UIN Palu Siapkan 9 Beasiswa Lewat Jalur Prestasi

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu sedang menyelenggarakan program beasiswa, ini merupakan salah satu upaya dari UIN Palu dalam membantu mahasiswa yang kurang mampu untuk dapat melanjutkan pendidikannya di jenjang sarjana S1.

Dalam keterangannya, profesor Abidin Djafar selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama, menyebut jika perguruan tinggi milik negara itu harus mau memperhatikan warga yang kurang mampu untuk bisa mendapatkan pendidikan hingga jenjang strata satu. Ia menjelaskan, intervensi biaya pendidikan untuk warga kurang mampu dalam mengenyam pendidikan S1 di UIN Palu akan dilakukan melalui skema pemberian beasiswa.

Berdasarkan data dari bagian akademik, terdapat 9 komponen beasiswa yang dihadirkan UIN Datokarama bagi masyarakat Sulawesi Tengah, di antaranya:

  • Beasiswa kartu Indonesia pintar (KIP) / Bidikmisa
  • Basiswa Baznas
  • Beasiswa Bank Indonesia
  • Beasiswa hafiz Al Quran
  • Beasiswa Indonesia bangkit
  • Beasiswa kajian keislaman
  • Beasiswa prestasi akademik
  • Beasiswa trasmigrasi
  • Beasiswa prestasi non-akademik.

Adapun pemberian beasiswa nantinya ditujukan bagi masyarakat untuk dapat mengenyam pendidikan S1, sebagaimana upaya pemerintah dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul di masa sekarang dan akan datang.

Namun Abidin menyebut bahwa beasiswa kali ini diutamakan yang kurang mampu namun berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik, menurutnya ini telah menjadi komitmen dan konsistensi dari UIN Datokarama untuk mewujudkan SDM unggul.

Abidin juga menegaskan kepada masyarakat di Sulawesi Tengah agar tidak perlu ragu untuk melanjutkan pendidikan kuliah di UIN Palu, karena menurutnya selain adanya akses pembiayaan untuk meringankan biaya kuliah, UIN juga menyediakan berbagai fasilitas dan sarana yang memadai untuk menunjang peningkatan kompetensi dari masing – masing peserta didiknya.

Lebih lanjut, Abidin juga menjelaskan bahwa berbagai program studi yang ada di UIN Datokarama merupakan prodi yang sejalan dengan kebutuhan pasar dan tantangan global, sehingga diharapkan kelak mahasiswa dapat lebih mampu bersaing dengan alumni dari perguruan tinggi lainnya di dunia kerja.

Ia pun menuturkan, UIN Datokarama tak hanya menyediakan program studi agama saja, melainkan juga memiliki program studi umum lainnya. Selain itu, UIN juga mengintegrasikan antara ilmu – ilmu agama dengan ilmu umum, sehingga hal tersebut bisa menjadi satu kelebihan bagi UIN Palu. Dengan kata lain, mahasiswa tidak hanya belajar ilmu umum, tetapi juga akan belajar ilmu agama.

Sebagai informasi, saat ini UIN Palu sedang membuka pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru yang diawali dari jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Tahun 2023. Tak tanggung – tanggung, UIN Palu juga telah menurunkan tim khusus untuk sosialisasi penerimaan SPAN di sekitaran wilayah Sulteng dan Sulbar.

Jadi, bagi masyarakat sekitar Sulteng dan Sulbar yang berminat untuk melanjutkan kuliah dengan beasiswa di UIN agar segera mendaftarkan diri secara online, atau bisa juga mendatangi sekretariat pendaftaran yang ada di kampus 1 dan kampus 2 UIN Datokarama.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment