Beasiswa President University

Beasiswa President University

Tahukah anda bahwa sekarang anda bisa menempuh pendidikan tinggi bertaraf internasional dengan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan di Indonesia? Atau pernahkah anda membayangkan bakal berkuliah bersama pelajar yang tidak hanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia saja tetapi juga dari banyak negara yang berbeda?

Ya benar, sekarang anda tak perlu lagi ke luar negeri hanya untuk dapat merasakan perkuliahan dengan lingkungan internasional saja karena kini sudah ada President University (PU) yang bisa menjadi alternative bagi anda. Menariknya lagi, terdapat program beasiswa president university yang bisa anda dapatkan selama anda menempuh pendidikan di sana. Penasaran? Simak artikel kali ini yang membahas tentang presiden university dengan beasiswa dan semua keunggulan yang dimilikinya.

Apa Itu President University?

Biasa mendapat sebutan PU, presiden University merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang mengedepankan international learning dan research environment dengan tujuan untuk mencetak pemimpin – pemimpin baru Indonesia di masa mendatang.

Di President University semua mahasiswanya diwajibkan untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam semua mata kuliahnya. Hal inilah yang menjadikan President University (PU) sebagai salah satu universitas dengan jumlah mahasiswa asing terbanyak di Indonesia.

Meski begitu bukan berarti anda wajib menguasai bahasa inggris dengan baik ketika akan masuk di President University, karna pada dasarnya penguasaan bahasa inggris akan secara otomatis bisa anda kuasai sendiri nantinya ketika proses perkuliahan mulai berlangsung.

Didirikan pada tahun 2001, President University kini telah “Terakreditasi A” dari BAN-PT yang tidak hanya bertaraf internasional saja, akan tetapi menerapkan kurikulum yang mengacu pada konsep Kampus Merdeka. Kampus Merdeka sendiri merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI yang memberi kesempatan bagi seluruh peserta didik untuk dapat mengasah kemampuannya sesuai dengan bakat dan minat masing – masing, demi mempersiapkan karir di masa mendatang. Ada beberapa keunggulan dari kebijakan merdeka dan berikut di antaranya.

Beasiswa Bergengsi  Macam Macam Beasiswa Kuliah

Kuliah dengan jenjang pendidikan S1 yang lebih singkat karna bisa diselesaikan hanya dalam 3 tahun saja Bisa mengambil mata kuliah di luar Program Studi dan berkegiatan aktif di luar President University (Internship, Mentorship, dan Scholarship) selama 1 tahun

Beasiswa President University

Jika anda sudah mulai mengenal sekilas tentang presiden university, maka kurang rasanya apabila anda juga tidak mengetahui program beasiswa yang berlaku di universitas tersebut.

Sebagaimana diketahui, beasiswa president university atau yang biasa dikenal sebagai beasiswa kawasan industry Jababeka ini hanya diperuntukkan bagi semua pelajar lulusan SMA atau sederajat yang memiliki prestasi akademik dan / atau non akademik yang baik, berusia antara 17 – 21 tahun, tanpa mempertimbangakan latar belakang status ekonomi calon penerima beasiswanya. Dengan kata lain, anda tidak harus berasal dari keluarga yang tidak mampu untuk bisa mendapatkan beasiswa ini karna semua berpeluang sama untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

BEASISWA Jalur Prestasi di president University mempertimbangkan dasar prestasi non-akademik (olah raga, seni dan social budaya) yang memenuhi standarisasi nilai masuk President University TANPA MELALUI TES, namun tentunya harus dengan memenuhi syarat dan ketentuan administrasi seperti yang telah ditetapkan.

Beasiswa Jababeka sendiri memang identic sebagtai program beasiswa kuliah di President University yang akan memberikan Subsidi Biaya Uang Kuliah selama 10 semester hingga dinyatakan lulus menjadi Sarjana S1. Beasiswa juga tidak dikaitkan dengan naik – turunnya prestasi IPK peserta tersebut saat menjalani kuliah di President University, terdapat juga beberapa kategori perolehan Beasiswa yang didasarkan pada ranking mahasiswa tersebut, mulai dari Rank-1 (100%), Rank-2 (75%), Rank-3 (70%), Rank-4 (60%), serta Rank-5 (50%).

Persyaratan

Dengan mengetahui tentang beasiswa jababeka di President University, maka berikut ini adalah sejumlah persyaratan yang wajib anda penuhi untuk bisa mendaftarkan diri dalam program beasiswa tersebut.

  • Warga Negara Indonesia yang berbadan sehat dan bebas dari Narkoba
  • Akan dinyatakan lulus SMA atau sederajat di tahun pendaftaran, atau maksimal 2 tahun sebelum memasuki tahun akademik perkuliahan dimulai
  • Memiliki penghargaan non-akademis yang meliputi bidang olahraga, seni dan sosial budaya yang dibuktikan dengan perolehan Sertifikat, Medali, Piala, atau Trofi hasil kejuaraan dan kompetisi minimum di tingkat Nasional
  • Mendapatkan nilai minimal 75 dalam beberapa matapelajaran seperti Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris selama berada di kelas X dan XI
Beasiswa Bergengsi  Cara Dapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Prosedur Pendaftaran

Bagi anda yang memenuhi semua persyaratan di atas, berikut adalah beberapa prosedur pendafaran online beasiswa president university yang bisa anda coba.

  • Mendaftar secara online di laman resmi President University
  • Mengisi form registrasi dengan benar dan terperinci yang meliputi nama lengkap sesuai rapor dan ijazah, email dan nomor hp yang masih aktif, alamat rumah lengkap.
  • Mengunggah dokumen tambahan seperti penghargaan yang pernah didapat, mencakup sertifikat, medali, piala, dan trofi dalam form pendaftaran

Konfirmasi Diri

Bagi siswa / siswi yang sudah dinyatakan LULUS seleksi masuk dan dinyatakan telah resmi diterima secara AKADEMIK sebagai mahasiswa Undergraduate Program S1 President University dengan mendapatkan beasiswa ini maka disarankan untuk mempelajari dan mengerti isi dari LoA, berkonsultasi dan mendiskusikannya bersama orang tua / wali untuk membahas LoA dan rencana studi di President University nantinya.

Anda juga diharapkan untuk segera memberi konfirmasi sebelum deadline batas waktu LoA berakhir kepada pihak dari President University, yang menyatakan bahwa anda akan mengambil Beasiswa tersebut.

Pemberitahuan Status Kepesertaan

Untuk bisa mengecek status pendaftaran, anda bisa mengunjungi link www.admission.president.ac.id dan memilih menu Cek-Status-Beasiswa, dengan menginput nomor registrasi, password sesuai dengan yang tertera pada LoA.

Pengunduran Diri

Beasiswa dari president University juga tidak menutup kesempatan anda untuk tetap bisa mendaftar program beasiswa lainnya, itu artinya anda tetap bisa mengundurkan diri ketika belum melakukan konfirmasi pada beasiswa jababeka.

Sebagai contohnya, bila anda ternyata diterima di perguruan tinggi negeri seperti ITB, UI, UGM atau yang lainnya melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN maka anda tetap bisa menerima kembali uang pendaftaran anda sebelumnya dengan dipotong biaya administrasi Rp 2.5 Juta. Sedangkan bagi anda yang telah melakukan konfirmasi, maka pengunduran diri anda tidak akan mendapat pengembalian dana apapun.

Beasiswa Bergengsi  Cara Mengajukan Beasiswa Kuliah

Terlepas dari itu, anda yang memiliki saudara kandung yang sedang mengambil kuliah di President University, atau merupakan Alumni President University, dan bagi karyawan Jababeka Group/YPUP maka anda akan mendapatkan keringanan biaya saat mendaftar di sana.

Demikian beberapa informasi tentang program beasiswa president university yang perlu anda ketahui, anda bisa mendaftarnya kapan saja tanpa mengikuti beasiswa atau menyesuaikannya dengan masa pendaftaran beasiswa seperti yang tertara di situs resmi President University.

Semoga informasi mengenai beasiswa jababeka president university kali ini bisa bermanfaat untuk anda, selamat mencoba.