini Syarat Daftar Beasiswa KEMNAKER 2023

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali mengadakan program beasiswa, khususnya bagi para calon mahasiswa yang ingin menempuh kuliah di kampus Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker).

Dalam keterangannya, Anwar Sanusi selaku Sekretaris Jenderal Kemnaker menjelaskan bahwa program beasiswa kali ini ditujukan kepada para calon maba yang ingin melanjutkan studi di jenjang perguruan tinggi secara gratis, tak ada pungutan biaya sedikit pun mulai dari proses pendaftaran hingga pendidikan perkuliahan nantinya.

Perlu diketahui, program beasiswa polteknaker 2023 dari Kemnaker kali ini terbagi dalam 2 jalur, yaitu jalur prestasi dan jalur seleksi tes. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan jalur seleksi beserta jadwal pendaftarannya:

Jalur Prestasi

Jalur yang pertama adalah Seleksi Berdasarkan Prestasi (SBP), pada jalur ini kemampuan dan pencapaian prestasi akademik menjadi pertimbangan utama dalam persaingan antar calon penerima beasiswa. Berikut ini adalah jadwal pendaftaran dan seleksinya:

  • Periode pendaftaran

Berlangsung pada tanggal 3 April sampai dengan 31 Mei 2023. Semua calon penerima beasiswa diharuskan melakukan pendaftaran melalui laman Polteknaker di https://pmb2.polteknaker.ac.id/pendaftaran/ dengan menyertakan seluruh dokumen yang diperlukan sesuai syarat registrasi.

  • Pengumuman akhir

Dilakukan pada tanggal 9 Juni 2023, Polteknaker akan melakukan pengumuman daftar mahasiswa baru yang berhasil lolos menjadi penerima beasiswa kuliah dari Kemnaker. Adapun pengumuman akan dilakukan melalui laman polteknaker di https://polteknaker.ac.id/.

Jalur Seleksi Tes

Hampir sama dengan jalur prestasi, hanya saja pada Seleksi Berdasarkan Tes (SBT) ini para calon peserta akan menempuh sejumlah tes demi bisa bersaing untuk mendapatkan beasiswa dalam program ini. Berikut adalah jadwal pendaftaran beserta seleksinya:

  • Periode Pendaftaran

Berlangsung pada tanggal 1 Mei sampai dengan 28 Juni 2023. Semua calon penerima beasiswa diharuskan melakukan pendaftaran melalui laman Polteknaker di https://pmb2.polteknaker.ac.id/pendaftaran/ dengan menyertakan seluruh dokumen yang diperlukan sesuai syarat registrasi.

  • Seleksi Administrasi

Hasil seleksi administrasi dari semua berkas yang sudah dikumpulkan saat pendaftaran akan diumumkan pada tanggal 1 Juli 2023. Adapun pengumuman hasil seleksi administrasi ini akan dilakukan melalui laman polteknaker di https://polteknaker.ac.id/.

  • Ujian Tertulis

Dilangsungkan secara berkala mulai dari tanggal 3 sampai dengan 7 Juli 2023, semua calon penerima beasiswa wajib mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK). Tujuan diadakannya tes ini adalah untuk mengukur kemampuan dari seluruh pendaftar dengan mencakup materi Potensi Kognitif, Literasi Bahasa, dan Penalaran Matematika.

  • Pengumuman UTBK

Melalui laman resminya, Polteknaker akan mengumumkan hasil dari UTBK pada tanggal 11 Juli 2023. Pengumuman tersebut juga sekaligus menjadi pemberitahuan bagi para peserta yang lolos untuk dapat mengikuti tes selanjutnya dengan jadwal yang telah ditetapkan.

  • Psikotes dan Substansi

Peserta yang lolos UTBK kemudian akan menjalani psikotes pada tanggal 13 – 14 Juli 2023, ini ditujukan untuk mengukur kemampuan para calon mahasiswa baru penerima beasiswa selama menjalankan kuliah nantinya.

  • Membuat Esai

Polteknaker akan memberikan tenggat 2 hari bagi para peserta untuk melakukan Leaderless Group Discussion (LGD), yakni pada tanggal 17 – 18 Juli 2023. Ini merupakan diskusi yang ditujukan untuk mengajukan ide serta pendapat dalam penentuan topik esai. Adapun batas akhir pengumpulan essai berlangsung pada tanggal 19 – 20 Juli 2023 dengan mengacu pada topik esai yang sudah dipilih oleh masing – masing peserta.

  • Wawancara

Tidak seperti tes wawancara pada umumnya, dalam proses seleksi penerimaan beasiswa ini pihak Polteknaker juga akan mengundang orang tua / wali bersama dengan calon peserta untuk melakukan wawancara. Tujuan diadakannya wawancara ini adalah untuk mengevaluasi komitmen dari seluruh pihak, terutama dari calon peserta dan orang tua / walinya. Adapun proses wawancara akan berlangsung selama beberapa hari sesuai jadwal pembagian yang ditetapkan oleh Polteknaker, yakni pada tanggal 21 – 28 Juli 2023.

  • Hasil Final

Setelah melalui serangkaian tes dan berbagai pertimbangan, Polteknaker akan mengumumkan hasil akhir peserta yang berhasil lolos menjadi penerima beasiswa kuliah dari Kemnaker, tepatnya pada tanggal 7 Agustus 2023.

  • Tes Kesehatan

Berlangsung pada tanggal 8 Agustus 2023, seluruh peserta yang telah ditetapkan menjadi penerima beasiswa kuliah di Polteknaker wajib mengikuti tes kesehatan untuk mendapatkan keterangan dari kondisi masing – masing, termasuk kesehatan Jasmani dan terbebas dari Narkoba.

  • Daftar Ulang

Proses pendaftaran ulang juga wajib dilakukan oleh para penerima beasiswa Kemnaker kepada panitia PMB Polteknaker yang mulai bisa dilakukan pada tanggal 9 – 11 Agustus 2023.

Beasiswa Bergengsi  Pendaftaran Beasiswa Kuliah Gratis S2 Qatar Dibuka, Ini Info Lengkapnya

Persyaratan Umum

Berikut ini adalah beberapa persyaratan untuk mendaftar di dalam seleksi beasiswa Polteknaker 2023:

  • Lulusan SMA / SMK / MA sederajat tahun 2023 dari semua jurusan
  • Siap menaati setiap peraturan yang ditetapkan oleh Polteknaker
  • Berusia maksimal 25 tahun (terhitung per tanggal 30 Juni 2023)

Persyaratan Khusus

Selain kriteria di atas, beberapa persyaratan khusus juga wajib dipenuhi oleh para calon peserta untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa Polteknaker 2023, di antaranya:

  • Memiliki prestasi (akademik dan / atau non akademik) dalam 3 tahun
  • terakhir dari kejuaran / kompetisi minimal tingkat kota / kabupaten
  • Lulusan dari sekolah dengan akreditasi A
  • Cakap untuk mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan
  • Prestasi (SNBP) dengan rekomendasi dari sekolah
  • Memiliki nilai minimal 80 untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, serta salah satu mata pelajaran IPA (Fisika / Biologi / Kimia) atau IPS (Sejarah / Ekonomi / Geografi / Sosiologi) untuk lulusan SMA dan satu mata pelajaran keahlian lainnya khusus untuk lulusan SMK
  • Tidak buta warna khusus bagi pendaftar program studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Persyaratan Dokumen

  • Untuk melengkapi persyaratan mendaftar program beasiswa Politeknik Kemnaker 2023, berikut ini adalah sejumlah dokumen yang wajib disertakan:
  • Scan kartu identitas asli (KTP atau KK)
  • Scan sertifikat prestasi / sertifikat / piagam kejuaraan tingkat Kota / Kabupaten (bidang akademik dan / atau non akademik) yang didapat dalam 3 tahun terakhir
  • Scan sertifikat akreditasi sekolah (akreditasi A) asli atau fotokopi yang sudah dilegalisir
  • Surat rekomendasi dari sekolah, ditandatangani Kepala Sekolah dan tertera nama peserta
  • Scan rapor semester 1 – 5 asli atau fotokopi yang sudah dilegalisir
  • Scan surat pernyataan yang ditandatangani oleh peserta dan orang tua / wali dengan bermaterai Rp 10.000
  • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) khusus bagi peserta kurang mampu secara ekonomi
  • Surat keterangan sehat (tidak buta warna) dari Rumah Sakit Umum milik Pemerintah dengan minimal tipe C
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Tanoto Foundation 2023, Kuliah Gratis Dan Biaya Hidup di Jamin

Sebagai tambahan, perlu diketahui juga bahwa setiap peserta yang berhasil lolos jalur seleksi prestasi namun dinyatakan tidak lulus dari sekolah, maka akan dinyatakan gugur. Sedangkan untuk peserta yang gagal lolos jalur seleksi prestasi, maka masih berkesempatan untuk mengikuti Seleksi Berdasarkan Tes (SBT). Adapun semua persyaratan dokumen di atas harus diunggah dalam format pdf dengan ukuran maksimal 2 MB.

Itulah tadi info beasiswa terbaru kuliah Politeknik Kemnaker 2023. Bagi anda yang memenuhi seluruh kriteria dengan semua persyaratan di atas serta tertarik untuk mengikutinya, maka segera lah daftarkan diri anda sebelum tanggal 28 Juni 2023 untuk jalur tes seleksi dan 31 Mei 2023 khusus untuk seleksi jalur prestasi. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *