Jadwal dan Syarat Beasiswa Tahfizh Al Quran Untuk PTKI

Kualitas pendidikan tinggi keagamaan Islam nampaknya telah menjadi perhatian utama bagi pemerintah Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan terus berupaya meningkatkan mutu pendidikannya, salah satunya adalah dengan me-manifestasikan berbagai jenis layanan pendidikan seperti dalam menyelenggaraan program Beasiswa Tahfiz Al-Qur’an (BTQ).

Hal itu ditujukan demi menciptakan lulusan islami dan unggul yang mengintegrasikan keilmuan saintifik dengan nilai – nilai keislaman. Adapun langkah yang ditempuh oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam Kementerian RI adalah dengan memberikan fasilitas terbaik bagi para hafiz Al-Quran melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam yang berkerjasama dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKI).

Tujuan adanya pelaksanaan program BTQ itu sendiri telah dijelaskan melalui Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 6740 Tahun 2021 mengenai Petunjuk Teknis Beasiswa Tahfiz Al-Qur’an pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam tahun akademik 2022.

Melalui adanya program BTQ, diharapkan bisa memberi apresiasi kepada para mahasiswa yang telah atau sedang menghafal Al-Qur’an, serta memberi motivasi kepada seluruh mahasiswa untuk dapat menjaga nilai – nilai keislaman dan meningkatkan kapasistasnya untuk menghafal Al Qur’an, meningkatkan kualitas akademik khususnya di lingkungan PTKI sehingga kelak akan lebih siap bersaing dengan mahasiswa lainnya. Selain itu, program ini juga diharapkan bisa mendorong PTKI dalam mengembangkan iklim kehidupan kampus yang lebih mendukung bermunculannya mahasiswa penghafal Al-Qur’an yang lebih banyak.

Pendaftaran program BTQ sendiri telah dibuka sejak 6 Juni 2022 lalu dan bisa diakses melalui laman resmi www.diktis.kemenag.go.id untuk proses pendaftarannya. Bagi anda yang tertarik, berikut adalah beberapa informasi mengenai jadwal, syarat, dan bentuk bantuan Beasiswa Tahfiz Al-Qur’an yang bisa diperoleh mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang berada di bawah naungan Kementerian Agama.

Jadwal dan Syarat Beasiswa Tahfizh Al Quran Untuk PTKI

Jadwal Pelaksanaan

  • Pendaftaran Beasiswa Tahfiz Al-Qur’an (BTQ) dilakukan pada tanggal 6 – 30 Juni 2022
  • Seleksi Beasiswa Tahfiz Al-Qur’an dilakukan oleh PTKI pada tanggal 15 – 30 Juni 2022
  • Rekomendasi usulan PTKI oleh Kopertais dilangsungkan mulai dari 15 Juni sampai 8 Juli 2022
  • Seleksi dan verifikasi berkas pendaftaran berlangsung pada tanggal 11 – 22 Juli 2022
  • Pengumuman penerima Beasiswa Tahfiz Al-Qur’an pada sekitar 1 sampai 29 Juli 2022
  • Pembuatan rekening penerima Beasiswa Tahfiz Al-Qur’an pada tanggal 1 – 19 Agustus 2022
  • Pencairan Beasiswa Tahfiz Al-Qur’an dilangsungkan pada periode 22 – 31 Agustus 2022
  • Proses penyaluran Beasiswa Tahfiz Al-Qur’an diberikan tanggal 5 – 16 September 2022.
Beasiswa Bergengsi  Siapkan Beasiswa Untuk Lebih Dari 2.000 Mahasiswa Baru, ULBI Jadi Favorit

Persyaratan Beasiswa Tahfiz Al-Qur’an 2022

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan eKTP / KK elektronik
  • Mahasiswa aktif di jenjang S1 atau D3 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih aktif
  • Mendaftarkan diri secara online melalui situs www.diktis.kemenag.go.id, adapun mekanisme pendaftarannya diserahkan sepenuhnya kepada masing – masing PTKIN
  • Khusus untuk beasiswa Tahfiz PTKIS (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta) harus hafal Al-Qur’an minimal 10 Juz yang dibuktikan melalui salinan ijazah atau surat keterangan (bermaterai) yang dikeluarkan oleh lembaga / ustadz / guru / kyai dari mahasiswa bersangkutan
  • Pakta integritas yang ditandatangani oleh mahasiswa yang bersangkutan, adapun contoh pakta integritas sesuai dengan lampiran di laman resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI

Membuat surat pernyataan tidak terlibat dalam organisasi atau aktivitas anti Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *