Contoh Paper Ilmiah

Bagi pelajar dan mahasiswa yang sedang sekolah atau kuliah, pastinya tidak asing lagi dengan tugas membuat paper. Paper adalah tugas dalam bentuk karya tulis ilmiah yang dibuat secara lengkap disusun berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Biasanya tugas seperti ini diberikan ketika peserta didik telah selesai menjalankan penelitian atau kegiatan luar lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan beberapa contoh paper ilmiah sederhana dan pastinya mudah dipahami.

Contoh Paper

Sebagaimana penjelasan singkat di atas, membuat tugas paper pastinya tidak bisa sembarangan dilakukan, perlu adanya pattern dan penguasaan terhadap materi penelitian itu sendiri sehingga paper yang dihasilkan pun sesuai dengan standar yang umum digunakan.

Nah, bagi anda yang saat ini sedang mendapat tugas membuat paper, berikut ini kami berikan 3 contoh paper yang baik dan benar sebagai bahan referensi.

Contoh Paper Baja Ringan

PENGGUNAAN BAJA RINGAN SEBAGAI BAHAN BANGUNAN

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Apa itu ilmu bahan bangunan? ilmu ini memberikan informasi tentang fungsi dari bahan bangunan sebagai pembahasan dalam tulisan ini, misalnya penggunaan baja ringan untuk mendirikan sebuah konstruksi. Oleh karena itu, perlu dilakukan survey secara langsung agar bisa mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan terkait penggunaan bahan baja ringan ini sebagai bahan bangunan.

Rumusan Masalah

Apa saja kelebihan dan kekurangan penggunaan bahan baja ringan dalam pembuatan konstruksi?

Tujuan Penulisan

Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan baja ringan sebagai bahan pembuatan sebuah konstruksi.

BAB II LANDASAN TEORI

Kebutuhan baja ringan di pasaran sangat tinggi, karena bahan bangunan ini lebih menguntungkan daripada bahan lainnya. Beberapa keunggulannya antara lain: mudah dipasang, tahan lama, tegangan tarik tinggi, dan bisa didaur ulang.

Namun, bahan ini pasti memiliki kekurangan, seperti harganya yang relatif mahal, mudah terbawa angin jika pemasangan tidak benar, tampilan kurang rapi karena jika dipasang rapat, maka kemampuan angkat bebannya semakin tinggi, dan juga mudah roboh jika tidak presisi dalam pemasangannya.

BAB III PEMBAHASAN

Baja ringan yang akan dipasang ke bagian dinding harus dipastikan dindingnya bersih terlebih dahulu dan tidak ada bagian yang cacat karena hal tersebut bisa mengganggu proses pemasangan. Lalu pastikan rancangan kerangka sudah siap agar bisa diproyeksikan pada hasil akhirnya nanti.

Pastikan juga rangka baja sudah siap dipasang sesuai pola desain, dan pasang dengan teliti. Penggunaan baja ringan sendiri memiliki banyak kelebihan dan kekurangan, diantaranya:

Kelebihan Baja Ringan

  • Baja ringan karat, rayap, perubahan cuaca dan kelembaban
  • Jika dibandingkan dengan rangka kayu atau baja biasa, pemasangan rangka baja ringan lebih cepat
  • Baja ringan bersifat tidak merambatkan api (non – combustible), karena di dalamnya terdapat sistem proteksi khusus yang disebut sengan fire resistance, yaitu rakitan struktur untuk membatasi penyebaran api atau kemampuan untuk menahan struktur ketika terpapar api
  • Baja ringan tidak memiliki nilai muai susut seperti kayu
  • Biaya pemeliharaan baja ringan lebih murah dan daya tahannya lebih lama, karena tidak terkena rayap dan tidak lapuk

Kekurangan Baja Ringan

  • Struktur rangka baja ringan tersusun rapat, terlihat ramai, terhubung satu dengan lainnya, sehingga kurang menarik saat dilihat
  • Membutuhkan perhitungan yang matang, karena strukturnya seperti rangka ruang, dan jika ada salah satu struktur yang salah hitung atau salah pasang, maka bisa menyebabkan kegagalan total

BAB IV PENUTUP

KESIMPULAN

Penggunaan baja ringan saat ini banyak digunakan sebagai pengganti kayu untuk kerangka bangunan, karena lebih awet, efesien dan ekonomis dari pada kayu, tapi pengerjaanya lebih rumit karena menggunakan perhitungan yang matang.

SARAN

Baja ringan mempunyai sifat yang ramah lingkungan, karena materialnya bisa mengurangi pembalakan liar (illegal logging), namun prosesnya terlalu panjang dan ketersediaan bahan dari bijih besinya terbatas.

Jika anda sudah mengenal berbagai karakteristik dari baja ringan dan mempelajari cara pemasangannya, hal ini akan meyakinkan anda bahwa menggunaan bahan ini sebagai bahan bangunan adalah sangat aman.

Contoh Paper Bisnis UMKM

BISNIS INDUSTRI PEMBUATAN KUE KERING DI ERA DIGITAL

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Era digital saat ini menuntut persaingan secara modern, dalam dunia industri sendiri tidak bisa mengandalkan kekayaan alam, aset dan modal saja, namun lebih mengarah pada kekuatan perencanaan yang dimiliki oleh pelaku usaha. Perencanaan tersebut harus didukung oleh penguasaan teknologi, metode daya guna dan hasil guna.

Dalam bidang industri tentunya tidak lepas dari yang namanya SDM. Manusia sendiri membutuhkan bantuan manusia lainnya untuk mengembangkan industri atau disebut makhluk sosial. Oleh karena itu, pengembangan industri nasional perlu melirik UMKM sebagai salah satu industri kecil yang ada dimana – mana.

UMKM juga harus meningkatkan pengembangan inovasi manajemen dan teknologinya. Selain itu, pembangunan infrastruktur ekonomi dan kualitas SDM juga perlu diperbaiki agar bisa bersaing di era globalisasi ini. Selanjutnya seluruh pemangku kepentingan di sektor industri harus memiliki komitmen yang kuat.

Rumusan Masalah

  • Apa saja hambatan dalam pembuatan industri kue kering?
  • Bagaimana cara mengatasi masalah dalam industri kue kering?

Tujuan Penulisan

  • Untuk mengetahui problematika pembuatan industri kur kering
  • Untuk mengetahui cara mengatasi problematika industri kue kering

BAB II PEMBAHASAN

Kue kering merupakan salah satu olahan yang banyak disukai masyarakat, namun masih banyak yang belum mengenal kue kering. Kue kering masih belum dikenal konsumen di luar area pasar dari produsen kue tersebut, karena minimnya perhatian dari para pihak untuk membantu pengembangan produksi kue kering yang sudah berjalan.

Permasalahan yang biasa dihadapi dalam dunia industri adalah kemampuan pengelolaan manajemen bisa dikatakan belum profesional, karena pengelolaan pembukuan keuangan masih berantakan. Banyak produsen yang belum bisa mengatur uang modal, keuntungan, dan pengeluaran.

Hal ini membuat banyak produsen bingung, sehingga semua uangnya bercampur menjadi satu. Apalagi minimnya alat dan pengetahuan teknologi yang dimiliki, sehingga membuat produksi kue kering menjadi minim. Hal tersebut juga membuat pangsa pasar kue kering menjadi terbatas di area lokal produksi itu sendiri.

Pendekatan Masalah

Manajemen SDM merupakan salah satu cara mengatasi permasalahan yang terjadi dalam suatu perusahaan atau industri. Problem tersebut meliputi problem karyawan, buruh, manager dan tenaga kerja lainnya yang bisa mengganggu sistem kerja perusahaan. Jadi, segala problem harus segera ditangani agar bisa menunjang aktivitas industri demi tercapainya tujuan.

Dalam bidang bisnis, perusahaan harus mengikuti perkembangan dan tingkat kepekaan kepada peluang yang ada, seperti kemampuan membaca arus perubahan dan perkembangan dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, manusia sebagai SDM harus dikelola dengan efektif, agar bisa bersaing dalam dunia bisnis yang sedang dijalani.

Dengan pengelolaan yang efektif, maka SDM akan memuaskan perusahaan atau organisasi. Untuk mengembangkan manajemen SDM, ada 3 perspektif yang perlu diperhatikan, yaitu perspektif internasional, makro, dan mikro. Dalam perspektif internasional dan makro, pemanfaatan pegawai ialah dengan melakukan usaha pencapaian yang efektif mengenai tujuan yang ingin dicapai.

Sedangkan dalam perspektif mikro, lebih kepada perencanaan organisasi, seperti pengawasan dari berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut bisa berupa pengadaan, pengembangan, pengintegrasian pemeliharaan dan pelepasan SDM untuk tercapainya berbagai kebutuhan, baik kebutuhan individu, organisasi dan masyarakat.

Pemecahan Masalah

Untuk mengatasi permasalahan yang ada, setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu:

Masalah Internal

  • Menyiapkan program operasional pada masing – masing bidang industri atau perusahaan
  • Pemantapan aparatur siap kerja dan mengerti di bidangnya
  • Meningkatkan pelayanan dunia usaha yang lebih inovatif
  • Meningkatkan manajemen SDM bagi pekerja dan pejabat agar bisa bersaing dengan yang lainnya
  • Memperbaiki mutu produk secara kreatif agar bisa bersaing dengan produk dari luar

Masalah Eksternal

  • Mengadakan pameran promosi produk industri agar bisa bersaing dengan harga yang wajar
  • Pengenalan teknologi tepat guna bagi semua SDM yang ada
  • Menumbuhkan semangat wirausaha dan meningkatkan motivasi kerja melalui program training
  • Bekerja sama dengan pemerintah daerah maupun industri yang mampu menopang sistem kerja perusahaan

BAB III PENUTUP

Kesimpulan

Dalam bidang industri, perusahaan dituntut mengikuti perkembangan dan tingkat kepekaan kepada semua peluang yang ada, meliputi kemampuan membaca perkembangan dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, SDM perlu dikelola dengan baik agar bisa menunjang produktivitas perusahaan untuk bisa bersaing dengan kompetitor.

Kritik dan Saran

Pemerintah diharapkan lebih serius dalam melayani dan memberikan informasi kepada berbagai UMKM yang ada. Bagi pelaku industri UMKM, diharapkan rajin mengikuti pelatihan – pelatihan tentang manajemen SDM atau sejenisnya.

Contoh Paper Internet

PENYALAHGUNAAN INTERNET OLEH KALANGAN REMAJA

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sebelum ada internet, media untuk menyebarkan informasi sangat minim, sehingga hadirlah internet sebagai solusinya. Dengan hadirnya internet, kebutuhan komunikasi menjadi sangat terbantu, mulai dari kepentingan bisnis, berita hingga kepentingan individu, semuanya memanfaatkan internet.

Berdasarkan penelitian, pengguna internet yang paling banyak adalah para remaja, baik itu dalam rangka belajar di sekolah atau kehidupan sosialnya. Meskipun juga ada orang dewasa dan anak – anak yang memanfaatkan internet, namun intensitasnya masih lebih banyak para remaja.

Intensitas remaja dalam menggunakan internet secara berlebihan sering membuat mereka kecanduan. Akibatnya mereka memilih hidup di dunia maya daripada bersosialisasi di dunia nyata. Hal tersebut akan membuat prestasi sekolahnya menurun dari sebelum dia mengenal internet.

Penggunaan internet berlebihan juga membuat remaja suka mengungkapkan curahannya di dunia maya. Banyak yang mengungkapkan emosinya dengan kata umpatan di dunia maya. Bahkan, mereka juga melakukan tindak kriminal seperti penipuan dan sebagainya. Dari berbagai masalah tersebut, akhirnya penulis menjadikan sebuah tema untuk dibahas dalam paper ini.

Rumusan Masalah

Bagaimana efek penyalahgunaan internet di kalangan remaja?

Tujuan Penulisan

Untuk mengetahui efek penyalahgunaan internet di kalangan remaja.

Ruang Lingkup Penulisan

Ruang lingkup paper ini ialah terkait penulisan media internet di kalangan remaja.

BAB II LANDASAN TEORI

Masa remaja adalah masa peralihan dari anak – anak ke dewasa, sehingga emosi mereka masih labil dan rasa ingin tahu terhadap sesuatu sangat tinggi. Hal tersebut terkadang membuat para remaja menyalahgunakan internet sesuai keinginannya.

Dampak penggunaan internet sebenarnya bukan hanya memiliki dampak negatif saja, tetapi juga ada dampak positifnya, seperti penyebaran berita positif, mempermudah jaringan bisnis, silaturahmi dan sebagainya.

Namun, dengan banyaknya penggunaan internet yang melakukan hal negatif, sehingga orang – orang mengkonotasikan internet sebagai pembawa dampak negatif bagi banyak orang. Padahal baik buruknya internet tergantung dari cara orang yang menggunakannya.

BAB III PEMBAHASAN

Internet seharusnya digunakan untuk hal – hal yang positif, seperti media informasi penting, edukasi, bisnis dan sebagainya. Jangkauan internet pun bukan hanya ada di lintas kota dan provinsi, tapi sudah mencakup lintas negara. Namun, seringkali internet disalahgunakan untuk kepentingan pribadi hingga merugikan diri sendiri dan orang lain.

Pengguna internet yang didominasi oleh remaja sering kali disalahgunakan untuk kesenangan pribadi. Apalagi semua tugas dan kegiatan sekolah lainnya pasti selalu bersentuhan dengan yang namanya internet. Seringkali saat mengerjakan tugas dari internet, para remaja malah melihat hal lain yang tidak ada hubungannya dengan dengan tugasnya.

Penyebab penyalahgunaan internet di kalangan remaja bermacam – macam. Salah satunya ialah masa remaja dengan emosi yang labil sangat mudah terpancing dengan informasi yang belum diketahui kebenarannya, sehingga mereka ikut mengungkapkan emosinya di media maya tanpa khawatir terhadap dampak yang ditimbulkan.

Mereka juga sering meluapkan isi hatinya di dunia maya dengan sesuatu yang positif maupun negatif. Selain itu, kondisi lingkungan turut menyumbang angka penyalahgunaan internet bagi remaja. Lingkungan yang bebas dan tidak ada kepedulian kepada para remaja akan membuat mereka melampiaskan kenakalannya di dunia maya.

Selain itu, rasa keingintahuan yang tidak kontrol akan membuat mereka kecanduan dengan apa yang pernah dilakukannya. Dari kebiasaan menggunakan internet yang tidak kontrol ini, tentunya akan memiliki dampak buruk bagi penggunanya, seperti berupa kecanduan menggunakan internet, terutama di media sosial.

Mereka akan berlama – lama bermain media sosialnya, membuang – buang waktu dan uang, karena sudah melupakan kewajibannya sebagai siswa. Dampak terakhir yang tidak kalah bahayanya ialah melakukan tindakan kriminalitas di dunia maya, seperti penipuan, pemerasan, dan lainnya.

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Meskipun internet memiliki berbagai manfaat, namun seringkali disalahgunakan oleh para remaja. Efek dari penyalahgunaan internet bisa membuat para remaja kecanduan, sehingga mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya. Selain itu, dampak buruk lainnya bagi para remaja ialah bisa menjadi korban atau pelaku kriminalitas yang merugikan banyak pihak.

Saran

Agar dampak negatif dari penyalahgunaan internet bisa diminimalisir, sebaiknya kontrol dari orang tua dan guru sangat dibutuhkan. Caranya bisa dengan memberi batasan jam dan pengawasan jarak jauh bagi anak. Sementara di sekolah, kontrol penggunaan internet bisa dengan mengedukasi para siswa terkait dampak dan cara menggunakan internet yang baik.

Itulah beberapa contoh paper yang telah kami buat sebagai bahan referensi anda dalam membuat tugas paper baik di sekolah maupun di kampus. Anda bisa mencontoh format dan urutan penulisan dalam pembuatan paper, namun tentunya anda juga harus menyesuaikan sendiri dengan topik pembahasan sesuai dengan hasil penelitian anda.

Jadi, tidak perlu lagi bingung mencari referensi lainnya karena telah tersaji lengkap contoh paper secara singkat namun mudah dipahami dalam artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment