KIP Kuliah 2022, Kuliah Gratis Sampai Lulus di Kampus Logistik dan Bisnis

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) secara resmi telah membuka pendaftaran beasiswa KIP Kuliah 2022. Berbagai jurusan dari banyak universitas di Indonesia pun mulai membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk bisa mendapatkan fasilitas kuliah gratis sampai lulus, salah satu di antaranya adalah Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI).

Kampus yang merupakan hasil merger antara Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) dan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (Stimlog) ini juga membuka pendaftarannya pada berbagai jurusan logistik dan bisnis jalur beasiswa. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rektor ULBI, Agus Purnomo, yang menyampaikan bahwa di tahun 2020 program tersebut bernama Bidikmisi yang kemudian berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah.

Sebagaimana diketahui, KIP Kuliah merupakan program bantuan pendidikan dari pemerintah yang diperuntukkan bagi para lulusan SMA / SMK / MA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan berasal dari keluarga yang kurang mampu. KIP Kuliah sendiri merupakan program bantuan pembiayaan pendidikan yang diberikan dalam bentuk uang tunai, perluasan akses, hingga kesempatan belajar dari pemerintah.

Menurut Agus, mahasiswa KIP dapat mengakses berbagai jurusan di ULBI dengan beberapa Program Studi yang dibuka mulai dari dari jenjang D3 hingga S1. Adapun prodi yang tersedia antara lain D3 Logistik Bisnis, D3 Manajemen Bisnis, D3 Teknik Informatika, D3 Sistem Informasi, D3 Akuntansi, D4 Logistik Bisnis, D4 Manajemen Bisnis, D4 Teknik Informatika, D4 Akuntansi, S1 Manajemen Logistik, dan S1 Manajemen Transportasi.

Agus menjelaskan bahwa ULBI selalu berusaha meningkatkan pelayanan terbaiknya bagi para pelajar, tujuannya adalah untuk membantu generasi muda dalam menggapai impiannya untuk dapat melanjutkan pendidikan hingga ke Perguruan Tinggi. Mahasiswa penerima KIP Kuliah sendiri akan mendapatkan pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi termasuk dengan bebas biaya pendidikan selama menjalani masa kuliah.

Beasiswa Bergengsi  Jardine Scholarship, Peluang Beasiswa Kuliah S1 S2 S3 di Inggris! Ada Jalur VIP Khusus Mahasiswa UGM dan ITB Juga Loh

Namun tentunya untuk bisa mendapatkan kesempatan kuliah di ULBI terdapat sejumlah persyaratan terutama jika ingin melalui Beasiswa KIP-Kuliah 2022, berikut di antaranya.

  • Lulusan SMA / SMK / MA sederajat di Tahun 2020 sampai 2022
  • Terdaftar resmi dan telah melangkapi Proses Pengisian data di Portal Kartu Indonesia Pintar Kuliah melalui link https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan memilih kampus Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) atau Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (Stimlog)
  • Memiliki potensi akademik yang baik dan berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi atau kurang mampu yang dibuktikan melalui dokumen yang sah.

Selain itu juga masih ada syarat lainnya seperti mengunggah pasfoto terbaru, Nilai Rapor Semester 5, Bukti Pendaftaran / Kartu Peserta KIP Kuliah 2022, scan slip gaji atau penghasilan orang tua / wali, dan bukti tagihan listrik rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *