Buka Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah 2023, Unhas Beri Kesempatan Maba Jalur SNBP dan Ketua OSIS Untuk Mendaftar

Melalui Sub Direktorat Kesejahteraan Mahasiswa, Universitas Hasanuddin kembali membuka pendaftaran untuk program beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah). Ini merupakan program bantuan pendidikan yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru tahun akademik 2023 yang sudah dinyatakan lolos pada sesi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) maupun PMB jalur ketua OSIS.

Sebagaimana diketahui, KIP Kuliah adalah program bantuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia kepada para mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan telah resmi dinyatakan lolos masuk perguruan tinggi melalui jalur SNBP / SNBT / Ujian Mandiri, baik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Untuk tahun ini, periode pendaftaran KIP-Kuliah sendiri berlangsung mulai dari tanggal 2 s/d 31 Mei 2023. Proses pendaftaran hanya bisa dilakukan secara daring melalui laman resmi Unhas di kip-kuliah.unhas.ac.id.

Untuk mempermudah para calon mahasiswa dalam mendaftar KIP Kuliah, Unhas juga telah menyediakan pedoman pendaftaran secara lengkap, termasuk kelengkapan berkas dan video tutorial yang akan sangat memudahkan semua pendaftar.

Dalam keterangannya, Catharina SE MM selaku Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa, menjelaskan bahwa para calon mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus melalui jalur SNBP dan jalur Ketua OSIS serta memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan maka dipersilakan untuk mendaftar. Ia juga menyarankan pada semua calon pendaftar agar bisa menghubungi langsung Bagian Kesejahteraan Mahasiswa untuk mendapatkan informasi terkait program KIP Kuliah Unhas 2023.

Khusus untuk tahun ini, terdapat 2 skema pemberian bantuan pada program KIP Kuliah. Adapun penentuan skema pemberian beasiswa akan dilihat dari kemampuan ekonomi mahasiswa itu sendiri, berikut 2 skema beasiswa KIP Kuliah:

  • Bantuan biaya pendidikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan biaya hidup
  • Bantuan biaya pendidikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) tanpa tunjangan biaya hidup

Sebagai informasi, Universitas Hasanuddin telah menerima sejumlah 2.517 calon mahasiswa baru dari jalur SNBP, 777 calon maba di antaranya merupakan penerima beasiswa pendidikan KIP Kuliah. Namun tidak berhenti sampai di situ, Unhas juga masih membuka kesempatan bagi para calon maba yang telah dinyatakan lolos dalam SNBP untuk mendaftar KIP Kuliah.

Dalam kesempatan yang sama, Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM selaku Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Unhas menyatakan bahwa kampusnya masih menyiapkan kuota beasiswa KIP Kuliah lainnya sebanyak 30% pada jalur SNBT 2023. Jumlah tersebut tentunya jauh lebih besar dibandingkan dengan kuota tahun 2022 yang hanya 20% saja.

Untuk info selengkapnya terkait pendaftaran program beasiswa KIP Kuliah Universitas Hasanuddin 2023 bisa anda kunjungi laman resminya di sini. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment