Mulai Dari Subsidi UKT Hingga Beasiswa Penuh, Simak Program Terbaru ITB Untuk Jalur Mandiri 2022

Mulai Dari Subsidi UKT Hingga Beasiswa Penuh, Simak Program Terbaru ITB Untuk Jalur Mandiri 2022

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik, Institut Teknologi Bandung (ITB) baru – baru ini menghadirkan dua program barunya dalam penerimaan mahasiswa ITB tahun 2022, salah satunya adalah program beasiswa Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang khusus diberikan kepada calon mahasiswa yang berhasil diterima melalui program Seleksi Mandiri pada Program Studi Strategis Nasional.

Dalam program tersebut ITB juga turut memberikan dukungan khususnya untuk program studi yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan Indonesia, baik pembangunan di bidang industri dasar, hilir, maupun perkembangan ilmu pengetahuan alam.

Sebagaimana diketahui, program studi yang masuk dalam daftar program studi strategis nasional antara lain program studi Kimia, Fisika, Oseanografi, Meteorologi, Teknik Pascapanen, Rekayasa Kehutanan, dan Rekayasa Pertanian.

Adapun mahasiswa yang berhasil diterima melalui program Seleksi Mandiri Program Studi Strategis Nasional nantinya akan memperoleh beasiswa UKT setiap semesternya, artinya para penerima beasiswa tersebut hanya perlu membayar biaya semester Rp 12.5 juta saja tiap semesternya dari semestinya yang sebesar Rp 25 juta per semester. Program Beasiswa ini menjadi wujud dukungan ITB pada bidang ilmu khusus yang dinilai sangat penting bagi perkembangan Indonesia.

Selain itu, masih ada juga program kedua yang merupakan program khusus Seleksi Mandiri Dukungan Daerah 3T, di mana ITB akan memberikan bantuan beasiswa UKT penuh sehingga mahasiswa tidak perlu lagi membayar biaya pendidikan selama menjalani masa kuliah atau gratis.

Tidak hanya itu saja, ITB juga turut memberi pembebasan biaya pendaftaran di luar dari pembebasan biaya UKT. Adapun syarat bagi peserta Seleksi Mandiri Dukungan Daerah 3T antara lain adalah para lulusan SMA kota dan kabupaten yang masuk dalam daftar daerah 3T.

Beasiswa Bergengsi  Contoh Essay Beasiswa

Sebagaimana informasi, program studi yang tersedia untuk program Seleksi Mandiri Dukungan Daerah 3T menliputi program studi Kimia, Fisika, Astronomi, Teknik Fisika, Oseanografi, Meteorologi, Teknik Material, Teknologi Pascapanen, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan, dan Teknik Geofisika.

Persyaratan Umum Program Terbaru ITB Untuk Jalur Mandiri 2022

  • Telah lulus SMA / SMK / MA sederajat di tahun 2020 hingga 2022
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Mengunggah scan nilai raport mulai dari selama pendidikan sekolah menengah
  • Memiliki nilai UTBK SBMPTN 2022
  • Belum pernah menjadi mahasiswa di ITB
  • Bukan calon mahasiswa ITB dari jalur seleksi SNMPTN maupun SBMPTN atau seleksi program Sarjana Internasional
  • Mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa secara offline khusus bagi pendaftar FSRD
  • Sehat secara fisik dan mental, serta tidak buta warna.

Demikian info mengenai program terbaru ITB untuk jalur mandiri 2022, untuk info lebih lengkapnya bisa dilihat melalui laman resmi ITB seleksi jalur mandiri. Selamat mencoba.