Kuliah di Kampus Terbaik Singapura, Beasiswa Ini Berikan Tunjangan Sampai Rp 61 Juta

Kuliah di Kampus Terbaik Singapura, Beasiswa Ini Berikan Tunjangan Sampai Rp 61 Juta

Jika dilihat tiap tahunnya, Singapura menjadi salah satu Negara dengan kualitas pendidikan yang tinggi di asia namun selalu memberi kesempatan bagi siapa saja untuk dapat menempuh studi di sana melalui program beasiswa. Bahkan tidak sedikit juga program beasiswa yang tersedia untuk beberapa kampus terbaik di Singapura, salah satunya adalah beasiswa ASEAN Undergraduate Scholarship.

Ini merupakan program beasiswa sarjana yang bermitra dengan sejumlah perguruan tinggi terbaik di Singapura, di antaranya adalah Nanyang Technological University (NTU). Adapun program beasiswa ASEAN dibuat khusus bagi semua warga negara yang berada di dalam daftar negara ASEAN, Indonesia adalah salah satunya.

Berdasarkan peringkat di QS World University Rankings 2023, NTU termasuk dalam daftar kampus terbaik kedua di Singapura dan berada di peringkat terbaik 19 dunia. Menarik bukan? Inilah yang menjadi alasan mengapa program beasiswa ASEAN di Nanyang Technological University selalu ditunggu – tunggu oleh banyak orang.

Tidak hanya dari prestasi kampusnya saja, akan tetapi juga program ini merupakan beasiswa fully funded atau beasiswa penuh hingga durasi normal masa studi, artinya setiap penerima beasiswa akan mendapat bantuan biaya penuh selama menjalani masa kuliah hingga kelulusan. Syarat utamanya tentu adalah dengan mempertahankan nilai akademik yang bagus dan selalu bisa berkelakuan baik.

Keuntungan yang diberikan oleh program ini juga cukup beragam, berikut adalah beberapa cakupan bantuan yang akan diberikan.

  • Bantuan biaya kuliah penuh
  • Tunjangan hidup hingga 5.8 ribu SGD per tahun
  • Tunjangan akomodasi senilai 3 ribu SGD per tahun
  • Fasilitas komputer sebanyak satu kali hingga 1.75 ribu SGD

Table of Contents

Ketentuan Beasiswa Kuliah di Kampus Terbaik Singapura

Seperti yang telah disebutkan di atas, sejumlah ketentuan juga akan mengikat para penerima beasiswa agar tetap bisa menerima manfaat dari beasiswa tersebut, berikut di antaranya.

  • Pendaftar tidak sedang mengikuti / menerima beasiswa lainnya
  • Wajib berpartisipasi dalam program Community Involvement
  • Harus bisa mempertahankan IPK minimal 3.5 dari skala 5.0 yang akan selalu ditinjau tiap semesternya
  • Beasiswa bisa dihentikan sewaktu – waktu apabila mahasiswa penerima beasiswa tersebut dinilai tidak memperlihatkan kemajuan oleh pihak kampus.

Cara Daftar Beasiswa Kuliah di Kampus Terbaik Singapura

Untuk periode pendaftaran beasiswa ini nantinya akan bersamaan dengan dibukanya masa penerimaan mahasiswa di NTU, anda bisa mengikuti jadwal penerimaan kampus yang tertera di laman NTU itu sendiri.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa ini maka wajib mengisi formulir pendaftaran secara online dengan mengunggah sejumlah persyaratan yang dibutuhkan, termasuk dengan foto diri, paspor terbaru, serta penilaian dari guru asal sekolah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran beasiswa ASEAN program sarjana maka anda bisa melihatnya di laman NTU.